Tutorial Membuat Daun Monstera ArtificialTutorial Membuat Daun Monstera Artificial
Tutorial

Cara Membuat Daun Monstera Dari Kantong Plastik Bekas

Ceritanya Molzania iseng ikutan workshop tentang daur ulang gitu. Temanya ialah membuat daun monstera. Ternyata mudah kok cara membuatnya. Untuk pemula ya tinggal sering-sering latihan aja biar semakin rapi.

Daun Monstera fiktif alias kw alias artificial ini bisa dijadiin lahan bisnis juga. Di olshop harganya berkisar antara Rp. 2000 – Rp. 5000 per batangnya. Untuk Molzania pribadi, daun monstera kw ini untuk properti foto endorsement. Lumayanlah hemat nggak perlu ngeluarin duit. hihii..

Sebenarnya apa itu daun monstera? Daun monstera itu sebenarnya merupakan salah satu jenis tanaman hias khas negara tropis yang berasal dari daratan Amerika Latin. Tepatnya negara Mexico. Dikenal dengan sebutan tanaman keju swiss karena bentuk daunnya yang berlubang. Nama latinnya Monstera Deliciosa.

Daun Monstera artificial ini dibuat dari bahan daur ulang yang sudah tersedia di rumah. Bahan utamanya yaitu plastik bekas berbagai warna. Untuk yang demen belanja di supermarket atau pasar tradisional, pasti punya banyak stok kantong kresek.

Nah, kantong kresek yang berwarna hijau, hitam, dan putih yang kita gunakan untuk pembuatan daun monstera artificial ini. Ya iyalah, kita kan membuat daun monstera, pasti harus berwarna hijau dong.

Molzania ikutan workshop ini awalnya cuma iseng-iseng. Tapi ternyata asyik juga. Selain nambah teman, juga nambah pengetahuan. Sobat-sobat Molzania kudu cari info-info tentang event beginian deh. Dijamin seru!

Nggak perlu panjang lebar lagi. Berikut cara pembuatan Daun Monstera Artificial mudah, pelajari caranya di bawah ini ya:

Bahan:

  • Plastik bekas/kantong kresek berwarna hijau, hitam, putih. Rapikan dulu kantong plastiknya agar dalam kondisi baik seperti baru.
  • Lem tembak
  • Setrika
  • Kawat batang bunga berwarna hijau
  • Gunting
  • 2 buah Kertas hvs

Cara membuat:
1. Gunting bagian bawah dan atas kantong kresek hingga membentuk persegi panjang lalu buat menjadi tiga ukuran; hijau yang paling besar, hitam berukuran sedang, dan putih berukuran kecil. Usahakan plastik hijau menjadi yang paling besar agar bisa dilipat. Nah rencananya bagian yang hitam menjadi bagian depan daun. Sementara kantong kresek yang putih menjadi bagian belakangnya.

2. Setelah itu susun ketiga kantong kresek; hijau dibagian bawah, hitam di bagian tengah, lalu yang paling atas putih. Karena kantong plastik hijau yang paling besar kita lipat menjadi dua, dengan kantong plastik hijau dan hitam berada di tengah-tengah.

3. Lalu alasi bagian bawah dan atas kantong plastik dengan kertas hvs. Setrika di bagian kertas hvs itu hingga semua kantong plastik lengket dan menyatu. Awas jangan sampai gosong ya, asal sudah lengket dan bercampur saja ketiga warnanya.

4. Tunggu hingga dingin. Setelahnya buka kertas hvs, lalu gunting kantong kresek membentuk gambar hati atau love. Untuk pemula buat pola hati menggunakan pena atau pensil untuk memudahkan menggunting.

5. Gunting lagi kantong kresek yang telah berbentuk hati tadi membentuk daun monstera. Polanya bisa kalian cek di Google. Sesuaikan bentuk daun monstera dengan kreativitas sobat masing-masing.

6. Rekatkan daun monstera dengan kawat batang daun di bagian tengah dengan menggunakan lem tembak. Selesai!

Nah, mudah bukan? Seperti yang sudah Molzania bilang, practices makes perfect. Harus sering-sering latihan biar hasilnya sempurna. Selamat mencoba ya sobat!

931 Views

6 Komentar

Tinggalkan Balasan