wisata edukasi di blitar
Info Seru

Jalan-Jalan ke Blitar, Wisata Edukasi Kemana Saja?

Blitar ialah sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Timur. Kota ini terkenal sebagai kota tempat dimakamkannya presiden pertama Indonesia yaitu Presiden Soekarno. Dahulunya, kota ini pernah menjadi saksi peperangan hebat melawan Tentara Tartar yang dipimpin oleh Nilasuwarna yang merupakan anak adipati Tuban, yang pada waktu itu dibawah kepemimpinan kerajaan Majapahit. Konon Blitar hanyalah sebuah hutan lebat sebelum peristiwa itu berlangsung. Namun sekarang, tentunya sudah jauh lebih berkembang dan modern.

Lain dulu, lain pula sekarang. Untuk dapat berkunjung ke kota ini, sobat bisa pesan tiket kereta Krakatau. Kereta ini merupakan layanan kereta resmi kelas Ekonomi AC yang melalui rute Merak – Cirebon – Madiun – Kediri – Blitar. Saat ini sudah tersedia 144 kursi penumpang, dimana 64 diantaranya kursi ramah disabilitas. Tentunya Molzania akan semakin happy karena kereta ini sudah ramah terhadap disabilitas.

Lantas ke kota Blitar, kemana saja sih? Yuk simak beberapa lokasi wisata di Kota Blitar berikut ini:

1. Kampung Wisata Ekologis Puspa Jagad

Sebagaimana namanya, kampung wisata ekologis Puspa Jagad menawarkan alternatif wisata dengan lingkungan asri dan ramah lingkungan. Terletak di kaki gunung Kelud, di sebelah timur Kabupaten Blitar, kita bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk menikmati wisata yang edukatif.

Berinteraksi dengan hewan ternak dan melihat proses pembuatan gula aren pastilah akan menyenangkan. Di area ini terdapat pula perkebunan bunga Anggrek dan fasilitas arena outbound dengan permainan yang seru.

Baca Juga:  Tradisi Lebaran Khas Kota Palembang

2. Alun-Alun Kota Blitar

Belum ke kota Blitar, kalau belum pernah berkunjung ke alun-alunnya. Alun-alun kota Blitar merupakan pusat keramaian dari kota Blitar. Letaknya hanya sekitar 500 meter dari stasiun kereta api.

Disini kita bisa menjumpai berbagai fasilitas hiburan untuk keluarga, seperti jogging track, arena bermain anak-anak, dan pusat jajanan. Di beberapa tempat telah disediakan pendopo untuk tempat beristirahat yang telah dilengkapi WIFI.

3. Makam dan Rumah Kediaman Bung Karno

Sudah tahu dong kalau Kota Blitar menjadi tempat peristirahatan terakhirnya Presiden Soekarno? Maka tak ada salahnya berwisata sejarah dengan singgah ke rumah dan makamnya. Datang saja  ke Istana Gebang yang berada di Desa Bendogerit sekitar 3 KM dari Kota Blitar.

Bentuk rumah Bung Karno berciri khas bangunan Belanda masih terawat hingga kini. Di sini kita bisa bernostalgia kembali ke masa lalu, sekaligus mengenang masa kecilnya Bung Karno lewat benda-benda peninggalan keluarga besar Soekarno.

Sementara itu, makam bung Karno berada tidak terlalu jauh dari rumah kediamannya. Selain area makam Bung Karno, juga terdapat perpustakaan yang menyimpan buku-buku Soekarno yang dapat kita baca secara gratis.

4. Monumen Tugu Trisula

Monumen ini didirikan untuk mengenang pahlawan pembantaian tragedi G30SPKI. Lokasinya berada di Desa Bakung, Blitar Selatan. Dulunya wilayah ini menjadi markas persembunyian PKI. Menurut Molzania, monumen ini salah satu tempat yang harus dikunjungi saat travelling di kota Blitar. Setidaknya sekali seumur hidup untuk sekedar berswafoto. Ibaratnya jika kita hendak berjalan-jalan ke kota orang, ambil satu ciri khas sebagai tempat kenang-kenangan. Monumen bersejarah ini bisa menjadi salah satunya.

5. Kampung Cokelat Blitar

Penggemar cokelat seperti Molzania tentu tak ingin melewatkan untuk singgah di tempat ini. Selain tempat belanja dan kulineran, di sini kita bisa melihat hamparan perkebunan cokelat yang luas. Tidak hanya itu, kita bisa turut serta untuk melihat proses penanaman bibit hingga pengolahan cokelat menjadi produk jadi. Meriah! Tempat yang tepat dan jadi kenangan tak terlupakan.   

Nah itulah dia beberapa tempat di Kota Blitar yang wajib dikunjungi. Bumi Indonesia ini kaya sekali ya dengan tempat-tempat keren. Apalagi jika kita niatkan berwisata sambil edukasi di kota orang. Dijamin nambah ilmu. Semoga bermanfaat ya artikelnya untuk sobat bubblelatte semua.. ^^  

901 Views

29 Komentar

  • Luella Artistry

    Wah seru bnget ya. Aku paling penasaran pen dateng ke kampumg coklat blitar nya nih.. pen liat liat disana..

    • Cilya

      Aku mau ke rumahnya Bung Sukarno..karena aku sudah ke rumah nya yang di Bengkulu. Jadinya aku mau banget kesini juga.. napak tilas perjuangan beliu

  • vebby

    pengen banget ini wisata kaya gini , apalagi ke kediaman Bung Karno yampun penasaran banget kak aku suka nihwisata edukasi kaya gini seru banget jadi banyaktau ttg sejarah

  • Ria Bilqis

    Setiap kota di jawa ada Alun alun ya mba? Ada kampung coklat juga di Blitar, asik nih, saya belum pernah ke Blitar, semoga nantinya bisa berkunjung ke Blitar.

  • mayarumi

    aq belum pernah ke blitar, seru juga ternyata banyak rekomendasi untuk tempat wisatanya yah. btw kereta krakatau bikin aq salut juga karena menyediakan banyak kursi untuk teman-teman disabilitas

  • Andiyani

    Wisata edukasi di kota Blitar banyak ya, nah informasi seperti ini hanya bisa didapetin kalo lagi baca-baca blog temen nih. Thanks for sharing mba

  • Lily Kanaya

    Pengen ke Makam dan kediaman bung Karno nih mba, pengen tau lebih dalam tentang beliau, aku salah satu penggemarnya 🙂

  • Aprillia Ekasari

    Kalau denger Blitar yang aku inget pertama ya Makam Bung Karno, ternyata ada juga beberapa lokasi wisata edukasi menarik lainnya ya. AKu malu nih org Jatim blm pernah ke sana haha. Moga kapan2 kalau mudik bisa ke Blitar

  • niaharyanto

    Wah, lumayan menarik ya tempat-tempat wisata edukasinya. Aku belom pernah ke Blitar deh. Tapi mama pernah tuh ke makam Bung Karno.

  • lendyagasshi

    Jadi ingat rumah pengasingan Bung Karno yang di Bengkulu.
    Sungguh tiap daerah membawa “cita rasa” bangunan yang berbeda yaa…

    Ada HTM nya kah..kalau mau masuk ke rumah Bung Karno?

  • Indah Nuria

    Sudah lama aku pengen main ke Blitar tapi belum sempat juga mba. Banyak tempat yg ingin kita datangi, termasuk rumah Bung Karno

  • Fanny Fristhika Nila

    Aku pernah ke Blitar, tp cuma visit makamnya Soekarno. Karena cuma PP sih, dari Solo, makanya ga banyak waktu mau datang ke tempat2 lain:). Ndxt memang harus lebih lama kalo kesana lagi. Aku lebih tertarik yang melihat monumen Trisula sih, karena ada kaitannya ama pembantaian G30S PKI

  • Atisatya Arifin

    Jalan-jalan sambil belajar sejarah, terutama mengenal sosok Proklamator Indonesia kayanya cocok banget nih ke Blitar ya mbak. Kampung Cokelat kayanya bakalan jadi destinasi favorit nih untuk anak-anak.

  • Reyne Raea

    Pengen ke makam Sukarno mah saya, belum pernah ke sana, padahal udah 2 kali ke sana, etapi pas ke sana malam sih dan nggak lama cuman lewat doang malah hahaha

    YAng kampung cokelat tuh menarik, meski saya udah bosan liat pohon cokelat, tapi saya tetep suka cokelat 😀

Tinggalkan Balasan