Diary,  Tips

Hati-Hati Terjebak Cinta Palsu dengan Bule Scammer

Beberapa waktu lalu, Molzania sempat posting melalui IG Story. Isinya berkisah tentang seorang bule aneh yang tiba-tiba ngeDM Molzania, terus ngajak kenalan langsung ajak nikah. Jangan ditanya tuh bule, cakepnya ya lumayan sih. Tapi apa iya bule ganteng ujug-ujug nembak cewek yang nggak dikenal? Nah itulah yang dinamakan scammer, guys.

Di dunia ini, khususnya di Indonesia, masih banyak wanita yang mengelu-elukan dan mengidolakan lelaki baik, penuh pesona, gagah, rupawan plus kaya raya. Iya, emang ada sih laki-laki yang seperti itu. Tapi tentu nggak bakalan semudah kita chat via online doang. Tipe wanita seperti ini yang sering dijadikan korban dari para bule penipu pemberi cinta palsu alias scammer.

Baca Juga: Penipuan Berkedok Siswa Kecelakaan di Sekolah

Sebenarnya Molzania udah tau cerita ini dari zaman SMA dulu. Waktu itu sosmed sedang jadi something new. Orang-orang latah untuk daftar sosial media. Ternyata eh ternyata, korban dari scammer masih banyak hingga sekarang. Kerugian korbannya pun nggak tanggung-tanggung. Mencapai ratusan juta. Biasanya para bule scammer ini menipu korbannya dengan meminta untuk ditransfer uang dalam bentuk dollar. Tau sendiri kan rate dollar sekarang berapa?

Jadi ceritanya, Molzania dapat juga DM dari bule scammer. Pertamanya ya nggak menaruh curiga. Soalnya Molzania kadang juga dapat DM dari bule yang murni ngechat untuk ngajak kenalan guna bertanya dan diskusi tentang sesuatu. Nah, tapi kali ini bulenya beda. Dia ngajak kenalan awalnya, terus nanya-nanya sesuatu yang bersifat sensitif. Padahal baru kenalan!

Dia nanya, “Are you married? (Apakah kamu sudah menikah?). Curiga dong, Molzania lantas bertanya balik kenapa nanya seperti itu. Lalu tebak gengs apa jawaban tuh bule. Dia malah ngajakin Molzania untuk membangun hubungan yang kuat. What?!! Maksudnya apa kalau bukan pengen ngajak kamu nikah. FIX! Tuh bule PASTI SCAMMER.

Pas periksa IGnya, beneran dong akunnya mencurigakan. IGnya private, dia perlu menerima pertemanan dari kita dulu untuk mengintip foto-foto IGnya. Duh, pengin sih intip-intip untuk ngeliat seberapa professionalnya tuh bule scammer. Tapi ahh sudahlah, mending ngerjain hal-hal lain yang lebih positif.

Baca Juga:  Sejarah Lengkap Nama Blog Molzania

 

Bukan Sekali Dua Ini aja Sih..

Kenalan dengan bule scammer macam ini, bukan pengalaman Molzania yang pertama. Bahkan udah sejak zaman masih polos banget sama sosial media. Jadi pas zaman SMA dulu, Molzania malah pernah temenan sama scammer. Yap, beneran. Molzania temenan sama scammer dari Madagaskar, salah satu negara dari benua Afrika. Para scammer bule kan rata-rata berasal dari negara-negara di Asia Selatan dan Afrika, lalu ngaku-ngaku sebagai bisnisman kaya raya dari Amerika! 

Penyebabnya Molzania zaman SMA tuh demen banget gabung grup-grup film hollywood yang ada di Facebook. Tujuannya sih jelas; Molzania pengin belajar bahasa Inggris. Molzania tahu dari majalah dan televisi, tips supaya lancar berbahasa Inggris, salah satunya ngomong langsung dengan native speaker.

Jadi sejak SMP, Molzania udah sering ngajakin bule chat pake bahasa Inggris lewat grup-grup chat MIRc dan Yahoo Messenger luar negeri. Ngobrolin apa aja deh yang lagi happening di Indonesia. Juga nanya-nanya tentang negara mereka itu ada apa aja. Paling suka nanyain tentang jam berapa disana. Kepo abisnya sih, secara waktu kita sama mereka kan beda.

waspada scammer cinta

Singkat cerita, Molzania kenalanlah dengan si cowok Madagaskar ini. Tanya-tanya tentang apa saja, tentang negara dia dan lain-lain. Selama beberapa bulan chat, kita akhirnya jadi deket. Molzania anggap dia itu kakak, secara dia umurnya udah 20-an tahun.

Sama sekali nggak naruh curiga apa-apa. Tuh orang bahkan ngenalin Molzania ke sepupunya, yang akhirnya kita chatan bareng juga. Sempat pernah terlibat diskusi soal agama dan perang. Jadi di akhir diskusi, dia tahu kalau orang jahat itu nggak mewakili agama apapun. Diskusi kita berlangsung cukup sengit waktu itu. Hehe..

Apa yang membuat Molzania jadi curiga ama tuh orang, setelah diskusi itu dia ngungkapin perasaan kalau dia kagum sama Molzania. Terus langsung ngomong to the point, kalau dia pengin ngajakin ‘yang nggak bener’. WHAT?? Molzania berusaha jelasin kalau Islam melarang perzinahan. Dia pertamanya minta maaf, terus kita chat-an lagi. Tapi nggak berapa lama selang beberapa hari, dia kembali mengutarakan permintaan yang sama. Langsunglah Molzania ambil tindakan tegas; langsung BLOK akunnya.

Baca Juga:  Kenangan Mudik ke Jakarta Lewat Darat

Setelah berbulan-bulan berikutnya, Molzania iseng liat lagi akunnya, eh udah dihapus. FIX! Dia itu scammer. Tipe-tipe orang kayak gini tuh, kalau kita lanjutin, bisa-bisa dia ngajakin video call yang nggak baik. Sobat taulah, udah banyak kejadian, kan? Terus video dan gambar kita itu bakalan dijadikan senjata untuk mengancam kita. Lalu pada akhirnya, dia meminta sejumlah uang yang tidak sedikit pada kita sebagai tebusan. Ihh.. ngerii.. 😥 😥 

Tuh ngeri banget kan!

Kita mesti selalu waspada nih guys dengan modus beginian. Because it’s real, guys, REAL! Sewaktu posting di IG tentang masalah ini, Molzania sempat dikenalin oleh salah seorang temen blogger sama sebuah akun instagram yang khusus membahas yang beginian.

Nama akunnya tuh @FeyDown. Akun ini dimiliki oleh orang Indonesia yang tinggal di Australia. Disini kalian bisa menemukan banyak banget kisah penipuan dengan korban wanita yang melibatkan para cowok tampan nan kaya raya yang ternyata FAKE.

Jadi gimana nih langkah-langkah supaya kita nggak mudah tertipu dengan modus rayuan kayak begini? Satu aja sih, jangan termakan rayuan maut. Alangkah baiknya kita cek dan ricek alias jangan mudah percaya ama orang. Bila kita menemukan ternyata temen kita sendiri yang hampir jadi korban, segera beritahu dan cegah sebisa kita!

Molzania pribadi banyak belajar dari kasus beginian. Bahkan di tahun 2019 ini masih ada saja cewek-cewek yang tertipu. Duh daripada ngarep sesuatu nggak jelas, mending kalian cari-cari yang pasti-pasti aja. Too hard to believe jika ada cowok ganteng stranger yang tiba-tiba nge-DM pingin married.

Ciri-Ciri Akun Scammer

Untuk bisa mengetahui bahwa akun yang kita curigai itu beneran scammer atau bukan, sebaiknya cek ciri-cirinya di bawah ini:

  1. Memasang foto profil cowok bule / Indonesia palsu berwajah tampan
    Biasanya si cowok ngaku sebagai tentara, polisi, bisnisman atau pekerjaan yang high class lainnya. 
  2. Pertemanan si cowok di sosial media kebanyakan cewek. 
    Cek dulu akunnya apakah isinya itu cewek semua, jika iya patut curiga kalo mereka-mereka itu juga korban. 
  3. Akunnya diprivate
    Nah pengalaman Molzania di atas, si cowok menggunakan akun IG yang dikunci.

Baca Juga:  Mudahnya Mendapat Surat Keterangan Disabilitas untuk Tes CPNS

TIPS BIAR NGGAK GAMPANG TERJEBAK SCAMMER CINTA PENIPU

  1. Kalo ada seseorang berwajah rupawan (bule atau Indonesia) yang tidak dikenal nge-DM kita, periksa dulu asal usulnya dan apa permintaannya. Jika akunnya diprivate, patut dicurigai. Kalau Molzania kemarin sih, si pelaku secara gamblang ngaku di DM kalau dia inginkan hubungan yang lebih which is itu membongkar kedoknya sendiri.
  2. Jika ada orang asing yang tiba-tiba nge-DM terus caper ajak-ajak kenalan, terus pas udah deket mulai minjem-minjem uang untuk apapun kebutuhannya, JANGAN PERNAH DIKASIH! Bilang aja kalo kita juga bokek. 
  3. Periksa fotonya di Google untuk ngecek apakah fotonya asli atau palsu. Caranya download dulu profile picturenya, lalu masukin di Google Images. Penipu pasti memiliki wajah yang kembarannya banyak di Google. Cara ini mungkin nggak efektif lagi, soalnya jaman now pelakunya makin canggih dan pinter. Dia sengaja pake foto cowok asli bahkan juga menggunakan nama cowok asli tersebut yang dicuri dari akun sosial media si cowok. Kalo kayak gini sih, cowok itu juga termasuk korban, ye kan?
  4. Jangan coba-coba video call sama orang yang sembarangan. Apalagi nggak kenal! Lebih baik manfaatkan fitur video call lebih ke sarana untuk berinteraksi dengan keluarga tersayang.
  5. Intinya selalu berhati-hati. Inget ini bukan dunia dongeng dimana bermimpi disamperin cowok tampan berkuda putih, eh jadi kenyataan beneran. Selalu Waspada Sobat! 

124 Views

4 Komentar

Tinggalkan Balasan