• Diary

    Belajar Puasa + Serunya Berburu Tanda Tangan

    Molzania ingat pertama kali Molzania paham apa itu puasa, kalau nggak salah antara umur 4 – 5 tahun. Saat itu Molzania terbangun di malam hari karena suara berisik anak-anak membangunkan sahur. Kamar Molzania berada dalam keadaan gelap. Ternyata usut punya usut saat itu mama Molzania lagi sahur di luar kamar. Karena masih ngantuk, akhirnya Molzania pun tidur kembali. Sejak hari itu, Molzania sering bertanya-tanya pada mama perihal puasa. Puasa itu apa? Mengapa kita harus berpuasa? Apa kita bisa mati saat berpuasa? Mama menjawabnya dengan senang hati. Timbul keinginan untuk ikut berpuasa, tapi Molzania tidak pernah bangun saat sahur. Otomatis sahurnya pas sarapan pagi. Siang-siang malah disuruh makan. Saat kecil, Molzania…

  • Info Seru

    Tips Berdonasi Online Secara Aman dan Nyaman

    Zaman sekarang itu, Molzania dimudahkan banget dengan adanya internet. Mau apa-apa serba gampang. Tinggal buka smartphone, lalu cari websitenya. Apalagi kondisi Molzania yang disabilitas menyulitkan mobilitas Molzania untuk pergi kemana-mana. Termasuk dalam urusan berbagi dengan yang lain. Saat ini sudah banyak banget lembaga-lembaga donasi yang mau memberikan fasilitas kepada donatur via online. Diantaranya kitabisa, peduli donasi, daarut tauhid, rumah zakat, dan lain-lain. Bahkan kita bisa berdonasi sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Maksudnya kita nggak harus nominalnya sampai jutaan, sedekah puluhan ribu juga bisa. Namun ada kalanya kita merasa nggak aman, meski sudah berdonasi di tempat yang terpercaya. Contohnya nih beberapa tahun lalu pernah ada kasus dimana pengumpul donasinya ternyata…

  • Info Seru

    Begini Syarat dan Ketentuan untuk Pekerja dapat THR

    Bagi pekerja kantoran, momen menjelang libur lebaran yang ditunggu ialah pembagian THR. THR itu singkatan dari tunjangan hari raya. Jadi semacam bonus tambahan setiap tahun untuk para pekerja. Besarannya tergantung jumlah gaji yang diterima. Pemerintah mewajibkan perusahaan untuk memberikan THR bagi karyawannya. Tapi biasanya sih yang dapat itu yang udah masuk golongan pegawai tetap. Merujuk kepada Peraturan Permenaker No. 6 Tahun 2016, Ada beberapa syarat dan ketentuan untuk mendapatkan THR lebaran, beberapa di antaranya harus sudah bekerja minimal 1 bulan secara terus-menerus. Nah kalau sobat bekerjanya sudah satu bulan alias 30 hari, maka sudah bisa mendapat THR. Namun besaran THRnya tidak sebanyak orang yang sudah berkerja tahunan. Rumus hitungannya ialah…

  • Info Seru

    Inspirasi Gaya Rambut untuk Si Keriting dan Nyaris Gimbal

    Seringkali ketika Molzania pergi ke salon, Molzania merasa kebingungan. Pemilik rambut keriting nan ikal ke arah gimbal seperti Molzania sulit untuk menentukan gaya rambut. Kata orang-orang sih, pemilik rambut gimbal itu nggak bisa diapa-apain. Nggak seperti gaya rambut lurus. Akhirnya sih dipotongnya terserah kepada mbak-mbak pemotong rambutnya. Tapi lama-lama gayanya jadi itu-itu saja. Dipotong pendek banget dengan poni menyamping. Eh sebenarnya masalah nggak sih menurut kalian orang yang berhijab membicarakan soal gaya rambut? Toh sehari-hari kalau keluar rumah, kita kan berhijab. Sebenarnya kalau dipikir-pikir sih nggak masalah. Kita yang berhijab di rumah kan boleh tanpa hijab. Meski tidak untuk dipamerkan ke orang luar, ngomongin gaya rambut lebih ke arah kepuasan…

  • Info Seru

    Mengenal Tunik: Sejarah dan Model Tunik Populer

    Menurut Wikipedia, tunik pada dasarnya merupakan pakaian yang berbahan longgar yang menutupi dada, bahu dan punggung. Jenisnya bisa berlengan atau tanpa lengan. Panjang pakaian tunik mencapai pinggul atau di atas lutut.      Pakaian tunik berasal dari pakaian yang dikenakan orang-orang pada zaman Romawi Kuno. Diambil dari kata “tunica” dalam bahasa latin. Lazimnya pakaian ini dikenakan baik oleh wanita maupun pria pada zaman tersebut. Disini para tentara juga menggunakan tunik yang terbuat dari kain wol. Pakaian yang dikenakan para tentara Romawi menjadi cikal bakal pembuatan baju tunik model sleeves.   Tidak hanya itu, tunik juga dikenakan oleh orang-orang pada zaman Yunani kuno. Disana mereka membuat tunik yang diberi motif di…

  • Info Seru

    Apa Itu Panci Presto ? Sejarah dan Tips Menggunakannya

    Bagi yang gemar masak, pastilah akrab dengan panci presto. Apakah itu? Jadi panci presto ialah panci bertekanan tinggi yang digunakan untuk memasak dengan lebih cepat. Bentuknya seperti panci biasa, tapi tutupnya dilengkapi alat yang memungkinkan uap air terkunci di dalam panci sehingga menyebabkan air yang ada di dalamnya cepat mendidih. Panas yang dihasilkan oleh panci presto lebih merata. Panci presto akan membuat makanan yang bertekstur keras seperti daging, biji-bijian bahkan tulang ayam dan sapi menjadi lunak. Panci ini juga berfungsi sebagai alat untuk sterilisasi makanan karena tekanannya yang tinggi mampu membunuh mikroorganisme dengan lebih baik. Saat ini panci presto tersedia dalam berbagai ukuran, warna, merk dan harga. Ibu-ibu tinggal memilih…

  • Tips

    Tips Mencerahkan Gigi Secara Alami

    Memiliki gigi yang putih dapat memperindah penampilan. Survey Akademi Ahli Gigi Kosmetika Amerika menyatakan bahwa hampir semua orang sepakat bahwa senyuman menawan berasal dari gigi yang putih dan hal tersebut merupakan aset yang berharga. Berhubung minggu lalu Molzania baru saja pergi ke dokter gigi buat scalling rutin, Molzania juga sempet bertanya-tanya sedikit gimana sih cara biar gigi bisa putih. Jawabannya selain rajin menyikat gigi dengan odol berfluoride, merawat gigi dengan scalling rutin setahun dua kali juga membantu untuk menjaga gigi tetap putih. Setelah dan sebelum discalling memang terasa bedanya. Permasalahan utama pada gigi Molzania itu ialah karang gigi. Biarpun Molzania rajin membersihkan gigi setiap hari, tapi tetap saja ada karang…

  • Tips

    Cara Menghilangkan Ketombe pada Anak

    Ketombe pada dasarnya kulit mati yang berukuran sangat kecil di kulit kepala. Bisa menyebabkan rasa gatal dan kemerahan sehingga membuat tak nyaman. Efek jangka panjangnya dapat mengakibatkan rambut rontok. Ketombe berwarna putih dan kekuningan. Pada anak-anak seringkali terlihat ia menggaruk-garuk kepalanya. Atau mengalami kerontokan rambut. Jika buah hati terserang ketombe, jangan panik dulu. Lantas bagaimana sih cara mengatasinya? Artikel di bawah ini akan menjelaskannya lebih jauh. Berikut cara mengatasi ketombe pada anak: 1. Langkah Pencucian Rambut pada Anak Sebelum mencuci rambut, hendaknya kepala anak disikat dengan lembut terlebih dahulu. Ini akan menghilangkan kulit mati sekaligus membuat shampoo jadi lebih meresap. Gunakan shampo setiap hari atau beberapa hari sekali tergantung kebutuhan…

  • Resep

    Resep Brownies Lumer Isi Selai Kacang SKIPPY

    Molzania tuh pencinta cokelat. Hmm, kurang suka cokelat batangan sih. Tapi sukanya yang dijadikan kue-kue ala brownies. Dulu sebelum berganti domain blog, blog molzania ini pun dinamakan “Browniezz Chocolatezzz” saking secinta itu sama brownies. Walau tampak sedikit alay sih, namanya dulu masih anak SMA. Percayalah kalau nggak inget badan gendut, satu loyang brownies cakes pasti habis sendirian. Haha. Nah kali ini Molzania mau membuat modifikasi resep brownies yang simple namun tetap enak. Biasanya kita pakai dark chocolate, di resep ini Molzania gunakan white chocolate. Biar rasanya unik, Molzania juga memakai selai kacang SKIPPY untuk isian browniesnya. Bisa jadi ide camilan buka puasa, nih. Kenapa Molzania menggunakan selai kacang SKIPPY? Tak…

  • Review

    Nyobain Bakso Super Pedas di Warung Bakso Granat Mas Azis Palembang

    Molzania kalau buka puasa itu biasanya merindukan makanan berat yang penuh kuah. Nah salah satu rekomendasi makanan dari Molzania itu bakso. Kenyalnya daging ditambah kuah yang panas nikmat, duh, tentu menggugah selera. Buat pencinta pedas seperti Molzania, kalau kebetulan sedang liburan di kota Palembang, kalian kudu nyobain untuk cicipin Bakso Granat Mas Azis, Palembang. Ada lumayan banyak cabang warung bakso ini di kota Palembang. Tinggal search aja alamatnya di Google jika ingin ke sini. Dua hari sebelum puasa, Molzania sekeluarga bertandang ke warung bakso ini. Menurut Molzania, harganya lumayan terjangkau. Per porsi bakso dibandrol mulai harga Rp. 18.500 – Rp. 25 ribuan. Ada dua jenis bakso yang bisa dipilih; pedas…