cover 864
Teknologi

REVIEW FATSECRET Aplikasi Penghitung Kalori Diet Terbaik

REVIEW FATSECRET APLIKASI PENGHITUNG KALORI UNTUK DIET TERBAIK – Aplikasi terkenal dan sering disebut-sebut oleh health influencer atau health youtuber. Sobat yang masih pemula diet mungkin kebingungan. Apa itu aplikasi Fatsecret dan keunggulannya? Nah Molzania akan mencoba untuk membagikan pengalaman pribadi mencoba aplikasi ini secara lengkap di bawah.

Menurut Molzania pribadi yang telah mencoba menggunakannya, aplikasi smartphone yang satu ini adalah yang terbaik. Fatsecret sendiri memiliki dua jenis fitur utama; premium dan gratis. Bagi sobat yang pemula dan sekadar ingin diet untuk menurunkan berat badan, memiliki fitur gratisan saja sudah cukup lengkap. Akan tetapi fitur premiumnya tentu saja lebih lengkap.

REVIEW FATSECRET Aplikasi Penghitung Kalori Diet Terbaik

 

Pada fitur berbayar, aplikasi akan membantu kita dalam membuat menu harian sesuai dengan jenis diet yang kita inginkan. Harganya sekitar Rp. 109.000 per bulan. Akan tetapi pada artikel ini, Molzania akan membahas review Fatsecret versi yang gratisannya saja. Itupun sudah mampu membuat Molzania turun berat badan 10 kilo lebih.

Kegunaan dan Keunggulan Aplikasi Fatsecret 

Untuk pemula, aplikasi ini tergolong mudah untuk digunakan. Beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi Fatsecret, antara lain sebagai berikut:

1. Menghitung Kalori Makanan dan Makronutrisinya

Walaupun tidak sama persis, tapi kita bisa menghitung asupan makanan harian kita dengan lebih baik. Ini akan sangat membantu untuk sobat yang sedang menjalani diet defisit kalori.

Baca Juga:  Perubahan Data Peserta BPJS Kini Bisa Lewat Online

2. Fitur Sosial Media

Tampilannya serupa dengan Instagram. Di sini kita bisa berinteraksi dengan teman-teman lain sesama pengguna aplikasi FatSecret. Melihat langsung makanan yang mereka makan, statistik diet atau transformasi bentuk badan mereka secara langsung. Ini akan menambah motivasi kita untuk terus diet dan merasa tidak sendirian berjuang demi hidup sehat.

3. Catatan Makanan dan Aktivitas Harian 

Diet yang kita jalani akan mudah terukur lewat aplikasi ini. Kita dapat memasukkan sendiri makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Mulai dari sarapan, makan siang, camilan hingga makan malam. Sehingga kita tahu kapan harus berhenti makan karena kalori target harian kita sudah terpenuhi. Atau malah masih kurang.

fitur dan keunggulan aplikasi diet fatsecret

4. Statistik Diet Harian

Makanan yang tadi kita catat, kemudian akan disimpan dalam database. Hal ini akan membuat kita bisa mengecek dengan mudah rekam jejak makanan yang kita konsumsi. Kita juga dapat memasukkan timbangan berat badan secara harian dan membandingkannya dengan timbangan sebelumnya. Bila ternyata hasilnya tidak sesuai harapan, kita bisa memperbaiki pola makan dan olahraga yang telah dilakukan.

5. Mencatat Resep Sendiri

Fatsecret membantu kita untuk dapat mencatat resep pribadi, lalu menghitung kalori dan makronutrisinya secara langsung. Kita tinggal memasukkan daftar bahan makanan dan langkah-langkah pembuatannya. Fitur ini membantu sekali terutama bagi sobat yang terbiasa makan makanan rumahan. Ohya, kita bisa melihat juga resep masakan pengguna lainnya yang terdata dalam database.

6. Menentukan Target Diet Sendiri 

Pada fitur gratisannya, kita sudah bisa menentukan target kalori atau makronutrisi harian kita sendiri. Statistik akan menunjukkan angka merah bila melebihi target. Kita bisa segera mereview ulang diet yang telah kita jalani dan memperbaikinya.

Baca Juga:  Pengalaman Beli Domain dan Hosting di IDWebhost

7. Fitur Bahasa Indonesia dan Daftar Lengkap Makanan Indonesia

Salah satu hal yang Molzania suka dari aplikasi diet ini, FatSecret sudah terdapat fitur bahasa Indonesia. Di dalamnya juga terdapat banyak sekali daftar makanan Indonesia yang bisa kita pilih. Sebagai orang Indonesia, tentu akan sangat terbantu karena umumnya kita sehari-hari makan masakan rumahan khas Indonesia.  Tidak hanya masakan Indonesia, pilihan makanannya juga mencakup kuliner populer Barat, Eropa, bahkan Jepang dan Korea.

Cara Mudah Menggunakan Fatsecret dan Menghitung Kalori Harian

Menggunakan aplikasi Fatsecret sangatlah mudah. Kita bisa mendownloadnya via Google Playstore atau Appstore. Setelahnya kita bisa langsung membuat akun dengan cara manual, atau langsung menghubungkannya dengan Facebook atau Google. Isi dengan lengkap profil diri kita yang ditanyakan pada aplikasi.

Jangan kuatir akan terdapat peringatan apabila data yang kita masukkan tidak sesuai standar diet sehat. Misalnya bila target timbangan kita terlalu rendah dari berat ideal. Diet yang aman tentu diet yang rasional untuk mencapai berat badan ideal, bukan? Tujuannya tentu demi hidup sehat.

Setelah itu kita bisa langsung menentukan target diet kita. Masukkan makanan yang kita konsumsi pada kolom catatan harian. Ohya, bila ingin mengecek progress nutrisi, makronutrien, dan berat badan, kita bisa mengeceknya pada menu laporan dan berat badan. Untuk melihat dan berinteraksi dengan pengguna lain, kita bisa mencarinya di menu halaman utama. Sebagaimana sosial media, kita bisa mengikuti dan diikuti oleh sesama pengguna loh.

Nah itulah review aplikasi Fatsecret. Mudah-mudahan bermanfaat ya untuk sobat semua.
Sampai bertemu lagi pada artikel berikutnya. ^^

235 Views

Tinggalkan Balasan