Tips

3 Faktor Risiko Wanita Rentan Penyakit Jantung

Penyakit jantung bisa dialami siapa saja. Namun, tiga faktor risiko membuat wanita lebih rentan terkena gangguan kesehatan ini.

Penyakit jantung dan serangan jantung bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Namun, wanita disebut-sebut memiliki risiko yang lebih tinggi, khususnya jika dirinya memiliki tiga faktor risiko utama. Faktor tersebut adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi, diabetes, dan kebiasaan merokok.

Penyakit Jantung pada Wanita

Menurut sebuah penelitian dipublikasikan di British Medical Journal, ketiga faktor risiko tersebut terbukti meningkatkan risiko penyakit jantung, baik pada pria maupun pada wanita. Akan tetapi, kata dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, MSc dari KlikDokter,wanita memiliki risiko yang lebih tinggi daripada pria.

Para peneliti mengkaji data lebih dari 500.000 individu yang terdaftar di UK Biobank―data dan informasi yang dikumpulkan dari penduduk dewasa di Inggris. Berdasarkan analisis penelitian, tekanan darah tinggi atau hipertensi terbukti meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 83 persen pada wanita.

Adapun merokok meningkatkan risiko penyakit jantung pada wanita sebesar 55 persen, dan diabetes melitus tipe 2 sebesar 47 persen.

Menanggapi temuan itu, direktur Johns Hopkins Women’s Cardiovascular Health Center, Dr. Pamela Ouyang mengatakan, “Sangat penting menyampaikan metode pencegahan penyakit jantung kepada para wanita.” 

Berbagai cara pencegahan yang dapat diterapkan para wanita, di antaranya:

  • Menerapkan pola makan sehat dan bergizi seimbang
  • Menghindari rokok sama sekali
  • Melakukan aktivitas fisik secara rutin, setidaknya 5 kali seminggu dengan durasi 30-60 menit setiap kalinya.
  • Cukup istirahat
  • Kelola stres dengan baik

Tiga faktor risiko, yaitu tekanan darah tinggi, kebiasaan merokok, dan penyakit diabetes melitus membuat wanita lebih rentan terkena penyakit jantung dan serangan jantung. Namun, ketiga faktor risiko itu juga berlaku pada pria. Jadi, para pria dan wanita tetap wajib waspada. Terapkan pola hidup sehat dan rutin berolahraga untuk menjaga kesehatan jantung tetap baik.

Ciri-Ciri Serangan Jantung

  • Nyeri pada area-area tubuh tertentu seperti dada yang menyebar hingga leher, punggung, lengan, hingga daerah tulang belikat. Rasanya sesak nafas seperti ada yang mencengkeram di bagian dada. Namun, nyeri dada tak selalu dan bukan berarti pasti terkena serangan jantung.
  • Kepala pusing, badan berkeringat, perut mual dan ingin muntah
  • Intensitas denyut nadi meningkat dan muncul perasaan berdebar
  • Tubuh terasa lemas dan tak bertenaga
  • Perut kembung

Pertolongan Pertama pada Serangan Jantung

Bila menemukan seseorang yang mengalami ciri-ciri di atas, usahakan agar tak panik. Istirahatkan pasien dalam keadaan duduk di kursi dan bersandar di dinding agar tak mengalami cidera/jatuh. Longgarkan semua pakaian pasien. Segera panggil ambulans untuk mendapatkan pertolongan pertama.

467 Views

16 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *