restoran jepang halal mui jakarta
Info Seru

Daftar Restoran Jepang Halal MUI di Jakarta

Berawal dari keprihatinan Molzania saat susahnya mencari list restoran Jepang yang berlogo halal MUI di Jakarta. Saat berkunjung ke Jakarta, selama beberapa tahun belakangan, Molzania rajin hunting kuliner ke restoran-restoran Jepang di berbagai mall di Jakarta. Sayangnya hanya sedikit dari mereka yang berlogo label halal MUI. Padahal penggemar kuliner Jepang tidaklah sedikit.

Kebanyakan daftar yang tersedia Google belum memiliki logo halal MUI, meski mereka mengklaim bahan-bahan yang digunakan halal. Dengan kenyataan yang demikian, sebagai muslim tentu saja Molzania menjadi khawatir ketika makan di restoran Jepang tanpa logo halal MUI. Ibaratnya hanya klaim sepihak saja dari restoran. Tentunya ini membingungkan bagi muslim yang masih memiliki concern terhadap kehalalan makanan yang dikonsumsi.

Ilustrasi Kuliner Jepang Halal


Akhirnya Molzania putuskan untuk melist sendiri restoran Jepang halal MUI berdasarkan pengalaman hunting restoran tersebut dalam bentuk artikel blog. Berikut beberapa listnya:

1. Pepper Lunch

Pepper Lunch merupakan restoran steak cepat saji asal Jepang yang memiliki 200 outlet di kawasan Asia dan Amerika Serikat. Salah satu cabang mereka juga berdiri di Kota Palembang. Disini steak yang mereka jual tergolong premium dengan kisaran harga mulai dari Rp. 50.000an – Rp. 200.000an. Dulu sewaktu pertama kali berkunjung sekitar tahun 2012/2013, restoran ini belum memiliki logo halal MUI. Namun sekitar dua-tiga tahun belakangan, mereka menambah logo halal MUI untuk restorannya. Jadi tenang deh makan di Pepper Lunch.

2. Ramen Seirock-Ya

Di Jakarta, Ramen Seirock-Ya memiliki cukup banyak cabang di beberapa mall. Disini menjual ramen dengan berbagai harga dan varian. Harganya lumayan terjangkau, berkisar di bawah Rp. 100ribu. Porsinya juga lumayan banyak. 😀

View this post on Instagram

Selamat siang Seirockya Lovers ! Hari ini mimin makan Chicken Teriyaki Don + Appetizer Chicken Katsu + Toro toro Mango Pudding loh ! 😋😍 Perpaduan antara buncis, bombay plus daging ayam dan saus teriyaki ala Seirockya meleleh bgt. 😆 Biar lebih kenyang, tambah apptizer Chicken Katsu dan Toro toro Mango pudding yg manisnya pas di mulut. 🍮 Jgn cuma ngeliatin aja, buruan datangi Seirockya Ramen terdekat ! Ramen halal original Jepang, cuma Seirockya Ramen loh ! #seirockyalovers #seirockyaramenhalal #ramenenak #ramenhalal #seirockyaradiodalam #seirockyaaeonbsd #seirockyaramenpim #seirockyaaeonjgc #seirockyaramenkarawaci #chickenteriyakidon #chickenkatsuappetizer #torotoromangopudding

A post shared by RAMEN SEIROCK-YA (@seirockya.ramen) on

3. Yoshinoya

Di Kota Palembang, akhirnya beberapa bulan lalu mereka membuka cabang pertamanya. Sebelumnya Molzania hanya makan di Jakarta. Seneng deh bisa cicipin kuliner Jepang halal di kampung sendiri. Yoshinoya restoran yang menjual Japanese Beef Bowl halal MUI dengan berbagai rasa dan ukuran mangkuk. Harganya juga standard untuk ukuran mall. Porsinya juga relatif mengenyangkan.

Baca Juga:  Intip 10 Blog Blogger Palembang yang Trendy dan Kece

4. Marugame Udon

Sesuai judulnya, restoran ini menjual aneka varian udon khas Jepang yang sudah berlabel halal MUI. Bedanya dengan ramen, biar sama-sama mie tapi tekstur udon ini lebih besar dari ramen. Mirip-mirip mie celor-lah kuliner khas Palembang. Disini juga menjual aneka beef bowl, bento dan berbagai kuliner khas Jepang lainnya.

5. Sugakiya

Sugakiya tergolong restoran Jepang baru di Indonesia. Baru setahun ini berdiri, tepatnya tahun lalu tahun 2018. Molzania tahu restoran ini berlogo halal MUI dari teman yang kebetulan berkerja di induk perusahaannya yang juga membawahi CFC dan Sapo Oriental. Disini sobat akan menemukan kuliner khas berupa aneka ramen yang salah satunya disajikan dingin atau yang dikenal dengan nama Cold Ramen. Selain itu, sobat juga harus mencicipi es serut Jepang dan gyoza yang menggugah selera.

6. Gokana Resto Ramen and Teppan

Satu lagi restoran ramen halal MUI di Jakarta. Gokana merupakan restoran Jepang yang lumayan sering Molzania kunjungi. Disini menu utamanya yaitu ramen dan teppanyaki yang lumayan banyak variannya. Sekilas mirip seperti perpaduan antara Ramen Seirock-ya dan Pepper Lunch. Teppanyakinya disajikan di atas hot plate. Tidak hanya itu, Gokana juga menjual aneka gorengan khas Jepang lainnya.

Baca Juga:  Susu Kambing Ettawa Murah Meriah
View this post on Instagram

Beef Curry Ramen dari Gokana Ramen & Teppan adalah satu menu favorit yang pas banget buat menu berbuka kamu hari ini, Disajikan bersama dengan potongan telur, naruto maki dan potongan daging di atasnya yang menambah kelengkapan dari ramen ini. Selain itu, kamu juga bisa memilih tingkat kepedasan sesuai selera kamu lho! . Jangan lupa untuk melakukan pembayaran menggunakan OVO ya! Karena, akan ada cashback sebesar 50% yang pastinya akan membuat kamu menjadi semakin hemat! . Syarat & Ketentuan: 1. Periode 17 Mei s/d 31 Mei 2019 2. Promo cashback 50% dengan OVO Cash 3. Maksimum cashback dalam 1 transaksi adalah Rp 30.000 point, maksimum cashback dalam 1 periode adalah Rp 60.000 point 4. Berlaku di semua outlet In frame: Beef Curry Ramen Original – Rp 32.727 • #gokana #gokanaramenteppan #anakjajan #eatandtreats #jktgo #jktfoodbang #jktfooddestinations #eeeeeeats #tastespotting #foodhawker #food #instafood #feedfeed #starvingtime #foodstagram #foodporn #foodgasm #foodie #qraved #zomato #lifeistasy #bukapuasa

A post shared by Gokana Ramen Teppan (@gokanaresto) on

7. Hoka-Hoka Bento

Restoran ini berasal dari Indonesia namun menjual aneka bento dan gorengan khas Jepang. Boleh dibilang HokBen pelopor kuliner Jepang halal di Indonesia karena sudah berdiri lumayan lama sejak tahun 1985. Molzania sendiri sedari zaman sekolah dulu sudah lumayan sering bertandang ke restoran ini. Hokben sendiri cikal bakal Molzania suka dengan masakan Jepang. Rata-rata semua makanan di HokBen aman dan disukai oleh orang Indonesia. Maksudnya aman disini ialah cocok di lidah orang yang baru pertama kali mencicipi masakan Jepang.

8. Sushi Tei

Awal-awal makan di restoran ini, Molzania sempat parno dengan kehalalannya. Waktu tahun 2015 pernah mengalami pengalaman tidak menyenangkan ketika makan. Rasa sushinya beda terasa nyelekit di mulut seperti ada alkoholnya, dan Molzania melihat dengan mata kepala sendiri bahwa chef saat memasak wagyu steak menuangkan sesuatu mirip botol alkohol dan membuat alat panggangannya mengeluarkan api. Sejak saat itu, Molzania ogah makan disini lagi karena takut tidak halal. Belum lagi berdasarkan review di Google, banyak yang menyatakan bahwa restoran ini tidak halal. Meski beberapa juga ada yang bilang halal. So sad.. Tapi Alhamdulillah saat ini sudah ada logo halal, jadi semua keparnoan hilang.

Baca Juga:  5 Hal Kecil yang Membahagiakan

9. Nanami Ramen

Nanami Ramen merupakan restoran buatan chef terkenal asal Jepang bernama Akkiyuki Litaka. Akkiyuki ini seorang chef profesional yang memadukan kuliner Jepang, Italia dan Perancis. Namami Ramen menyediakan kuliner ramen yang berbahan dasar kaldu ayam dan diolah dari resep rahasianya Akkiyuki. Di Indonesia, restoran ini sudah berlabel halal MUI, dan memiliki 6 cabang di Jakarta dan Bandung.

Tetapi untunglah sejak tahun lalu, restoran Sushi Tei menambah logo halal MUI which is itu akhirnya melegakan hati Molzania. Restoran ini tergolong otentik ke-Jepang-annya dengan variasi menu masakan Jepang yang banyak. Mulai dari sushi, ramen, desserts, steak dan lain-lain dengan harga yang premium. Senangnya makan di Sushi Tei tak lagi khawatir.

Itulah daftar restoran jepang halal MUI di Jakarta yang pernah Molzania coba. Jika sobat sendiri menemukan restoran Jepang halal MUI lainnya, sudilah memberitahu Molzania lewat kolom komentar di bawah. Nantinya Molzania bakal update listnya di atas. Boleh jadi list di atas Molzania ganti karena mereka sudah tidak menggunakan logo halal MUI. Selain kuliner Jepang, Molzania juga berencana untuk menulis list restoran halal dari negara lainnya.

Mari kita sama-sama melist daftar restoran berlogo halal MUI di Indonesia tercinta ini. Bagi muslim, tentunya menyantap makanan yang halal dan baik menjadi suatu kewajiban. Dengan logo halal MUI membuat hati tenang karena sudah terjamin kehalalannya. ^^

1.611 Views

32 Komentar

Tinggalkan Balasan