Diary

Gabung WOW KOREA SUPPORTERS dari KTO Korea, Yuk!

WOW KOREA SUPPORTERS (WKS) adalah program tahunan dari Korea Tourism Organization (KTO) Indonesia yang mengundang blogger untuk mempromosikan pariwisata Korea Selatan. Setiap tahunnya dipilih sekitar 25 blogger terbaik dari seluruh Indonesia yang telah mendaftar sebelumnya via sosial media resmi KTO Indonesia.

Beruntung tahun ini, Molzania berhasil terpilih sebagai salah satu blogger Wow Korean Supporters 2021. Seneng banget, sekaligus nggak nyangka bakalan kepilih dari sekian banyak blogger yang udah daftar. Molzania jujur baru tahu, kalau program ini ada. Jadi baru pertama kali daftar juga. Alhamdulillah berhasil terpilih.

wow korean supporters 2021 korea tourism organization kto

Sempet insecure karena konten blog dan sosial media nggak terlalu Korea banget. Tapi memang tahun ini salah satu resolusi Molzania ialah memperbanyak konten tentang Korea. Khususnya konten belajar bahasa Korea. Sembari belajar sendiri secara otodidak. Qadarullah, pas banget momennya.

Hal yang bikin speechless ialah katanya ada hadiah utama travelling ke Korea Selatan bagi dua blogger WKS yang paling aktif mempromosikan pariwisata Korea. WOW! Daebakk sekalii.. Molzania jadi gemeteran bisa gak ya buat konten Korea yang banyak tahun ini. Makanya jangan heran kalau blog ini bakalan banyak konten kekoreaannya tahun ini, ya? Hahaha..

Inagurasi WOW KOREA SUPPORTERS di Jakarta

Dulu pas SMA, pernah cita-cita jadi diplomat. Biar bisa kerja di Kedutaan Besar alias kedubes. Qadarullah, nggak kesampean wkwk. Kesampeannya justru malah jadi blogger Korea. Dapet invitation untuk menghadiri acara inagurasi di KTO Office Wisma GKBI, Jakarta. Tapi karena lagi pandemi, jadi diundangnya secara virtual aja untuk yang di luar kota. Beberapa WKS yang tinggal di Jabodetabek dan sekitarnya. Mereka datang semua ke lokasi. So sad 🙁

Baca Juga:  Merasakan Langit Lewat Ujung Jari di Gunung Tangkuban Perahu Lembang

cara gabung wow korea supporters kto indonesia

Molzania baru pernah bertandang ke Korean Cultural Centre (KCC) beberapa tahun lalu. Itu jadi pengalaman berharga banget soalnya bisa lihat kebudayaan Korea dari dekat. Fyi, di KCC ada perpustakaan kecil yang isinya buku tentang Korea Selatan semua. Jadi bikin Molzania pengen culik satu bukunya untuk dibawa pulang. Tapi gak boleh. Hikz. Hikz.

Tahun 2020 ini dipilih 26 blogger dari seluruh Indonesia. Khusus tahun ini ketambahan satu anggota. Kita semua yang ada di luar Jakarta dapat undangan virtual via Zoom. Tahun ini blogger yang terpilih berasal dari Jabodetabek, surabaya, palembang, makassar, medan, sukabumi, dan ada yang sedang study di Korea juga loh. Acaranya diadakan pada sore hari.

Intinya berupa perkenalan aja sih. Lalu diakhiri dengan sesi foto-foto. Ini yang paling seru sebenarnya. Sayang nggak bisa datang kesananya langsung. Kalau datang kan bisa kenalan sekaligus bisa pamer foto via Instagram. But, ternyata oleh orang KTO-nya, kita difoto via Laptop. Meskipun kecil fotonya, tapi yah mau gimana lagi. Unik juga ya? Hehe..

foto bareng sesama peserta wks 2021

Tugas dan Benefit Menjadi Blogger Pariwisata Korea

Judulnya saja sudah Wow Korean Supporters, maka tugas kita adalah mempromosikan semua hal tentang Korea. Konten yang disukai tentu saja yang berkaitan dengan pariwisata Korea. Selain itu, tema kontennya sudah ditentukan. Kita buat kontennya nanti berdasarkan tema tersebut. Tapi karena sedang dalam masa pandemi, kita diberikan kebebasan untuk buat konten Korea tentang apa saja. Alhamdulillah 🙂

Kontennya boleh diposting di sosial media mana saja. Boleh di Youtube, Instagram, Facebook, Twitter, dan blog. Nanti pada awal bulan, konten-konten yang kita buat akan disubmit di websitenya KTO. Lalu tim KTO akan melakukan penilaian atas konten yang kita buat deh. Kontennya dapat bersumber dari pengalaman pribadi, artikel atau website resmi KTO. Tentunya dengan disertakan penyebutan sumber artikel atau gambar tersebut.

Baca Juga:  #CeritaPos Sahabat Pena Masa Kecil yang Hilang

Nah pada akhir periode akan diumumkan lima terbaik yang akan mendapat hadiah. Grandprize untuk dua orang traveling ke Korea, sedang tiga orang lainnya mendapat tiket pulang-pergi gratis. Setiap bulannya juga ada hadiah untuk tiga peserta terbaik. Kadang katanya kita bisa dapat free invitation ke acara-acara Korea tertentu. Wah, Molzania udah gak sabar pengin menang! Aamiin..

Kita para WKS 2021 juga diberikan sejumlah starter kit. Untuk tahun ini, Molzania kebagian jaket seragamnya, sedikit merchandise dan sejumlah buku saku tentang travelling ke Korea. Lumayan dijadikan kenang-kenangan bagi diri sendiri. Ohya, selain itu kita juga diberikan sertifikat resmi dari KTO Indonesia. Wah, gamsahamnida KTO atas hadiahnya.

Cara Gabung Menjadi Influencer Korea WKS 

Untuk sobat yang tertarik juga menjadi influencer Korea, sebenarnya Kedutaan Besar Korea menyediakan beberapa akses. Diantaranya; Honorary Reporter, Sahabat Korea, Wow Korea Supporters, K-Influencer, dan K-Content Supporter. Masing-masing beda tugas dan kewajibannya. Tapi intinya sama yaitu mempromosikan negara Korea Selatan.Khusus untuk WKS, tentunya bertugas dari segi pariwisatanya. Kalo di Indonesia, mungkin lebih mirip duta anak muda dari Kementerian Pariwisata kali, ya?

Pembukaannya diadakan setiap awal tahun. Pendaftarannya bisa langsung pantengin Instagram @KTOid Kita disuruh isi form berisi identitas dan alasan kita mau bergabung sebagai influencer Korea. Molzania juga baru tahu tahun ini sih. Jadi kemarin itu pas isi formulirnya, masih agak nge-blank sebenarnya.

instagram ktoid

Ikut event-event kayak gini tuh, bisa menambah pengalaman. Serta menambah pengetahuan kita tentang hal-hal yang terkait dengan Korea. Molzania kan emang udah dari dulu suka sama negara ginseng ini. Tepatnya sejak SMA. Jadi ya seneng aja gitu mempelajari budaya, politik, bahasa hingga pariwisatanya. Tentu saja sebagai anak muda, Molzania masih bermimpi bisa travelling keliling dunia. Siapa sih yang nggak tertarik? ^^ #KeKoreaAja #AkudanKorea

169 Views

2 Komentar

Tinggalkan Balasan