Info Seru

Tips Berdonasi Online Secara Aman dan Nyaman

Zaman sekarang itu, Molzania dimudahkan banget dengan adanya internet. Mau apa-apa serba gampang. Tinggal buka smartphone, lalu cari websitenya. Apalagi kondisi Molzania yang disabilitas menyulitkan mobilitas Molzania untuk pergi kemana-mana. Termasuk dalam urusan berbagi dengan yang lain.

Saat ini sudah banyak banget lembaga-lembaga donasi yang mau memberikan fasilitas kepada donatur via online. Diantaranya kitabisa, peduli donasi, daarut tauhid, rumah zakat, dan lain-lain. Bahkan kita bisa berdonasi sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Maksudnya kita nggak harus nominalnya sampai jutaan, sedekah puluhan ribu juga bisa.

Namun ada kalanya kita merasa nggak aman, meski sudah berdonasi di tempat yang terpercaya. Contohnya nih beberapa tahun lalu pernah ada kasus dimana pengumpul donasinya ternyata menggunakan uang donasi masyarakat yang diduga untuk keperluan pribadi. Kejadian ini menimpa seseorang, anggap saja Bapak A, selaku fundraiser netizen dari sebuah situs donasi.

Melalui klarifikasi di laman berita online, Bapak A mengakui bahwa ia menggunakan dana donasi untuk membeli hp iPhone dan mobil Fortuner yang diperuntukkan untuk keperluan mengantar bantuan ke daerah pelosok dan tempat terpencil. Menurut Molzania hal tersebut tidaklah salah sepenuhnya. Tapi alangkah lebih baik jika alih-alih membeli hp canggih dan mobil mahal, mending sewa mobil saja dan pakai hp pribadi untuk antar jemput bantuan. Hal ini untuk mengurangi pikiran negatif dari para netizen tersayang. :*

Sementara itu sudah ada klarifikasi langsung dari laman situs donasi tersebut. Kalau bukanlah donasi yang dihimpun melalui rekening kitabisa yang digunakan untuk keperluan beli iphone dan fortuner, melainkan dari setoran dana melalui pribadi ke rekening Bapak A langsung. Berkaca dari pengalaman ini, tetap saja kasus tersebut memberikan pelajaran berharga untuk Molzania agar benar-benar memilih dan memilah jalur donasi yang terpercaya. Kalau menurut kalian gimana sobat?

Lantas gimana sih tips berdonasi online secara aman dan nyaman versi Molzania? Berikut beberapa tipsnya:

1. Pilih Lembaga atau Badan yang Terpercaya dan Memiliki Badan Hukum

Selama ini untuk menghindari kekhawatiran, Molzania lebih memilih berdonasi online di lembaga yang sudah dikenal oleh masyarakat. Misalnya BAZIS, Rumah Zakat, Darutt Tauhid, ACT, dan lain-lain.

2. Pilih Akun yang Sudah Centang Biru / Terverifikasi

Di Kitabisa khususnya, mereka menyediakan akun-akun fundraiser yang sudah centang biru dan terverifikasi. Untuk donasi yang dikumpulkan secara pribadi, Molzania biasanya skip saja. Baru berani berdonasi jika memiliki channel pribadi dan mengenal secara pribadi fundraiser yang bersangkutan.

3. Mengecek Laporan Pertanggungjawaban Donasi Secara Berkala

Pada lembaga-lembaga terpercaya di atas, Insha Allah memiliki laporan pertanggungjawaban atas dana donasi yang telah kita setorkan. Mereka biasanya akan melaporkan via email dan bisa dicek di website donasi.

4. Jangan Sungkan Bertanya Kepada Lembaga / Fundraiser 

Nah ini langkah selanjutnya untuk menghindari donasi fiktif. Tanya langsung sembari cek ricek kredibiltas fundraiser yang ingin kita berikan donasi. Bukan masalah kecil besarnya dana, tapi supaya kita nggak merasa khawatir. Sebaiknya tanya secara mendetail supaya kita puas dan gak kemakan was-was. Fundraiser yang baik biasanya mereka akan mencoba untuk mengerti perasaan yang kita rasakan.

Demikianlah tips berdonasi online secara aman dan nyaman versi Molzania. Semoga dapat membantu sobat semua untuk meraih pahala tambahan di bulan suci ini. Selamat membaca! Ditunggu artikel selanjutnya! ^^

134 Views

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *