Info Seru

Verifikasi Identitas Google Adsense Ditolak Terus? Lakukan Cara Berikut Ini

Beberapa waktu yang lalu, Molzania berhasil mencapai batas ambang pembayaran Google Adsense. Jadi mulai diminta untuk melakukan sejumlah verifikasi. Dimulai meminta untuk mengisi pin, mengupload KTP hingga melakukan verifikasi nomor rekening. Molzania pun melakukan segalanya satu persatu dengan sabar agar tidak mengulangi kesalahan dulu.

Disini Molzania akan berbagi pengalaman secara lengkap tahapan-tahapan yang Molzania harus lalui untuk lulus verifikasi dan diterima sebagai anggota Adsense yang terverifikasi. Tidaklah mudah melalui semua itu, tetapi benar-benar butuh kesabaran tingkat tinggi. Ada tiga tahapan yang harus Molzania lalui, masing-masing akan Molzania ceritakan di bawah ini:

  • Verifikasi Alamat Google Adsense

Untuk melalui tahapan ini, kita akan dikirimi surat yang berisi nomor PIN oleh Google Adsense. Pertama kali Molzani diminta untuk melakukan verifikasi alamat ialah pada tanggal 22 Oktober 2018 lalu. Sialnya sewaktu menekan tombol untuk mengirimkan surat, Molzania lupa bahwa alamat Adsense yang Molzania berikan itu salah. Bukan salah juga sih, tetapi alamat rumah Molzania yang lama yang sesuai dengan alamat KTP. FYI, KTP Molzania masih menggunakan alamat lama, belum sempat diperbaharui ke alamat baru.

Berhubung alamat rumah Molzania yang lama tidak terlalu jauh dari tempat tinggal baru Molzania, maka usaha Molzania ialah menghubungi satpam kompleks rumah Molzania yang lama. Kebetulan mereka mengenal dengan baik keluarga Molzania karena Molzania dulu sempat tinggal di sana lumayan lama. Uwak Molzania sendiri juga ada yang tinggal sekompleks dengan Molzania dulu. Jadi Molzania meminta pak satpam bila surat Adsense tiba nanti, bisa dititipi dengan uwak Molzania saja.

Sembari menunggu surat, Molzania mencari tahu tentang kapan dan bagaimana surat PIN itu datang. Seorang teman mengatakan kalau suratnya akan datang dalam hitungan minggu. Molzania pun menetapkan waktu estimasi selama satu bulan. Setelah lewat satu bulan, barulah Molzania mengecek ke satpam dan uwak. Menanyai mereka apakah surat Adsense milik Molzania sudah di tangan mereka atau belum.

 Lewat satu bulan, surat tak kunjung tiba. Molzania was-was dan memilih request surat PIN yang kedua dari Google Adsense. Hanya dalam tempo satu bulan, Molzania dihentikan penayangan iklannya. Molzania makin panik, tapi tetap mencoba untuk bersabar. Molzania tetap berusaha untuk menghubungi satpam beberapa hari sekali. Hingga akhirnya Molzania bosan dan memilih untuk menunggu kedatangan surat yang kedua saja.

Tanggal 11 Desember lalu, Molzania iseng kembali ke rumah lama. Tak diduga ternyata surat cinta dari Adsense untuk Molzania telah tiba. Kata pak satpam, surat ini sudah ada sejak seminggu lalu. Betapa bahagianya hati Molzania. Totalnya 6-7 minggu surat Adsense Molzania tiba ke kota Palembang. Ternyata surat Adsense dikirim dari Malaysia.

 
  • Verifikasi Nomor PIN Adsense

 

Tanpa pikir panjang, Molzania langsung merobek surat cinta dari mbah Google tersebut. Merobeknya mesti hati-hati, lebih baik ikuti petunjuk yang ada saja di kertasnya. Robek bagian pinggirnya bawah, kanan dan kirinya saja. Tak perlu merobek keseluruhan. Setelah dapat membukanya, masukkan nomor pin yang tertulis. Awas jangan sampai salah. Cek dan cek betul-betul. Ada batas limit kesalahan sampai dengan tiga kali.

Jika salah hingga batas limit, maka akun adsense akan terblokir secara otomatis. Ada 6 angka PIN acak yang harus dimasukkan. Molzania periksa berulang kali secara teliti agar meminimalisir kesalahan. Setelah yakin, maka klik enter dan akun adsense pun terverifikasi. Tunggu! Jangan senang dulu, masih ada satu tahapan lagi yang harus dilalui dalam memverifikasi Adsense. Mulai beberapa tahun lalu, Adsense juga mewajibkan untuk memverifikasi KTP.

 
  • Verifikasi KTP/SIM/PASPOR

 

Molzania terus terang saja, sempat mengalami frustrasi saat harus memverifikasi KTP pada laman payment di Google Adsense. Masalahnya selalu ditolak. Pertama kali salah masukin foto KTP pula. Tidak sengaja terupload foto KTP yang blur. Lalu, Molzania pun berusaha tidak mengulangi kesalahan. Molzania berinisiatif untuk men-scan KTP dengan menggunakan alat scanning.

Tetapi yang terjadi kemudian, scan foto KTP masih ditolak oleh Google Adsense. Alasannya gambar blur dan tidak terbaca. Padahal identitas KTP Molzania sudah sangat terbaca dengan jelas. Molzania sempat melakukan voting ke sejumlah teman, mereka semua sepakat kalau KTP Molzania terbaca. Molzania pun melakukan upload ulang untuk yang ketiga kalinya dengan menambahi brightness. Lagi-lagi gagal, Adsense menolak foto KTP Molzania. Huhuu..

Setelah ketiga kali gagal, Molzania diminta untuk melakukan banding. Disitu Molzania sempat menuliskan pesan curhat kepada Google Adsense. Molzania tulis secara mendetail kronologi kejadian hingga limit hurufnya habis. Benar-benar not know what to do dan speechless. Alhamdulillah Google masih memberikan kesempatan kedua untuk mengupload ulang KTP.

Masa percobaan yang kedua kalinya ini, masih sama diberi batasan hingga tiga kali. Molzania pun terus memutar otak mengapa scan foto KTP gagal dan ditolak meski sudah menggunakan alat scan. Seorang teman menyarankan Molzania untuk menggunakan foto hp saja. Akhirnya Molzania pun melakukannya. Menggunakan cara manual lewat hp.

Caranya ialah dengan memfoto KTP di meja kayu dengan pencahayaan yang baik. Waktu fotonya siang hari. Beberapa kali pengambilan gambar, Alhamdulillah ada yang bagus dan tak nge-blur. Setelah memastikan bahwa fotonya jelas dan terbaca. Langsung saja Molzania kembali mengupload ulang KTP di laman Google Adsense. Tidak sampai satu jam akun Google Adsense Molzania pun terverifikasi. Alhamdulillah wa syukurilah ..

  • Verifikasi Nomor Akun Bank

 

Ternyata masih ada tahap terakhir dari proses verifikasi Google Adsense, yaitu verifikasi nomor akun atau nomor tabungan bank. Untuk tahap ini, Molzania tidak mengalami kesulitan berarti. Tinggal masukkan data banknya saja dengan benar. Lalu, hari kedua ada nominal kecil ratusan rupiah yang jadi kode verifikasinya. Untuk kasus Molzania, pengirimnya tertulis jelas dari Google Asia Pasific Jakarta dari Bank Citibank. Segera saja Molzania masukkan dengan teliti, dan tadaa! Akun Adsense milik Molzania pun berhasil terverifikasi.

Tips Verifikasi Adsense dari Molzania pribadi ialah butuh kesabaran dan ketelitian. Membutuhkan waktu yang tidak sebentar pula. Salah sedikit akan berdampak buruk pada Google Adsense sobat. Tapi semua hal yang melelahkan sirna, ketika kita sudah berhasil melalui keempat tahapnya. Rasanya hati jadi lebih plong dan lega. Jangan lupa ucapkan Bismillah di awal dan Alhamdulillah di akhir. 

12 Comments

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: