Diary

Suka Duka Jadi Full Time Blogger

Keputusan untuk menjadi full time blogger baru Molzania jalani selama satu tahun ini. Sebelumnya Molzania berkerja di salah satu kantor notaris di Kota Palembang. Apa sih yang membuat Molzania ingin fokus di dunia blog? Tak lain tak bukan karena memang disinilah passion Molzania. Sedari kecil Molzania sudah hobi menulis.

Mengeluarkan opini dalam bentuk tulisan menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi Molzania. Meski dulu nyaris tidak ada pembaca tulisan Molzania. Dikarenakan sejak kelas 5 SD – 2 SMA Molzania terbiasa menulis manual di buku diary. Kalau tulisan cerpen fiksi barulah Molzania menulis di komputer. Kebiasaan menulis catatan diary inilah cikal bakal minat Molzania di dunia blog. Terus mendarah daging hingga kini.

Suka Duka Menjadi Full Time Blogger 


Jika ditanya soal suka duka menjadi full time blogger, sebetulnya relatif sih. Mungkin opini Molzania berbeda dengan yang lain. Tetapi menjadi full time blogger sama saja seperti entrepreneurship pada umumnya. Penghasilan didasarkan pada kinerja diri sendiri. Kalau olshop yang kita jual berupa barang, nah ngeblog outputnya berbentuk tulisan.

Baca Juga: Mendulang Rezeki dari Hobi Menulis di Internet

Blogger pun biasanya juga merangkap sebagai social influencer. That’s why, seorang blogger diwajibkan memiliki banyak koleksi sosial media. Selain menulis, blogger juga diharapkan memiliki sedikit skill marketing karena seorang social influencer memiliki tugas untuk memasarkan suatu produk. Bedanya dengan social influencer mungkin, blogger dituntut untuk menghasilkan tulisan yang jujur mengenai kualitas produknya sesuai apa yang ia rasakan. Tidak melulu tentang kata-kata manis nan menarik lewat caption singkat.

Menjadi full time blogger, dikarenakan pekerjaannya menghasilkan konten, maka bisa menyesuaikan diri bekerja sesuai waktu yang dia inginkan. Meskipun begitu, pekerjaannya bukanlah sekedar menulis saja, tetapi melakukan hal-hal lain seperti research keyword, optimasi SEO, dan sebagainya. Banyak yang salah kaprah, tapi memang begitulah kenyataannya. Pekerjaan full time blogger bisa dianggap pekerjaan semacam freelance, tapi tidak semudah itu juga.


Menghadiri Blogger Events yang Meriah


Salah satu hal yang paling berkesan sepanjang karier full time blogger Molzania ialah menghadiri undangan blogger. Kita bisa membangun relationship sekaligus memperluas networking. Ada acara blogger yang berbayar, maupun tidak berbayar. Semua masing-masing memiliki keuntungan dan kerugiannya. Tapi percayalah kalau orang yang senang bertemu dengan orang banyak seperti Molzania, kegiatan ini akan ditunggu-tunggu.

Dibutuhkan komitmen tinggi sebagai full time blogger. Ada kalanya merasa capek dan lelah, karena merasa bosan dengan rutinitas menulis. Kalau Molzania solusinya cukup dengan travelling saja. Lumayan untuk refreshing pikiran barang sejenak. Toh libur sehari dua hari dari mengolah konten, tidak menjadi masalah. Asal dibarengi dengan komitmen untuk terus mengupdate blog.  

101 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *