Ulasan Buku Eve’s Healing Journey Catatan Perjalanan Bersama Depresi

thumbnail buku eve's

ULASAN BUKU EVE’S HEALING JOURNEY – Perempuan muda tokoh utama di buku ini menyebut dirinya Eve. Dalam Bahasa Inggris Eve berarti Hawa, sosok perempuan pendamping Nabi Adam as. Bukan tanpa sebab dia menamai dirinya dengan nama tersebut. Jelas bukan nama aslinya. Dengan menggunakan nama Eve, dia akan mengingat pendampingnya yang telah tiada yang bernama Adam.

Yap, dikisahkan dalam buku ini Eve merupakan sosok seorang perempuan janda muda. Namun bukan itu poin utamanya. Keseluruhan cerita di buku ini sesuai nama judulnya. Lewat tulisan buku ini, Eve menceritakan sebagian pengalaman hidupnya sebagai survivor. Lebih tepatnya pengalamannya bersama depresi.

Apa itu Depresi?

Depresi jelas merupakan penyakit mental health yang serius. Datangnya diam-diam, namun bisa mengancam nyawa. Penderitanya bisa kehilangan semangat untuk menjalani hidup. Berujung pada tindakan bunuh diri. Eve bercerita di buku ini bahwa menurut WHO, bunuh diri menduduki peringkat kedua yang menyebabkan kematian di dunia.

Rata-rata pelaku bunuh diri masih berusia muda antara 15-29 tahun. Di Indonesia jumlah kasus bunuh diri dalam kurun waktu 1990-2016 mencapai 8.580 jiwa. Disinyalir negeri ini memiliki jumlah angka bunuh diri terbanyak se-Asia Tenggara. Penyebab utama bunuh diri ialah mental health issues atau kesehatan mental. Oleh karenanya, kita tidak boleh memandang enteng penyakit ini.

Tak ada heran jika depresi digolongkan disabilitas mental. Faktanya memanglah demikian. Disabilitas mental artinya penyandang disabilitas yang mengalami gangguan emosi, cara berfikir dan perilaku. Nah penderita depresi dan penyakit kesehatan mental lainnya dapat masuk golongan ini. Baca artikel pengertian dan jenis disabilitas lainnya.

Baca Juga:  [REVIEW] Novel "3 Jam, 3.5 Milyar : Matahari Pecah di Langit Jakarta"

Sinopsis Buku : Berawal dari Trauma Masa Kecil

Tak ada yang salah dengan penyebutan disabilitas mental. Faktanya memanglah demikian. Disabilitas mental artinya penyandang disabilitas yang mengalami gangguan emosi, cara berfikir dan perilaku. Nah penderita depresi dan penyakit kesehatan mental lainnya dapat masuk golongan ini. Baca artikel pengertian dan jenis disabilitas lainnya.

ulasan buku eve's healing journey, Catatan Perjalanan Bersama Depresi

Sebagaimana tiada asap kalau tak ada api. Pun penyakit depresi yang dialami oleh seorang Eve. Di buku ini, dia berkisah bahwa bibit awal depresi yang dideritanya telah ada sejak ia masih kecil. Bahkan sebelum dia masih berada di kandungan ibunya. Dulu sewaktu mengandung Eve, ibunya kerap merasa takut dan terintimidasi oleh perilaku suami yang jadi ayah Eve.

Dari kenyataan demikian, ternyata kesehatan mental pun penting untuk ibu hamil. Seorang suami tak hanya bertanggungjawab mencari nafkah, namun juga wajib memerhatikan kondisi psikis istrinya. Kondisi psikologis yang diderita seorang ibu dapat memengaruhi janin. Hal ini pula yang dialami oleh Eve dan ibunya.

Setelah Eve lahir, dia menuruni ‘ketakutan’ sang Ibu. Eve takut akan perilaku ayahnya yang dominan dan otoriter. Kondisi tersebut diperparah dengan lingkungan sekolah yang tak kondusif. Beranjak remaja, Eve sering menerima perilaku bullying dari teman-temannya. Sekali Eve mencoba untuk melawan perilaku bullying dengan prestasi dan tenaganya. Tapi lebih banyak Eve diam dan menerima saja.

Duduk di bangku SMA, karena pengaruh teman, Eve mencoba untuk mendalami agama. Pemahaman agama yang salah malah membuat luka psikis yang dideritanya semakin dalam. Pada saat dewasa, Eve yang mengalami childhood traumatic experience tersebut mencoba untuk menyembuhkan dirinya. Eve memilih untuk kuliah di bidang psikologi, namun ternyata perilaku dosen-dosennya tak sesuai harapan.

Baca Juga:  Book Review : Mata Hati Kedua

Ulasan Buku Eve’s Healing Journey Diary Seorang Disabilitas Mental

Buku Eve’s Healing Journey mengajak kita menyelami pengalaman hidup seorang Eve yang menderita depresi. Cerita diawali dengan fkta seorang Eve yang telah dewasa dan telah ditinggalkan pasangannya. Beruntung saat kuliah, Eve bertemu dengan Adam laki-laki yang menjadi penyelamat hidupnya. Namun ternyata usia Adam tidaklah panjang.

isi buku eve's healing journey

Membaca kisah hidup Eve dalam buku ini membuat Molzania berkaca-kaca. Bagaimanapun orang tua memang cenderung ‘mewariskan’ luka psikis pada anak. Perjalanan hidup lantas memperparah luka Eve, kehilangan Adam lantas membuat depresi itu kian besar. Sehingga Eve pernah hampir bunuh diri karenanya. Beruntung Eve masih hidup dan mengisahkan semuanya.

Tiada seorang pun di dunia ini yang memiliki mental yang selalu stabil. Lewat buku ini, Molzania belajar untuk tidak mengejudge atau bahkan mengunderstimate seseorang yang mengalami gangguan mental. Isu gangguan mental bukanlah sebatas perkara kurang agama atau lemah iman. Memang agama bisa dijadikan pedoman, tapi gangguan mental itu penyakit yang juga harus disembuhkan secara medis.

Meskipun tergolong tipis, hanya ada 100 halaman, tetapi buku ini termasuk kaya materi. Tak hanya membagikan pengalaman, Eve juga membahas mengenai penanganan depresi dari sisi psikologi. Eve tak sungkan membagikan pengalamannya dalam sesi konsultasi dengan psikolognya. Sebuah bacaan ringan yang penuh makna mendalam dan inspiratif.

Identitas Buku:

Judul : Eve’s Healing Journey Catatan Perjalanan Bersama Depresi
Penulis : Eve
Jumlah Halaman: 100
Penerbit : Lovrinz Publishing
Genre : Non Fiksi – Inspiratif 

61 Views

Tinggalkan Balasan