Review Buku Anak All Around Science 3 Karya Woongjin Think Big

cover kid books science

REVIEW BUKU ANAK ALL AROUND SCIENCE 3  – Buku ini merupakan buku anak-anak terjemahan asal Korea Selatan yang mengupas tentang ilmu pengetahuan alam. Di Indonesia, buku ini diterbitkan dalam bentuk series oleh PT. Gramedia Pustaka Utama (GPU). Terdiri dari lima buku dengan tema yang berbeda-beda. Nah buku yang akan Molzania review di bawah merupakan buku All Around Science yang seri ketiga.

Buku anak All Around Science #3 termasuk jenis buku Edutivity. Artinya buku yang menggabungkan antara edukasi dan aktivitas. Ditujukan untuk pembaca anak kisaran usia 9-12 tahun. Kira-kira usia kelas 4-6 SD. Kalau di bawah usia itu, mungkin bisa didampingi orangtua saat membacanya. Soalnya bahasa di buku ini terbilang cukup sulit karena banyak kata serapan dari Bahasa Inggris.

Bacaan Lainnya

review buku anak all around science 3

Menariknya, buku ini dilengkapi dengan ilustrasi untuk menarik minat membaca pada anak-anak. Lewat gambar, anak diajak mengenal sains. Ada pula berbagai aktivitas yang menuntut kreativitas anak. Menyuruh anak untuk melakukan sesuatu, sesuai perintah yang ada di buku. Sehingga anak bisa mempraktekkan secara langsung dan lebih memahami materi yang diajarkan.

Saat ini buku All Around Science The Series sudah tersedia dalam bentuk cetak dan e-book.
Molzania sendiri membaca dalam bentuk ebook melalui aplikasi Gramedia Digital.

Review Buku All Around Science 3: Tangan, Tulang dan Otak

Dari cover bukunya, Molzania pribadi suka banget. Sekilas buat penasaran. Apalagi untuk anak-anak yang tertarik dengan pelajaran IPA. Tema besar buku ini membahas tentang tangan, tulang dan otak. Penjelasannya lumayan lengkap dan mudah dipahami. Apalagi ilustrasinya itu loh; kece banget. Kalau Molzania masih usia SD sih, bakal suka banget sama buku ini.

Baca Juga:  Resensi Buku On The Origin of Sh!tty Generation Karya Millennialsshit

isi bukunya memadukan edukasi dan aktivitas

Bahkan orang dewasa seperti Molzania, dibuat berdecak kagum oleh penjabaran sains yang diterangkan dalam buku ini. Banyak banget hal di dunia ini yang belum kita ketahui. Rasanya cocok pula untuk dibaca oleh para guru. Agar mereka bisa menceritakannya kepada murid di depan kelas. Materi bukunya disesuaikan dengan keseharian anak. Jumlah halamannya juga relatif sedikit, jadi bikin anak tak cepat bosan.

Hanya saja, buku ini banyak mengandung kata serapan dalam Bahasa Inggris. Jadi para orang tua mesti menyesuaikan dengan kemampuan membaca anaknya juga. Takutnya karena tidak terlalu pandai berbahasa Inggris, anak jadi malas membaca bukunya. Bagaimanapun, Molzania sendiri menyambut baik buku-buku science anak seperti ini. Tujuannya agar anak Indonesia bisa meningkat kemampuan literasinya.

Tetap Perlu Pendampingan Orang Tua

Biarpun buku ini terkesan bagus untuk anak-anak. Tetapi tetap saja ketika membacanya, anak butuh didampingi oleh orang tua. Soalnya buku ini memiliki perspektif dunia science milik Barat. Terutama bagi keluarga muslim. Terdapat beberapa materi yang tidak sesuai dengan akidah Islam. Misalnya materi tentang manusia yang berasal dari kera. Maka orang tua perlu meluruskan dan menerangkan dengan anaknya bahwa ini jelas salah.

Belajar sains didampingi orang tua

Dalam Alqur’an, manusia berasal dari Adam dan Hawa. Bukan dari kera. Pemahaman yang seperti ini harus diajarkan kepada anak-anak. Agar mereka tidak keliru saat dewasa. Dunia science tetaplah penemuan manusia. Jadi bisa salah, bisa benar. Ilmu pengetahuan alam terus berkembang. Tetapi Alqur’an merupakan Firman Allah swt yang tidak akan berubah sampai kapanpun.

Identitas buku:

Judul : All Around Science 3
Penulis : Woongjin Think Big, Ltd.
Jumlah Halaman : 116
Tahun Terbit : 2019
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama (GPU)
Genre : Buku Anak

Baca Juga:  [BOOK REVIEW] Misteri Pola Lingkaran Karya Dian Onasis

723 Views

Tinggalkan Balasan

22 Komentar

  1. Baru tahu ada bahasan tentang nanusia dari kera juga. Kayaknya beberapa buku biologi masih bahas ini ya, Molly. Emang anak2 butuh ditemenin orang tua biar paham konten bukunya.

    Kalo yang buku aku baca karena bahasanya tanaman sama hewan masih aman.

  2. Buku sains penting disajikan dalam bentuk yang indah dan penuh Warna agar Anak-anak tidak lagi menganggap sains itu menakutkan. Keren nis buku ini, wajib dimiliki oleh anak nih.

  3. Bukunya memiliki edukasi pengetahuan utk anak, walau masih banyak kosakata dan bahasa butuh bimbingan orang tua dalam memberikan pemahaman bagi anak.

  4. Asyik ada buku sains lagi tapi dengan penyampaian yang enak buat anak-anak, walau ada beberapa kata serapan yang tetap dalam bahasa Inggris, dengan pendampingan dari orang tua, anak-anak bisa tetap belajar sains dengan cara menyenangkan