SITUS PENYEDIA LOWONGAN KERJA UNTUK DISABILITAS
Disabilitas

Cari Tau Situs Penyedia Lowongan Kerja Khusus untuk Disabilitas

Sekarang sudah cukup banyak situs penyedia lowongan kerja disabilitas. Disabilitas tidak perlu merasa sulit lagi dalam mencari dan melamar pekerjaan.

Peralatan untuk dapat mengaksesnya hanyalah smartphone dan internet. Adapun cara penggunaannya sama saja kayak situs kerja biasa lainnya. 

lowongan kerja disabilitas

Hal yang membedakan calon pelamar yang ditentukan wajib berstatus disabilitas. Untuk itu sebelumnya pastikan kita menyiapkan sejumlah berkas yang dibutuhkan dalam melamar pekerjaan.

Cara Mendaftar Situs Lowongan Kerja Disabilitas

Pertama-tama tentu saja kalian wajib memiliki kuota yang cukup dan internet yang stabil. Tujuannya agar ketika kalian mudah dalam mengisi data dan mengupload berkas lamaran.

Sebelum melamar pekerjaan, kalian wajib mencari tahu syarat dan ketentuan melamar yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Biasanya hal ini akan dicantumkan pada kolom deskripsi pekerjaan. 

kriteria dan syarat melamar lowongan kerja disabilitas

Perusahaan biasanya akan cenderung memilih kriteria pelamar disabilitas jenis apa yang dapat melamar pekerjaan. Tentu saja hal ini tergantung kepada jabatan dan posisi pekerjaan yang tersedia.

Penuhi berkas-berkas lamaran pekerjaan. Situs biasanya akan mewajibkan kalian untuk mengumpulkan berkas lamaran kerja dalam satu bentuk file berformat zip atau rar.

 

Daftar Situs Penyedia Lowongan Kerja Disabilitas

Penasaran? Situs-situs yang membantu disabilitas mencari kerja di bawah ini akan Molzania update seiring dengan perkembangan terbaru. Berikut beberapa daftar situsnya:

1. Kerjabilitas.com 

Ini tuh bisa jadi situs pencarian lowongan kerja untuk disabilitas pertama yang Molzania gunakan. Pertama kali berdiri pada tahun 2014 oleh kak Ruby Emir Fahriza dan mbak Tety Sianipar dari tim Saujana.

Kerjabilitas berusaha untuk menghubungkan perusahaan dengan para disabilitas. Platformnya yang sederhana membuat kita mudah untuk melamar pekerjaan di situs tersebut.


kerjabilitas

2. DNetwork.net

Sesuai namanya Dnetwork menasbihkan diri sebagai jaringan kerja disabilitas. Situs ini sudah berdiri pada tahun 2013. Boleh jadi ini situs lowongan pekerjaan untuk disabilitas pertama di Indonesia.

Untuk dapat memulai pencarian, kita wajib dulu membuat akun. Lalu kita mesti mengisi data dan mengupload berkas lamaran. Barulah kita dapat melakukan pencarian lowongan pada dashboard akun kita.

dnetwork net menyediakan lowongan kerja disabilitas

3. Klob.id

Klob.id merupakan situs pencarian kerja buatan Keluarga Dayalima. Dayalima sendiri sebuah perusahaan yang berfokus pada pendidikan inklusi.

Tidak hanya menjangkau disabilitas, di situs ini juga terdapat lowongan pekerjaan untuk non disabilitas. Asyiknya di situs Klob ini, kita bisa menguji kemampuan diri dulu lewat berbagai tes kepribadian. 

 

klob id

4. Difalink.com

Situs Difalink merupakan situs loker disabilitas yang berasal dari Bali. Sama seperti Kerjabilitas, untuk dapat melamar pekerjaan kita wajib membuat akun terlebih dahulu. 

 

difalink com

5. ThisableRecruitment.com 

Dibuat oleh Thisable Enterprise merupakan start up milik Angkie Yudistia. Ibu dua anak yang juga seorang tuli ini mendirikan perusahaan ini pada tahun 2011. Saat ini Angkie menjadi stafsus Presiden Jokowi.

Dari segi situs, untuk bisa melamar pekerjaan kita tak harus registrasi akun. Pernah sekali Molzania coba melamar. Waktu itu kita harus mengisi form pendaftaran biasa untuk kita submit nanti. Jadi untuk teman-teman disabilitas yang masih tidak terbiasa dengan internet ini akan sangat membantu. 

 

thisable recruitment com

6. Konekin.id

Perusahaan Konekin Indonesia merupakan start up sosial yang berdiri sejak November 2018. Bertujuan untuk menjembatani disabilitas dalam mencari dan memanfaatkan peluang salah satunya tentu saja pekerjaan.

Mereka selama ini aktif sekali membagikan informasi mengenai rekrutmen di sosial media. Baik itu rekrutmen kerja maupun internship dan volunteer yang tersedia bagi disabilitas.

 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Koneksi Indonesia Inklusif (@konekindonesia) on

7. Disabilitas Kerja

Sosial media Disabilitas Kerja didirikan oleh PT. Disabilitas Kerja Indonesia. Sebuah perusahaan yang menyediakan dan mengelola tenaga kerja khusus untuk disabilitas.

Saat ini mereka aktif berbagi info rekrutmen dan pelatihan yang tersedia bagi disabilitas. Info ini dapat kalian akses melalui instagram @disabilitaskerja. 

 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PT Disabilitas Kerja Indonesia (@disabilitaskerja) on

8. FHCI BUMN

Bagi kalian yang kepengen bekerja di perusahaan BUMN di Indonesia, kalian bisa mengunjungi situs FHCI BUMN (https://rekrutbersama.fhcibumn.com). Pengelola situs ini ialah Forum Human Capital Indonesia dan Telkom Sigma.

Biasanya info terkini mengenai lowongan kerja akan diinfokan secara serentak. Jadi tunggu saja informasi terbaru resmi dari pemerintah untuk tahu syarat dan ketentuan pendaftarannya.

 

fhci bumn

 

9. SSCN BKN

Berikutnya situs pendaftaran resmi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Indonesia. Beberapa tahun ini pemerintah sudah membuka lowongan PNS khusus untuk disabilitas.

Ada sejumlah persyaratan yang harus kita penuhi ketika melamar sebagai bagian aparatur negara. Lowongan Situs SSCN BKN juga tersedia bagi non disabilitas. Pastikan kamu memenuhi kriteria calon pelamar kerja CPNS oleh pemerintah ya..   

sscn bkn

Nah itulah beberapa situs tersebut. Sayangnya nggak banyak lowongan pekerjaan bagi disabilitas yang tersedia di daerah. Kebanyakan berada di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta dan kota lain di Pulau Jawa. Kalian tertarik untuk mendaftar? ^^

273 Views

2 Komentar

Tinggalkan Balasan