wisata edukasi
Travelling

Rekomendasi 10 Tempat Wisata Bersejarah di Korea yang Edukatif

Korea Selatan menjadi salah satu negara yang banyak menarik perhatian wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar Korea. Tak hanya menawarkan hiruk pikuk kehidupan kota yang modern atau pesona alam yang memukau, ada banyak tempat wisata bersejarah di Korea yang sayang untuk dilewatkan.

Kabar baiknya, baru-baru ini pemerintah Korea mulai membuka kembali wisata Korea Selatan usai terkendalinya pandemi COVID-19. Meski keadaan belum sepenuhnya normal, namun Sobat bisa mengintip dahulu beberapa rekomendasi tempat wisata bersejarah di Korea berikut ini.

10 Tempat Wisata Bersejarah di Korea yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata Bersejarah di Korea yang Menarik dan Edukatif

Korea Selatan yang masuk ke dalam wilayah Asia Timur ini memang menawarkan beragam tempat wisata yang menarik, salah satunya dengan tema sejarah. Berikut 10 tempat wisata sejarah di Korea bisa Sobat masukkan ke dalam daftar tempat yang ingin dikunjungi.

Korean Folk Village

Wisata sejarah di Korea Selatan pertama yang dapat Sobat kunjungi ialah Korean Folk Village yang terletak di 90 Minsokchon-ro, Sanggal-dong, Distrik Giheung, Yongyin, Gyeonggi.

Di tempat ini, Sobat dapat menyaksikan replika bangunan seperti rumah, penjara, sekolah, pengadilan hingga gazebo yang kerap dipakai bangsawan menghabiskan waktu. Korean Folk Village dibangun di tahun 1973 dan resmi dibuka untuk umum pada 3 Oktober 1974.

Korean Folk Village

Tempat ini amat cocok bagi traveller yang ingin merasakan tradisi dan gaya hidup di era Joseon. Tak hanya itu, Sobat juga dapat berpartisipasi di berbagai permainan tradisional, mencicipi rasa asli kue beras hingga menyaksikan pernikahan tradisional ala Korea.

Baca Juga:  10 Wisata Korea Selatan untuk Liburan Musim Panas

Korean Folk Village buka sepanjang tahun dengan jam operasional menyesuaikan musim dan cuaca di Korea Selatan. Korean Folk Village juga kerap dijadikan tempat syuting beragam judul drakor dengan latar belakang kerajaan lho.

Hwaseong Fortress

Hwaseong Fortress merupakan wisata sejarah Korea Selatan yang telah terdaftar di UNESCO. Merupakan benteng yang telah ada sejak abad 18, dibangun tepatnya pada tahun 1794 hingga tahun 1796 oleh Raja Jeongjo. Di sini Sobat dapat menyaksikan festival budaya Suwon Hwaseong selama musim gugur. Hwaseong Fortress terletak di 320-2 Yeonghwa-dong, Jangan-gu, Suwon-si, Gyeonggi-do dan buka mulai pukul 09.30 hingga 17.30.

hwaseong fortress
Hwaseong fortress benteng raja jeongjo terdaftar di Unesco.

Jongmyo Shrine

Wisata Korea Selatan berikutnya adalah Jongmyo Shrine terletak di Distrik Jongno, Korea Selatan yang merupakan kuil untuk menyimpan memorial raja dan ratu dari Dinasti Joseon. Di sini terdapat upacara peringatan bernama Jongmyo Jaerye, yang merupakan upacara tertua di dunia dan juga telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Budaya Dunia berkat adat istiadatnya yang masih terjaga dengan baik.

Jeongmyeo Shrine

Haedong Yonggungsa Temple

Wisata sejarah di Korea Selatan berikutnya terletak di sepanjang garis pantai timur laut Busan. Di tempat ini, pengunjung dapat melihat berbagai patung hewan antropomorfik yang melambangkan berbagai zodiak yang ada hingga menjelajahi bagian utama candi.

Haedong Yonggungsa Temple

Uniknya kuil ini pun masih dipakai penduduk lokal untuk beribadah lho. Mengingat letaknya yang di ujung pantai, pengunjung dapat sekaligus menikmati deburan air laut dan menyaksikan pemandangan laut yang memukau.

Naganeupseong Folk Village

Naganeupseong Folk Village terletak di provinsi Jeollanam-do. Memiliki keunikan tersendiri karena dikelilingi benteng setinggi 1.410 meter yang dibangun untuk melindungi penduduk desa dari musuh yang menyerbu.
Di desa ini ternyata masih ada penduduk yang bermukim, jumlahnya cukup banyak yaitu sekitar 100 keluarga. Di sini Sobat juga dapat melihat desa dan kastil era Dinasti Joseon yang masih terawat dengan baik. Rasakan juga sensasi bertani sutra, hanji serta menyaksikan pertunjukkan tradisional di tempat wisata Korea Selatan ini.

Baca Juga:  Cantik! Rekomendasi 10 Tempat Wisata Musim Gugur Di Korea Selatan
Naganeupseong Folk Village
Naganeupseong Folk Village, desa bersejarah di Korea

National Museum of Korea

Sebuah museum terbesar di Korea dengan koleksi aset budaya mulai dari zaman kuno hingga era modern. Museum buka setiap hari pukul 10.00 sampai 18.00, hari Rabu dan Sabtu buka hingga pukul 21.00. Setelah lelah menikmati museum yan terletak di distrik Yongsan-gu, Sobat dapat beristirahat di rumah ramah lingkungan yang disediakan.

Deoksugung Palace

Tempat wisata bersejarah berikutnya di Korea. Deoksugung Palace merupakan istana yang unik karena dibangun dengan gabungan arsitektur tradisional Korea dengan gaya Barat. Keunikannya juga dapat dilihat dari pavilion mewah berhias ukiran naga yang rumit dan disepuh.

Deoksugung Palace

Istana ini memiliki pintu gerbang yang menakjubkan dengan atap pavilion yang runcing. Tak hanya itu, letaknya yang berada di tengah kota metropolitan dengan bangunan yang modern manambah daftar keunikan berikutnya.

Hallasan National Park

Merupakan landmark pulau Jeju yang juga terdaftar sebagai warisan budaya UNESCO. Tempat ini menawarkan keindahan ekosistem yang tumbuh dengan perbedaan suhu di sepanjang lereng. Di puncak gunung terdapat salju, di bagian tengah beriklim sedang dan bagian bawah memiliki iklim subtropis.

Hallasan National Park

Namun sebelum mengunjungi tempat ini, pastikan Sobat dalam kondisi prima. Di sini Sobat dapat menikmati keindahan bunga azalea yang mekar di musim semi. Pengunjung diperkenankan mendaki ke puncak wisata Korea Selatan Hallasan mulai pukul 06.00 pagi dan harus mulai turun pada pukul 13.30.

Changgyeonggung

Wisata Korea Selatan yang berupa bangunan istana dari kaisar Dinasti Goryeo yang diwariskan kepada Dinasti Joseon. Changgyeonggung yang dibangun pada tahun 1104 ini merupakan salah satu dari Lima Istana Besar Dinasti Joseon. Terdapat area berupa tanaman hijau, kolam dan pepohonan. Istana ini terletak di Seoul, Korea Selatan.

Baca Juga:  Liburan di Cirebon, Wisata Kemana Aja?

Changgyeonggung

Gyeongbokgung

Istana pertama yang dibangun selama dinasti Joseon ini merupakan satu-satunya istana yang memiliki gerbang utama hingga saat ini. Di tempat wisata sejarah ini, Sobat juga bisa menyaksikan upacara pergantian penjaga dan pengawal kerajaan. Adapun upacara ini setiap hari kecuali hari Selasa pada pukul 10:00 dan 14:00.

gyeongbokgung

Memiliki beragam destinasi wisata menarik membuat Korea menjadi negara tujuan wisata yang tak boleh dilewatkan. Itulah 10 rekomendasi tempat wisata bersejarah di Korea yang wajib Sobat kunjungi.

Sumber Artikel :

https://www.befreetour[dot]com/id/read/10-objek-wisata-sejarah-korea-selatan-yang-wajib-traveler-singgahi

https://namsankoreancourse[dot]com/information-promos/tempat-tempat-bersejarah-di-korea-selatan/

https://www.google[dot]com/amp/s/www.idntimes.com/travel/journal/amp/fasrinisyah-suryaningtyas/hal-seru-di-korean-folk-village-exp-c1c2

https://www.google[dot]com/amp/s/m.dreamers.id/amp/article/86905/indahnya-hamparan-bunga-azalea-di-gunung-tiga-iklim-hallasan-park

https://www.agoda[dot[com/id-id/travel-guides/south-korea/seoul/gyeongbokgung-palace-tickets-changing-of-the-guard-hours?cid=1844104

137 Views

Tinggalkan Balasan