• Diary

    Kenangan Mudik ke Jakarta Lewat Darat

    Seperti biasa, hampir setiap tahunnya Molzania mudik ke tempat nenek dari ayah ke Jakarta. Kebanyakan mudiknya pakai pesawat supaya lebih aman dan nyaman. Namun ada suatu momen kenangan dimana Molzania mudiknya pakai mobil lewat jalur darat. Sebuah pengalaman terindah yang takkan pernah dilupakan. Alasannya? Tak lain tak bukan jadi momen paling seru yang ingin sekali terulang, tapi kondisinya sudah berbeda. Cerita ini ditulis berdasarkan ingatan Molzania saja. Kejadiannya terjadi pada tahun 2003. Saat itu Molzania menginjak usia 11 tahun duduk di bangku kelas 6 SD. Adik Molzania sendiri masih berusia 3 tahun. Mama mengajak serta seorang pembantu cewek yang usianya nggak jauh beda dari Molzania. Dikarenakan usianya lebih tua, maka…

  • Diary

    Belajar Puasa + Serunya Berburu Tanda Tangan

    Molzania ingat pertama kali Molzania paham apa itu puasa, kalau nggak salah antara umur 4 – 5 tahun. Saat itu Molzania terbangun di malam hari karena suara berisik anak-anak membangunkan sahur. Kamar Molzania berada dalam keadaan gelap. Ternyata usut punya usut saat itu mama Molzania lagi sahur di luar kamar. Karena masih ngantuk, akhirnya Molzania pun tidur kembali. Sejak hari itu, Molzania sering bertanya-tanya pada mama perihal puasa. Puasa itu apa? Mengapa kita harus berpuasa? Apa kita bisa mati saat berpuasa? Mama menjawabnya dengan senang hati. Timbul keinginan untuk ikut berpuasa, tapi Molzania tidak pernah bangun saat sahur. Otomatis sahurnya pas sarapan pagi. Siang-siang malah disuruh makan. Saat kecil, Molzania…

  • Antologi

    Lestari Hutanku, Bangkit Ekonomiku, Bijak Bestari Negeriku

    Tujuan manusia hidup di dunia ialah sebagai khalifah. Allah SWT sudah menciptakan jagad raya dan seisinya. Sehingga selanjutnya sudah seharusnya tugas manusia yang menjaganya. Sayangnya semakin banyak manusia yang kurang memahami, bahkan cenderung acuh tak acuh terhadap alam. Alih-alih bersahabat dengan alam, manusia malah merusaknya. Hanya sebagian kecil dari kita yang mau memikirkan kondisi alam. Padahal usia bumi semakin menua.     Imbasnya ulah menyakiti bumi tersebut, manusia sendiri yang menanggungnya. Setiap tahun sebanyak 60 juta orang di dunia terpapar cuaca ekstrim. Tidak peduli itu di belahan bumi Amerika, Australia, bahkan Afrika semua terkena dampaknya. Sedikit demi sedikit kondisi alam mengalami perubahan ke arah yang lebih buruk. Akibatnya tak jarang…

  • Diary

    Persiapan Haji Bagi Disabilitas

    Tak terasa tahun 2019 baru saja tiba. Awal tahun ini Molzania sangat excited dan juga bersemangat. Meskipun ada suatu kekecewaan, karena kemarin sempat salah menerka. Dikira bakal berangkat tahun ini. Tak tahunya setelah dicek ulang di Kemenag, tahun keberangkatan hajinya 2020. Hashtag popular #2019NaikHaji pun urung disebarluaskan. :’) Berangkat haji di Indonesia jadi salah satu momen perjalanan hidup yang paling spesial dan ditunggu-tunggu. Bagaimana tidak dari segi biaya saja, melakukan perjalanan haji sudah luar biasa. Memakan biaya yang tidak sedikit. Sudah gitu antian hajinya lama pula. Menunggunya bikin capek plus deg-degan. Padahal ibadah haji merupakan ibadah yang paling dirindukan oleh orang Islam. Siapa disini yang tidak rindu bertemu langsung dengan…

  • Diary

    Berusaha Menjadi Lebih Professional

    Kalau dulu, sewaktu awal-awal ngeblog, target ngeblog Molzania ialah terus konsisten menulis. Semenjak satu tahun belakangan ini, Molzania bertekad menjadi full time blogger. Full time artinya bertindak sebagai seorang blogger professional. Bukan lagi sebatas menulis karena hobi semata.  Salah satu ciri blogger professional ialah terus menerus belajar. Apapun. Tentunya yang berhubungan dengan blogging dan semisalnya. Tema blog ini berfokus pada konten dengan niche tekno, blogging dan perempuan. Semua itu dirangkum menjadi tentang gaya hidup atau lifestyle.  Setelah menasbihkan diri sebagai blogger professional, Molzania menyadari satu hal. Ternyata masih banyak banget yang harus dipelajari. Konsiten menulis tidaklah cukup. Menghasilkan konten yang berkualitas ternyata tidaklah mudah. Ada banyak godaannya. Terkadang Molzania masih…

  • Info Seru

    5 Hal Kecil yang Membahagiakan

    Kata orang bahagia itu sederhana. Seperti anak kecil yang waktu itu Molzania temui di pesawat, pikiran yang kreatif justru dimulai dari hal-hal yang kecil. Kadang itu bisa menghadirkan kebahagiaan. Seorang lansia yang kesepian misalnya. Beliau berusaha menghubungi anak-anaknya lewat telepon. Walau tak bisa bertatap muka, mendengar suara anaknya saja sudah memberikan kebahagiaan. Terkadang kita hanya perlu melakukan beberapa ritual di pagi hari. Tujuannya untuk bisa survive hingga sore hari. Hal-hal kecil yang terlihat sepele, tapi efeknya luar biasa. Beberapa di antaranya ialah: 1. Bangun Tidur lanjut Shalat Subuh Sebagai seorang muslim, ritual harian dimulai ketika adzan subuh berkumandang. Sebelum shalat, kita diwajibkan untuk wudhu. Membasuh muka pada pagi hari memberikan…

  • Opini

    Film Kartun Anak yang Tidak Mendidik Hingga Inspiratif Generasi 90-an

    Sewaktu kecil-sebagaimana anak-anak milenial yang lain, kerjaan Molzania hobi nonton film kartun. Dulu banyak banget tontonan film kartun Molzania. Minggu pagi saat-saat paling heboh. Sukarela bangun pagi demi nonton tayangan favorit. Nggak seperti hari-hari sekolah cenderung malas-malasan. Malah kalau bangun siangan dikit bakalan protes sama mama kok nggak dibangunin. Sekarang lagi heboh protes iklan Blackpink Shopee pada jam tayang anak-anak. Informasi terbaru, iklan tersebut dilarang untuk diputar di stasiun TV oleh KPI. Sebenarnya isu tersebut bukanlah hal baru. Beberapa tayangan anak-anak pada era milenial juga mendapatkan sorotan yang menuai kontroversi. Sebut saja film kartun Tom and Jerry dan Crayon Shinchan yang sempat heboh era 2000-an. Ada pula film kartun Candy…

  • Diary

    5 Keinginan yang Belum Tercapai

    Udah pending lama beberapa hari dari ikutan tantang #30DaysChallenge2018 dari Blogger Perempuan Network. Alasannya karena beberapa hari ini kondisi badan sempat ngedrop. Hari ini mulai agak baikan, jadi bisa lanjut nulis. Tema hari ke 24 menulis tentang 5 keinginan yang belum tercapai. Duh, kalau bicara soal keinginan, namanya juga manusia. Keinginannya pasti banyak banget. Tapi kadang untuk mewujudkannya itu sulit banget. Ada istilah kadang keinginan tak sesuai dengan kenyataan. Dalam Al-Qur’an pun disebutkan bahwa Allah SWT mengabulkan do’a bukan berdasarkan keinginan kita, tetapi berdasarkan kebutuhan. “…Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui sedang…

  • Diary

    Pengalaman Salah Pilih Jurusan Kuliah

    Pada postingan kali ini Molzania ingin menceritakan tentang pengalaman Molzania saat salah memilih jurusan kuliah. Ternyata fatal banget loh akibatnya bagi Molzania dulu. Dampaknya dirasakan hingga sekarang. Jadi gini ceritanya, dulu itu pas kelas 3 SMA, sejujurnya Molzania masih belum memiliki keinginan untuk masuk kuliah di jurusan apa. Rencana sih ada. Tapi jurusan tersebut belum ada di Kota Palembang. Dari SMP, Molzania berkeinginan untuk kuliah di Jurusan Hubungan Internasional. Soalnya dulu cita-cita Molzania pingin jadi diplomat. Selain itu, Molzania juga kepingin masuk jurusan sastra asing, terutama sastra Jepang atau Jerman. Secara tuh dulu Molzania pingin banget, banget, banget tinggal di luar negeri. Hmm… sampe sekarang sih cita-citanya. Namun akhirnya Molzania…

  • Diary

    Suka Duka Jadi Full Time Blogger

    Keputusan untuk menjadi full time blogger baru Molzania jalani selama satu tahun ini. Sebelumnya Molzania berkerja di salah satu kantor notaris di Kota Palembang. Apa sih yang membuat Molzania ingin fokus di dunia blog? Tak lain tak bukan karena memang disinilah passion Molzania. Sedari kecil Molzania sudah hobi menulis. Mengeluarkan opini dalam bentuk tulisan menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi Molzania. Meski dulu nyaris tidak ada pembaca tulisan Molzania. Dikarenakan sejak kelas 5 SD – 2 SMA Molzania terbiasa menulis manual di buku diary. Kalau tulisan cerpen fiksi barulah Molzania menulis di komputer. Kebiasaan menulis catatan diary inilah cikal bakal minat Molzania di dunia blog. Terus mendarah daging hingga kini. Suka…