tips mengatasi cedera otot ringan
Diary,  Tips

Tips Mengatasi Cidera Otot Ringan + Kenalan dengan Aplikasi SehatQ

Qodarullah, awal September lalu Molzania mengalami kecelakaan. Kejadiannya sungguh tak terduga. Ceritanya Molzania sedang membesuk salah seorang kerabat. Tapi karena suatu dan lain hal, beliau hari itu hendak dirujuk ke rs lain untuk pemeriksaan. Nah, berhubung kamarnya kosong, Molzania pun tiduran di ranjang pasien. 

Saat beliau pulang dari pemeriksaan, sekitar 4 jam kemudian, Molzania buru-buru turun dari ranjang. Qodarullah, Molzania tidak sengaja terjatuh dari ranjang. Pas kejadian, tidak ada rasa sakit. Molzania masih baik-baik saja. Namun ternyata, rasa sakitnya baru dirasakan keesokan hari. Saat melakukan olahraga pagi-pagi.

jatuh bisa sebabkan cedera otot

Jangan ditanya rasa sakitnya. Luar biasa! Molzania sudah lumayan sering mengalami cidera otot ringan, baik di jari, tangan, leher, dsb. Tapi sekali ini rasa sakitnya dirasakan di area punggung, belakang paha, hingga betis. Jadi lumayan bikin tepar saking sakitnya.

Perbedaan Cidera Otot Ringan, Cidera Tulang, dan Cidera Sendi

Cidera otot ringan biasa ditandai dengan rasa sakit tak tertahankan pada area-area tubuh tertentu. Cidera ringan bisa diobati di rumah. Pada kasus Molzania kemarin, cidera tidak mengakibatkan lebam atau luka terbuka. Hanya rasa sakit yang tak tertahankan saja yang dirasakan, dimana intensitas rasa sakitnya menurun dalam beberapa jam/hari.

Penyebab cidera bisa bermacam-macam. Bisa karena olahraga, kelelahan atau melakukan gerakan tubuh yang tidak biasa. Cidera pada anggota tubuh selain ditandai dengan rasa sakit, bisa pula ditandai dengan lebam/memar pada area cidera, bengkak, dan juga luka terbuka. Biasanya anggota tubuh yang cidera akan berubah menjadi memar dan bengkak dalam waktu kurang dari 30 menit. 

ilustrasi cedera otot

Sepertinya sih.. cidera yang Molzania rasakan kemarin itu masuk ke cedera hamstring. By the way, cedera hamstring itu umum dirasakan oleh para atlet olahraga. Berhubung saat cedera itu, Molzania juga sedang berolahraga. Ditambah trauma jatuh kemarin itu. Jadilah cedera yang dirasakan sakitnya berlipat-lipat. 

By the way, otot hamstring itu letaknya di bagian belakang tungkai atas. Otot ini tidak kita gunakan saat berdiri. Namun banyak digunakan ketika kita menekuk lutut dan berjalan. Makanya Molzania merasakan sakitnya saat menggunakan lutut dan paha. Duh.. ada-ada saja ya..

Menghindari Cidera Otot Ketika Berolahraga

Sebetulnya ada banyak cara menghindari cedera otot. Salah satunya dengan melakukan peregangan minimal 30 menit sebelum berolahraga. Penting banget supaya otot tidak terkejut dan lebih lentur. Kita bisa melakukan peregangan dengan lari-lari kecil di tempat dan melompat-lompat, dilanjutkan dengan gerakan ringan lainnya. 

peregangan sebelum olahraga

Tapi berhubung Molzania nggak bisa lari ataupun lompat-lompat, jadi Molzania menggantinya dengan jalan di tempat. Dilanjutkan dengan jalan santai dengan menggunakan walker. Cara ini lumayan efektif mencegah badan supaya nggak kaku loh, guys. Jadi nggak gampang cidera juga. 🙂

Kalau dulu-dulu sih, Molzania suka melupakan tahap peregangan ini. Sekalinya lagi apes, ya kena cedera otot ini. Akhirnya nyeselnya dobel-dobel deh.. Hikz.

Kalau Sudah Kepalang Kena Cedera Otot, terus Harus Gimana ?

Tips berikut ini berdasarkan pengalaman Molzania sendiri. Berikut hal-hal yang harus dilakukan:

  1. Istirahatkan otot yang cedera. Soalnya sakit juga kan ototnya.. Takutnya kalau dipaksa, makin parah cederanya.  
  2. Kompres menggunakan air/ batu es selama beberapa hari. Dingin sih rasanya di kulit, tapi ini manjur meredakan otot yang meradang.
  3. Memijat dengan ringan bagian tubuh yang cedera. Kalau Molzania sih panggil tukang urut saja, tapi diminta pijatannya yang pelan, sekedar untuk relaksasi otot.
  4. Merilekskan pikiran supaya nggak tegang. Kalau senantiasa dipikirin, otot jadi ikutan tegang. Jadi makin bertambah rasa sakitnya.
  5. Jika rasa sakit tak kunjung berkurang atau malah bertambah parah dalam 2 minggu, sebaiknya konsultasi ke dokter saja.

Untuk Sobat yang Tinggal di Jabodetabek, Booking Dokter dengan Mudah dan Nyaman

Untuk bisa melakukannya, sobat bisa menggunakan aplikasi smartphone SehatQ. Sementara ini baru tersedia di Playstore. Keunggulan aplikasi SehatQ, kita bisa booking dokter dengan mudah. Ada ribuan inventori dokter dengan berbagai keahlian yang bisa dipilih. Kita bisa mengecek jadwal dokter dan melakukan penyesuaian dengan waktu temu yang kita punya,

Aplikasi Sehatq


Cara booking dokter melalui aplikasi SehatQ ialah sebagai berikut;

1. Buka aplikasi SehatQ. Klik booking dokter di bagian bawah.

2. Setelahnya lakukan pencarian dokter yang kita mau. Dalam hal ini Molzania memilih dokter spesialis tulang sesuai dengan penyakit yang Molzania derita. Masukkan Sp.Ot di kolom pencarian.

3. Pilih dokter yang kita sukai. Pilih jadwal dan tempat prakteknya. Klik booking dokter.

4. Isi identitas kita sebagai pasien. Lalu klik lanjut.

5. Cek lagi ringkasan permintaan booking kita. Lalu klik booking sekarang.

6. Done! Permintaan booking kita sudah langsung tercatat di history. Nantinya akan dikonfirmasi lewat telepon oleh tim SehatQ lewat telepon dan WA. 

7. Kita tinggal pergi ke dokternya untuk melakukan pemeriksaan pada jadwal yang sudah ditentukan.

Dengan memiliki aplikasi ini, Molzania bisa menghemat waktu dan tenaga. Soalnya aplikasi ini praktis dan serba ada. Ada banyak artikel kesehatan yang bisa kita baca. Bahkan kita bisa melakukan konsultasi online terlebih dahulu secara gratis lewat fitur tanya dokter

fitur tanya dokter aplikasi sehatq

Kekurangannya dari aplikasi ini yang Molzania rasakan yaitu masih sulitnya melakukan pencarian dokter. Molzania harus memasukkan keyword berupa gelar spesialisasi, alih-alih hanya menggunakan problem kesehatan yang sedang Molzania rasakan.

Untuk cedera otot misalnya, Molzania harus memasukkan keyword “Sp. OT” bukannya “tulang” saja. Semoga ini menjadi perhatian developer aplikasinya. Soalnya sulit juga untuk mengetahui singkatan gelar dokter dalam sekali klik. Hehe..

Terakhir karena aplikasi ini masih baru rilis. Tepatnya tanggal 28 Agustus 2019 kemarin. Aplikasi ini masih butuh banyak pengembangan. Molzania harap inventori dokternya bisa merambah ke luar pulau Jawa. Tidak hanya di Jabodetabek. Sehingga Molzania yang tinggal di Palembang juga bisa menggunakan fitur aplikasi ini dengan maksimal. 

Terakhir jangan lupa simak juga aneka tips kesehatan lewat sosial media SehatQ. Bisa cek lewat akunnya di bawah ini:

Twitter: @sehatQ | Instagram: Sehatq_Id | Facebook: SehatQ

107 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *