5 Hal Penting Saat Memilih Software Bisnis
Teknologi

Software Bisnis Membuat Sakit Kepala? Saatnya Beralih Pada Yang Memudahkan!

Manajemen bisnis dan accounting adalah pekerjaan yang cukup kompleks, tidak hanya membutuhkan kesabaran tetapi juga pemikiran analisa tingkat tinggi, sehingga dapat memberikan keputusan yang dapat memajukan atau justru melemahkan bisnis.

Ketika sebuah perusahaan memulai operasionalnya menggunakan beragam proses, tentunya sudah terbayang betapa rumit dan kompleksnya hal tersebut. Ditambah dengan beragam bagian yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugas tertentu, butuh kemampuan teknologi yang dapat memenuhi kebutuhan untuk kecepatan dan ketepatan dalam memonitor seluruh tugas dari setiap departemen yang ada.

Software Bisnis Membuat Sakit Kepala Saatnya Beralih Pada Yang Memudahkan!

Di sisi lain, seiring dengan berkembangnya suatu bisnis, biaya yang dibutuhkan untuk efisiensi dan efektivitas juga akan semakin membengkak. Beberapa perusahaan seringkali terjebak dengan software manajemen bisnis yang kompleks ketika bisnis mereka juga mulai ikut berkembang dengan alasan seperti software yang ada tidak memiliki fleksibilitas untuk mengelola bisnis sesuai kebutuhan mereka hingga navigasi yang membingungkan dari satu fungsi ke fingsi lainnya hingga kecemasan terhadap keamanan data.

Semua hal ini akan berdampak pada ketidakteraturan manajemen dalam sebuah perusahaan yang tentunya berdampak jangka panjang pada performa kinerja bisnis. Namun, tentu saja ada solusi untuk mengatasi hal tersebut. Sebagai pemilik perusahaan, kita dapat mengandalkan kemampuan software manajemen bisnis yang efektif untuk membantu perusahaan dalam mengatasi permasalahan dalam memperluas jangkauan operasional dan pertumbuhan bisnis dengan tetap membuat segalanya terasa mudah.

Dengan software manajemen bisnis yang mudah untuk digunakan, sobat tidak hanya akan dapat mengidentifikasi masalah dan merancang strategi untuk mengatasinya, tetapi juga dapat fokus pada cara baru yang menyenangkan untuk mengembangkan bisnis sobat secara efektif.

Lalu apa sih yang dimaksud dengan software yang mudah untuk digunakan? Fitur apa saja yang dapat membuat sebuah software manajemen bisnis menjadi lebih sederhana? Mari kita temukan jawabannya dalam artikel ini!

1. Navigasi yang Mudah Diakses Dari Mana Saja dan Kapan Saja

Ketika sebuah sistem baru diimplementasikan untuk mengelola sebuah proses, seringkali membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mempelajari dan mencoba menggunakannya untuk melakukan beragam pekerjaan yang dapat dilakukan oleh software tersebut. Dari proses instalasi hingga set up, proses awal sendiri biasanya cukup menyita waktu.

Baca Juga:  Aplikasi Optimasi Terbaik Untuk Optimalkan Gadget/PCmu

Dengan demikian, disarankan untuk memilih software manajemen bisnis untuk organisasimu yang fokus menawarkan kesederhanaan dan kemudahan untuk diimplementasikan. Sebuah software hendaknya dapat begitu dinamis yang dapat memudahkan manajemenmu dan tidak menambah kesulitan lainnya. Instalasi dan set up yang mudah dalam 2 langkah dapat membuat siapapun tertarik untuk mencoba menggunakannya.

software manajemen bisnis yang dapat diakses kapan saja dimanas aja

Kesederhanaan dalam hal ini menyangkut pada kemudahan untuk digunakan, tidak terikat pada satu pola tertentu untuk dapat dipelajari dan digunakan, sehingga pengguna dengan mudah menemukan apapun yang dibutuhkan dengan software tersebut untuk mendukung proses transformasi bisnis.

Simak contoh berikut untuk memperjelas. Misalkan kita sedang melakukan proses entri pembayaran namun tiba-tiba teringat harus mengecek tagihan yang sudah masuk jatuh tempo sebelum melanjutkan proses entri pembayaran. Untuk mengatasi situasi demikian, sebuah software harusnya dapat bekerja dengan fleksibel sehingga kita tidak perlu khawatir tugas kita menjadi terbengkalai karena harus disibukan dengan berganti layer tampilan dari satu laporan ke laporan lainnya.

2. Mudah Mencari Laporan Apapun

Meskipun secara umum, terminologi yang digunakan dalam akuntansi umumnya sama, namun kadang-kadang dalam beberapa bisnis terdapat perbedaan dalam penggunaan untuk terminologi tertentu. Software yang intuitif seharusnya dapat membuatmu menemukan dan mengakses semua laporan yang penting tanpa membatasi menampilkan laporan berdasarkan keyword yang dimasukkan.

Sebuah software juga secara ideal harus dapat cukup sensitive terhadap cara kita dalam merujuk berbagai laporan dan melakukan klasifikasi berdasarkan terminologi general maupun yang lazim kita gunakan secara spesifik.

Akses yang memudahkan terhadap laporan bisnis ini akan dapat membantumu meminimalkan waktu dan usaha yang dibutuhkan dalam mencari yang dibutuhkan melalui fitur yang sangat berguna tanpa harus bersusah payah mempelajari hal baru dari software tersebut.

Baca Juga:  Pemesanan Tiket Kereta Makin Praktis Dengan Kemajuan Teknologi

Kemampuan beradaptasi terhadap sesuatu yang baru tidak hadir secara gratis, apalagi untuk sebuah bisnis, sehingga pemilik bisnis hendaknya membuat keputusan yang cerdas dalam melakukan implementasi software manajemen bisnis yang dapat beradaptasi dengan cara kita bekerja dan bukan sebaliknya.

3. Menampilkan Laporan Sesuai dengan Kebutuhan

Setiap bisnis itu unik. Baik jika bisnis kita sedang dalam tahap berkembang atau sudah stabil, setiap organisasi memiliki caranya masing-masing dalam mengelola beberapa aspek tertentu.

Sama halnya dengan seorang pemilik bisnis dapat memilih metode apa yang ingin digunakan untuk menjalankan bisnisnya, sebuah software manajemen bisnis pun seharusnya dapat memberikan kebebasan seperti ini kepada penggunanya.

Dengan demikian, laporan bisnis apapun yang dihasilkan dapat memberikan insights yang berguna, berpengaruh terhadap bisnis. Sekarang, selaku pelaku bisnis bayangkan jika kita dapat melihat laporan tersebut sesuai dengan kemauan kita!

Software manajemen bisnis yang ideal seharusnya memungkinkan kita untuk dapat mengubah konteks laporan bisnis sehingga dapat disesuaikan dengan bisnis kita. Kita, selaku pemilik bisnis, seharusnya dapat melihat dan menganalisa laporan serta membuat interpretasi sesuai dengan keinginan kita.

Misalkan, kita sedang melihat laporan ringkasan stok yang menunjukan posisi stok dalam inventori, dan kemudian kita ingin mengubah tampilannya yang menunjukan detail ageing stok. Dengan satu kali klik, idealnya kita dapat mengganti tampilan laporan yang ingin ditampilkan sesuai kebutuhan.

Pendekatan yang begitu memudahkan ini dapat membuat kita memahami laporan dengan lebih baik dan membawa perspektif yang baru terhadap keseluruhan bisnis kita.

4. Kemudahan untuk Mengidentifikasi Kesalahan

Ketika kita memiliki data dalam jumlah besar yang harus diolah, biasanya suka terjadi kesalahan di beberapa bagian. Dengan adanya proses automasi yang diimplementasikan untuk mengatasi segala kebutuhan bisnismu, tentunya kendala tersebut dapat teratasi dengan mudah.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua software manajemen bisnis dapat memberikanmu keuntungan ini, bahkan seringkali justru memunculkan gap atau ketidaksesuaian pada saat pengajuan pajak atau badan hukum lainnya.

Baca Juga:  Cara Mudah Kirim Paket Dengan Ninja Xpress

Contohnya, dari beberapa item yang ada pada laporan ringkasan stok, beberapa item stok mulai menipis dibandingkan dengan jumlah yang dibutuhkan sehingga butuh untuk segera diisi ulang untuk dapat memenuhi kebutuhan penjualan atau konsumsi berikutnya.

Demikian pula, beberapa item stok memiliki pesanan tertunda yang belum terpenuhi. Fungsionalitas yang memiliki kemampuan menemukan data yang mencurigakan dalam laporan pengecualian dapat meminimalkan terjadinya kesalahan data.

Kemampuan sederhana namun sangat berguna seperti menyoroti masalah-masalah seperti ini, tidak hanya dapat membantu pemilik bisnis untuk memastikan akurasi perhitungan dalam laporan tetapi juga taat pajak.

5. Software Manajemen Bisnis yang Sederhana Dapat Membantumu Mengembangkan Bisnis

Software manajemen bisnis memiliki banyak kegunaan dan tentunya bermanfaat untuk membantu perusahaanmu dalam berbagai cara. Mulai dari membantumu meningkatkan produktivitas hingga meningkatkan efisiensi bisnismu, sehingga sobat dapat yakin telah berinvestasi di tempat yang tepat. Namun, pastikan selalu sobat memilih software manajemen bisnis yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnismu masing-masing.

Masalah yang kompleks membutuhkan solusi yang sederhana, dan itulah sebabnya implementasi software manajemen bisnis yang mudah untuk digunakan dapat membuat proses bisnismu semakin sesuai dengan tujuan organisasi.

Singkatnya, semakin sederhana sebuah software, semakin baik produktivitas yang dihasilkan, yang disebabkan karena tidak perlu lagi mengalokasikan waktu khusus untuk memberikan training kepada siapapun yang akan menggunakan software tersebut.

Baru-baru ini Molzania ketemu salah satu software yang begitu sederhana dan dapat diandalkan untuk membantu saya memahami bagaimana seharusnya sebuah software manajemen bisnis berfungsi yaitu TallyPrime.

Tips Trik Memilih Software Bisnis yang Terpercaya

Software bisnis manajemen yang begitu luar biasa ini hadir dengan banyak fitur-fitur bawaan yang mengagumkan sehingga tidak hanya mempersingkat cara kita mengelola bisnis, tetapi juga tidak memaksa sobat untuk mempelajari hal yang baru untuk bisa menemukan fungsionalitasnya.

920 Views

20 Komentar

  • lendyagasshi

    Berbisnis memang kudu banget menggunakan inovasi dan teknologi terkini. Agar hemat waktu, kerja dan biaya.
    Dengan tingkat ketelitian yang tinggi, jadi memperbaiki kinerja sebuah bisnis juga.

  • Riana Dewie

    Asyik nih mbak tipsnya. Memang sih, tujuan pake software manajemen bisnis kan utk memudahkan pengelolaan & menyimpan data dengan rapi. Tapi kalau justru menyusahkan, mending beralih software lainnya.

Tinggalkan Balasan