Tes Kebugaran Haji 2023, Siapkan Diri Keliling Kambang Iwak

tes kebugaran haji 2023

Setelah beberapa hari lalu, Molzania bercerita mengenai pengalaman periksa kesehatan, sekarang saatnya bercerita mengenai tes kebugaran haji. Bagi sobat yang belum baca part sebelumnya, wajib baca terlebih dahulu ya pengalaman seru periksa kesehatan haji 2023.

Nggak seperti periksa kesehatan yang lebih banyak di puskesmas. Pada tes kebugaran kali ini pelaksanaannya ada di luar ruangan. Untuk kota Palembang, pemeriksaannya dilakukan pada pagi hari di Kambang Iwak. Ini sejujurnya bukan kali pertama ikut tes, melainkan sudah yang ketiga kalinya.

Bacaan Lainnya

Meskipun demikian, tetap saja mood yang dibawa sejak pagi hari ialah excited. Seolah-olah ini kali pertama mengerjakannya. Gimana nggak haji tertunda selama tiga tahun. Harusnya berangkat tahun 2020 lalu. Namun qadarullah tertunda hingga tahun 2023 ini. Huhuu..

Tes Kebugaran Haji 2023, Siapkan Diri Keliling Kambang Iwak

Pukul 6.30 WIB pagi, sebagian para jemaah calon haji (JCH) Palembang sudah disuruh ada di lokasi. Kita diminta oleh pihak KBIH untuk berpakaian olahraga.

Ternyata pas sampai di sana, sudah lumayan banyak para om dan tante yang hadir. Molzania dan keluarga sendiri tiba di sana pukul 7 pagi.

Sebagian peserta adalah sesama jemaah satu KBIH Molzania dan keluarga. Namun sebagian lagi, berasal dari jemaah KBIH lainnya. Para petugas puskesmas Merdeka sudah stand by dari awal. Kami diminta untuk mendaftar lebih dulu untuk mengikuti tes kebugaran.

Baca Juga:  Qur'an Challenge : Hapalan Satu Ayat

petugas kesehatan dari puskesmas merdeka

Cukup lama menunggu giliran, Molzania lebih suka mengobrol dengan sesama peserta. Meskipun rata-rata sudah berusia lansia, tetapi semangat mereka tetap bergema.

Ada rombongan jemaah dari luar Palembang bahkan sudah bangun sejak pukul 3 pagi. Menempuh perjalanan ke Kambang Iwak selama kurang lebih lima jam dari Sungai Lilin, Musi Banyuasin. Salut banget, ya!

Serunya Lihat Jemaah Calon Haji Bersemangat Jalan Kaki

Satu jam lebih kemudian, barulah giliran Molzania dan keluarga. Jadi kita diperiksa tensinya dulu sama dokternya. Tugasnya disuruh jalan keliling kolam Kambang Iwak sebanyak dua putaran. Setelahnya tensi kita dicek lagi.

Untuk Molzania tugasnya cuma duduk manis saja. Gak disuruh keliling kolam. Kerjaan Molzania ya asyik foto-fotoin om dan tante yang lagi siap-siap mau jalan kaki. Sebelum dimulai, mereka disuruh senam dulu untuk peregangan.

Setelah itu masing-masing pun diberi papan nomor untuk dikalungkan di dada. Sekilas mirip kayak atlet perlombaan lari, hihi. Mereka mendapat pengarahan kalau harus banyak-banyak jalan kaki sebelum berangkat haji. Soalnya biar nggak kaget lagi pas di tanah suci.

jemaah haji 2023 menjalani tes kebugaran

Ada saja sih kejadian lucu pas melihat para JCH itu berolahraga. Ada yang jalannya lambat-lambat, ada pula yang masih nekat lari cepat. Meskipun demikian kita mesti bisa mengukur kemampuan diri masing-masing.

Rata-rata jemaah itu larinya seputaran sekitar 10-15 menit. Ada pula yang lebih, sih. Setelahnya wajah mereka terlihat sumringah. Bagi yang kehausan, sudah disediakan minuman air mineral sama pihak Puskesmas.

Setelahnya tes kebugaran haji 2023 pun berakhir. Selanjutnya apa? Molzania belum tahu juga. Nantikan perkembangannya di Molzania.com ya.. 

Hikmah dari Tes Kebugaran Haji 

Pada dasarnya pemeriksaan kebugaran haji ini merupakan bagian dari istithaah alias kemampuan dalam berhaji. Selain soal pengetahuan dan ekonomi yang wajib dimiliki oleh para jemaah haji.

Baca Juga:  Mamacita dan Suju yang Mendewasa

Dengan melakukan tes kebugaran haji, para jemaah calon haji dapat mengetahui kondisi fisik dan mental sejak dini. Jauh hari sebelum melaksanakan ibadah haji.

Sehingga diharapkan ketika sampai di tanah suci nantinya, para jemaah bisa melaksanakan ibadah dengan khusyu’. Dałam kondisi badan yang sehat dan prima.

berfoto bersama jemaah dan petugas medis

Doakan Molzania dan keluarga, serta semua jemaah haji dapat beribadah haji dengan nyaman dan mabrur ya sobat. Aamiin yaa rabbal alamin.

161 Views

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *