Tips

Tips Aman di Rumah saat Banjir Melanda

Memasuki awal tahun, Indonesia memasuki puncak musim hujan. Intensitas curah hujan di beberapa daerah yang tergolong tinggi biasanya menyebabkan banjir. Pembuka tahun 2020 ini, netizen di Indonesia dikejutkan oleh fenomena banjir yang melanda Jabodetabek dan sekitarnya.

Dalam keadaan banjir, hal yang lumrah kalau siapapun yang terdampak mengalami kepanikan. Namun bukan berarti kewaspadaan mesti berkurang. Justru dalam keadaan banjir, seseorang dituntut untuk selalu siaga.

Untuk itu Molzania berikan tips-tips yang harus dilakukan saat banjir melanda, apa-apa saja yang mesti diwaspadai agar saat banjir melanda, keluarga dan rumah masih bisa terselamatkan. Berikut tips-tipsnya:

  1. Usahakan tetap dalam keadaan tenang
    Ketenangan jiwa penting agar kita mampu berpikir secara jernih saat menghadapi musibah. Jangan lupa perbanyak doa dan dzikir kepada Allah swt agar selalu diberikan kemudahan. Bagaimanapun hujan juga bisa menjadi bencana jika sudah terlalu deras.


    Bagi muslim, lafadzkan do’a – do’a berikut saat hujan lebat agar terhindar dari musibah yang lebih besar;

  2. Selamatkan Dokumen-Dokumen Penting Terlebih Dahulu dan Simpan di Tempat yang Aman
    Hal pertama yang harus dilakukan ialah menyelamatkan berbagai dokumen penting di tempat yang aman dan mudah terjangkau. Dokumen-dokumen ini mencakup ijazah, buku tabungan, sertifikat tanah, dan surat-surat berharga lainnya. Pastikan semuanya sudah tersimpan rapi di satu tempat agar mudah dibawa ke tempat yang lebih aman.

  3. Waspadai Arus Listrik
    Tips yang ketiga tak kalah penting. Kedatangan banjir berarti berurusan dengan air. Segera matikan listrik dari pusatnya bila air banjir sudah masuk ke dalam rumah. Perhatikan kaki ketika melangkah, jauhi colokan listrik di rumah. Jangan pegang-pegang tiang listrik ketika berjalan di luar rumah. Awasi si kecil ketika sedang bermain agar posisinya jauh dari tempat-tempat yang mengandung listrik.

  4. Waspadai Kehadiran Hewan Melata
    Kalau yang satu ini pengalaman Molzania pribadi. Saat banjir, biasanya hewan-hewan melata seperti buaya, lintah, biawak dan ular ikut terbawa arus. Selalu tutup dan kunci pintu rumah, dan berhati-hatilah dalam melangkah atau berjalan. Terutama di halaman rumah dan kamar mandi.

  5. Cabut Kabel Aki pada Mobil
    Untuk sobat yang memiliki mobil, penting untuk segera mencabut kabel aki saat kebanjiran. Air bisa membuat konslet pada kelistrikan mobil. Jika banjir sudah surut, segera periksa seluruh komponen mobil. Apabila mobil terendam banjir, jangan segan untuk bawa ke bengkel resmi untuk pengecekan yang menyeluruh dengan tanpa menghidupkan mesin.

  6. Simpan Kontak Penting untuk Berjaga-Jaga
    Penting pula untuk menyimpan nomor telepon penting baik di hp maupun manual di atas secarik kertas. Simpan nomor telepon polisi, rumah sakit/klinik setempat, pemadam kebakaran, nomor hp ketua RT/RW dan lain-lain. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan, tapi hp kehabisan batere, kita dapat segera menghubunginya lewat telepon rumah atau pinjam hp tetangga.

Baca Juga:  Tips Agar Penghasilan Adsensemu Barokah

747 Views

4 Komentar

Tinggalkan Balasan