7 Tips dan Panduan Bagaimana Menjadi Blogger Profesional

cover - blogger pro

Bagi sebagian orang menjadi blogger bukan sekadar menuangkan rasa dengan menulis. Ngeblog dapat dijadikan sebagai sebuah pekerjaan profesional yang menghasilkan uang. Melihat keberhasilan blogger professional mungkin orang menilainya mudah sekali.

Namun, ternyata menjadi blogger yang bisa menghasilkan uang dari blog yang dimiliki sama dengan pekerjaan lain. Sobat harus bekerja keras agar hasilnya optimal.

Bacaan Lainnya

Langkah Mempersiapkan Blog

Perlu kerja keras, bukan berarti tidak mungkin dilaksanakan. Apalagi kini banyak orang yang memberikan panduan menjadi blogger profesional yang dapat diikuti. Jadi, tidak lagi meraba-raba langkah tepat agar berhasil.

7 panduan menjadi blogger profesional

Nah, agar menjadi blogger yang sukses, Sobat harus mempersiapkan beberapa hal di bawah ini dulu:

Menentukan Tujuan

Sejak awal nge-blog, sebaiknya Sobat sudah menetapkan tujuannya terlebih dahulu. Tujuannya tidak harus menghasilkan uang. Sobat mungkin saja ingin berbagi pengalaman atau lainnya.

Yang pasti, tujuan akan membuat langkah Sobat lebih terarah untuk mencapainya. Ini juga menjadi motivasi agar selalu konsisten dan terus mengisi blog dengan tulisan baru.

Menentukan Topik Blog

Topik blog bisa dilihat dari kehidupan di sekeliling. Para blogger profesional menyarankan untuk tidak membuat blog gado-gado.

Baca Juga:  Solusi Transaksi Antar Bank Tanpa Biaya Administrasi

Sobat harus memilih satu topik yang paling dikuasai dan menuliskannya. Topik yang paling dikuasai akan membuat Sobat lebih mudah membuat tulisan-tulisan baru dalam jangka waktu lama.

Memilih Platform Blog

Bagi beberapa orang, platform blog mungkin bukan merupakan hal penting. Penilaian yang salah besar.
Platform blog akan menentukan perkembangan blog secara keseluruhan. Carilah tahu berbagai platform blog, kelebihan dan kekurangannya.

Saat Sobat sudah menentukan platform dan menjadikannya domain berbayar, alamat web yang nantinya dapat diketikkan pada mesin pencarian Google akan diperoleh. Alamat itu dalam istilah blogger disebut dengan hosting.
Hosting nantinya dapat berfungsi sebagai pembuat email professional, melindungi website dengan SSL (Secure Socket Layer), mengembangkan situs toko online, dan membuat halaman website.

Lalu, apakah persiapan selesai? Untuk tahapan awal bisa dianggap begitu. Namun, seiring dengan perkembangan blog yang dimiliki, Sobat juga akan memerlukan dedicated server Indonesia.

Apa yang Dimaksud dengan Dedicated Server?

Jika Sobat sudah menentukan platform dan mempunyai hosting, pengelolaannya dilakukan oleh perusahaan digital marketing. Beberapa alamat website dikelola pada satu server.

tips memilih hosting yang baik

Bagaimana jika ingin menggunakan server sendiri? Sobat harus menyewa yang disebut dedicated server. Kepemilikan server sendiri akan mempunyai kuasa penuh atas pengendaliannya. Sobat dapat memilih sistem operasi, hardware, dan lainnya.

Untuk menyewa platform dan lainnya di atas, Sobat dapat menggunakan jasa digital marketing.

Panduan Menjadi Blogger Profesional

Sudah siap menjadi blogger yang menghasilkan uang dan mempersiapkan diri seperti di atas? Jika iya, selanjutnya Sobat dapat mengikuti panduan berikut agar sukses menjadi blogger profesional.

Meningkatkan Keterampilan Menulis

Kemampuan utama seorang blogger adalah menulis. Meski demikian, kemampuan ini bukan hanya soal bakat dan hobi.

Baca Juga:  Spesifikasi Sharp LC-40LE185i, Televisi dengan Berbagai Teknologi Unggul

Menulis bisa dipelajari. Sobat dapat meningkatkan keterampilan menulis dengan mengikuti berbagai pelatihan yang kini mudah didapat secara online dari yang gratis hingga berbayar.

Terus menulis dengan konsisten di blog juga aka membuat keterampilan menulis meningkat.

Mengatur Waktu dengan Baik

Jika melihat orang yang sudah sukses, memang terlihat santai. Namun, dibaliknya ada banyak waktu, pikiran dan tenaga yang dicurahkan. Apalagi di saat permulaan Sobat mulai membuat dan mengisi blog.

Aturlah waktu dengan baik sesuai kemampuan, berapa kali sehari membuat tulisan. Jika sudah ada lebih dari 100 tulisan, Sobat dapat mengaturnya lebih jarang lagi.

Membangun Jejaring

Selain aktif mengisi blog, Sobat perlu membangun jejaring atau network. Dengan demikian, viewer blog akan meningkat signifikan. Sekarang ini ada banyak komunitas menulis dan blogger yang dapat digunakan untuk membangun jejaring dan saling berkunjung.

Konsisten dan Produktif

Seperti sudah dikatakan, menjadi blogger profesional tidak instan. Sobat harus konsisten dan produktif menulis dan terus melakukan perbaikan. Makin baik tulisan dan tampilan, nilainya juga bertambah.

Meningkatkan Pengetahuan tentang Blog

Dalam dunia blog ada berbagai istilah, domain, DA, blog walking, dan lain-lain. Agar dapat membangun blog lebih maju, terus tingkatkan pengetahuan Ana tentang blog dan terapkan langsung.

Kreatif dan Inovatif

Setelah beberapa tulisan di blog, beberapa orang sering merasa kesulitan untuk konsisten. Ini memang perlu kesadaran lebih. Selain itu, teruslah tingkatkan kreativitas! Dengan demikian, Sobat akan selalu mempunyai ide terbaru dalam mengembangkan tulisan dan blog. Blogger professional harus kreatif dan inovatif.

Membangun Komunikasi

Menulis sepertinya tidak perlu berbicara dengan orang lain. Namun, agar blog lebih maju, Sobat perlu membangun komunikasi dengan orang lain yang membaca, termasuk mereka yang meninggalkan pesan di kolom komentar.

Baca Juga:  Pakai Shopback Nabung Sedikit-Sedikit, Lama-Lama Jadi Bukit

Jadi, sudahkah Sobat tertarik menjadi blogger profesional? Sebuah pekerjaan yang memerlukan kegigihan dengan waktu dan tempat fleksibel. Hasilnya pun tidak kalah dengan gaji pegawai kantor.

546 Views

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar

  1. Membuat blog hanya butuh waktu kurang dari 2 menit, tapi tetap “istiqamah” menulis dan mengelola blog adalah hal yang paling sulit 😄