Tips

Waspadai Beberapa Penyakit Umum Pada Bayi Berikut Ini!

Kesehatan pencernaan sangat penting untuk manusia. Sistem pencernaan yang sehat akan memberikan penyerapan nutrisi yang optimal. Nutrisi tersebut nantinya akan menjadi bekal pertumbuhan hingga energi dalam melakukan berbagai aktifitas. 

 

Untuk manusia dewasa, kesehatan pencernaan umumnya lebih mudah dijaga, namun tak begitu halnya dengan bayi. Bayi memiliki sistem pencernaan yang belum sempurna, apalagi dari dalam kandungan ia tidak makan makanan secara langsung namun melalui plasenta ibu. 

 

Hal ini turut mempengaruhi sistem kesehatan pencernaannya terutama di awal usia si kecil. Salah satu penyakit berbahaya yang bisa mengenai bayi adalah muntaber akibat infeksi bakteri. Pemberian obat muntaber pada bayi tetap saja tak boleh sembarang karena dapat berpengaruh pada kesehatan organ lainnya.

Muntaber ditandai dengan gejala muntah dan berak pada bayi. Awalnya bayi akan sangat rewel karena rasa sakit dan tidak nyaman pada perut. Penyebab sakit ini adalah terpapar bakteri penyebab penyakit terutama dari makanan bayi yang kurang higienis. Selain dari makanan, masuknya bakteri bisa dari mainan yang tidak bersih atau lingkungan dengan sanitasi buruk. Sangat penting untuk segera mengobati muntaber agak anak tidak terus mual, muntah dan diare. 

Hal ini disebabkan agar tak terjadi dehidrasi dan mal nutrisi akibat cairan dan makanan yang tidak diserap tubuh. Untuk mengobati muntaber pada bayi, jangan sembarang memakai obat karena tubuh bayi yang sangat rentan terhadap obat kimia. Periksakan si kecil ke dokter untuk mendapatkan obat yang sesuai dengan berat badan serta usia si kecil.

Selain masalah sistem pencernaan, jangan lupa untuk melindungi si kecil dari gigitan nyamuk terutama Aedes Aegepty penyebab demam berdarah. Bayi dengan demam berdarah akan rawan mengalami penurunan trombosit yang membahayakan. Namun untuk meningkatkan trombosit pada demam berdarah bisa dilakukan tanpa menggunakan obat yaitu dengan asupan makanan sehat serta transfusi darah. 

Selalu tingkatkan kekebalan tubuh bayi Sobat dengan memberikan makanan sehat bergizi seimbang yang bersih dan higienis. Jangan lupa jaga kebersihan lingkungan agar bakteri dan nyamuk penyeab penyakit tidak datang menghinggapi buah hati.

3 Views

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: