tteokbokki korea
Resep

RESEP TTEOKBOKKI KOREA HALAL Pake Pempek. Emang Enak?

Iseng-iseng aja sih Molzania bikin resep tteokbokki ala Korea, halal kok! Untungnya zaman now mendapatkan bahan-bahan untuk buat tteokbokki nggak sulit. Bisa pesen aja lewat online e-commerce.

Tapi bedanya kali ini Molzania buat resepnya untuk tutorial youtube dengan niche kuliner Palembang. Jadi bahan-bahan dan cara pembuatannya disesuaikan. Satu hal yang bikin spesial, resep tteokbokki cheese Molzania ini menggunakan pempek.

RESEP TTEOKBOKKI KOREA HALAL pake pempek enak banget

Terkejut? Sama! Molzania pun awalnya nggak gitu berekspektasi ini tuh bakalan enak. Soalnya kan bahannya beda, takutnya nggak otentik. Molzania menggunakan pempek sebagai pengganti odeng!

Sensasi Tteokbokki Cheese Pake Pempek. Endesss!

Akhirnya nyobalah. Nggak taunya sama kok enaknya. Pempeknya jadi nggak berasa pempek lagi ketika dicampur pake saos pedas koreanya. Melebur jadi satu bareng sama tteoknya. Fyi, pempek dan tteok sama-sama kuliner legendaris. Penasaran kan gimana kalo mereka kolab bareng?

Oh ya, untuk kalian yang belom tahu tteok itu apa. Tteok itu sejenis kue beras alias rice cake yang jadi bahan utama pembuatan tteokbokki. Molzania bikin tteok dari dua bahan saja; yaitu tepung beras dan air panas. Hihi… mudah banget kan?

Aslinya di Korea sih, tteok itu terbuat dari beras beneran yang diblender hingga jadi tepung. Sangat nggak praktis ya, tapi kan itu secara tradisionalnya. Resep tradisional mana ada sih yang praktis hehe.. Rasa tteoknya sendiri itu.. nggak ada rasa. Hambar. Tapi teksturnya kenyal, lembut dan berwarna putih.

cara membuat tteok kue beras homemade

Jadi deh, tteokbokki pempek ala Molzania. Buatnya gampang banget, nggak nyampe sepuluh menit masaknya. Yang bikin pegel paling pas proses pembuatan tteoknya itu. Tapi setelahnya tinggal cemplung-cemplung aja kok di kuali.

Baca Juga:  Resep Ulen-Ulen Palembang

Biar kekinian, Molzania juga tambahin mozarella cheese pada tteokbokkinya. Pas dimakan ada sensasi melted-melted gimana gitu. Pecinta keju kaya’ Molzania tambah sukaa banget pastinya.

Sekilas sih, tteokbokki ini mengingatkan Molzania pada kuliner khas Bandung. Tebak apa? Jawabannya SEBLAK. Kuahnya sama-sama merah, rasanya pedas pedas nikmat. Cocok pula ditambahin isian yang beraneka ragam, kayak crabstick, telur rebus, sosis, keju, dan lain-lain.

Sekarang, siapa nih yang udah ngiler? Intip langsung cara membuat tteokbokki mudah dan praktis. Yuk langsung tengokin aja resepnya di bawahh.. ^^

RESEP TTEOKBOKKI CHEESE KOREA PAKE PEMPEK PALEMBANG

 

Bahan – Bahan :

110 gram Tepung Beras

80 ml Air Panas

3 sdm Gochujang Merk Kikkoman

1 sdm Soy Sauce Merk Kikkoman

1 sdm Cabai Bubuk / Gochugaru

1 sdm Gula Palem (boleh gunakan gula merah/gula pasir)

50 Gram Bawang Bombay dipotong kecil-kecil.

2 gelas Air untuk merebus

Pelengkap :

Pempek Lenjer

Keju Mozarella

Daun Bawang

Telur Rebus

Cara Membuatnya :

  1. Pertama kita buat dulu tteoknya. Campurkan tepung beras dengan air panas sedikit demi sedikit. Aduk hingga membentuk adonan yang kalis. Tunggu hingga dingin.
  2. Bentuk adonan tteok lurus panjang, lalu kita potong-potong seukuran gigitan.
  3. Didihkan air. Rebus tteoknya hingga mengambang. Angkat dan rendam ke dalam air biasa. Setelah dingin tiriskan, lalu sisihkan.
  4. Buat saus pedas koreanya; tambahkan gochujang, gula palem, soy sauce, dan cabai bubuk. Lalu aduk hingga merata.
  5. Air bekas merebus tteok jangan kita buang. Tapi kita buat kuah tteokbokkinya. Sisakan kira-kira satu gelas (250 ml). Didihkan lagi airnya. Masukkan bumbu saus pedas korea. Aduk hingga merata.
  6. Setelah itu, masukkan tteok, daun bawang, dan pelengkap tteokbokki sesuai selera. Masak hingga airnya menyusut.
  7. Masukkan keju mozarella, lalu sajikan.
Baca Juga:  [RESEP] KUE MENTOK : Kue Jadul Palembang yang Nggak Kalah Enak

SELESAI! Resep tteokbokki korea halal Molzania sudah jadi. Cukup untuk dua porsi. Rasanya enakk banget. Enaknya dimakan pas panas-panas. Tidak hanya serasa makan kayak di dramanya, tapi juga biar kejunya masih melted. Endess banget!

Gochujang dan soy saucenya Molzania beli yang merk kikkoman. Udah ada halal MUInya. Biar rasanya lebih otentik. Kalau kalian males beli online, mungkin kalian bisa beli saus hot lava di minimarket terdekat. Soalnya rasanya sama persis menurut Molzania, dan asli lebih pedas. Atau racik saos sambal dan tomat sesuai selera. Bikin tteokbokki tanpa gochujang sendiri. Kalau soy saucenya penggantinya pake kecap asin aja.

Pempeknya gak perlu digoreng ya, cukup direbus aja. Jadi lebih mirip dimsum atau bakso ikan gitu. Cobain sendiri deh kalo nggak percaya. ^^

253 Views

Tinggalkan Balasan