sate
Resep

Resep Sate Ikan Kukus Palembang Enak dan Praktis

RESEP SATE IKAN KUKUS PALEMBANG ENAK DAN PRAKTIS – Ingin tahu kuliner tradisional khas Palembang yang sehat dan bergizi? Maka sate ikan kukus adalah jawabannya. Terbuat dari ikan gabus yang bergizi tinggi. Sate ikan dari palembang memiliki aroma khas daun pisang. Jadi menambah selera makan.

Orang Palembang alias wong kito galo, biasanya menjadikan sate ikan sebagai lauk pauk teman nasi. Atau bisa juga sebagai side dish dari nasi minyak. Kalau doyan pedes, paling enak kalau disantap bersama sambal nanas khas Palembang. Beuh rasanya juara.

Sate ikan khas Palembang berbeda dengan sate pada umumnya. Biarpun bernama sate, tapi penyajiannya tidak pakai tusuk seperti halnya sate madura. Sate ikan dibungkus dengan menggunakan daging. Sekilas isiannya mirip kayak pempek. Tapi kadar sagu yang digunakan sedikit. Bahannya tetap 80% merupakan ikan gabus giling.

resep sate ikan kukus palembang enak dan praktis

Tekstur satenya lembut, agak mirip rasa otak-otak. Namun ditambah isian mentimun yang membuat rasanya beda dengan otak-otak. Ada lagi tambahan santan, biar lebih gurih. Jika tak suka santan, boleh di-skip saja. Tapi tentu rasanya akan berbeda dengan yang memakai tambahan santan.

Oh ya, untuk yang mager buat sate ikan pake daun pisang, bisa juga dibuatnya pakai cetakan wadah stainless atau wadah tahan panas lainnya. Lebih praktis. Saat sudah matang, bisa langsung dipotong-potong. Akan tetapi aroma daun pisangnya akan hilang, ya.

Kandungan Gizi dalam Kuliner Sate Ikan

Mungkin ada yang membandingkan kuliner ini mirip pepes. Alasannya karena sama-sama dibungkus dari daun pisang. Bisa jadi. Satu hal yang pasti sate ikan selain bergizi tinggi, juga rendah kandungan lemak.

Baca Juga:  Intip Resep Kue Pare Khas Banjarmasin, Si Hijau yang Legit Mirip Sayur Pare

kandungan gizi dalam kuliner sate ikan

Mungkin sate ikan bisa jadi alternatif penganan berbahan dasar ikan yang sehat. Berdasarkan kadar gizinya, baik pula dikonsumsi oleh anak-anak. Oh ya, kuliner sate ikan juga populer di Bangka.

Nggak heran sih, dulunya kan Palembang dan Bangka memang satu provinsi. Jadi secara etimologis, kulinernya juga pasti mirip-mirip. So, penasaran dengan resep Sate Ikan khas Palembang? Simakin resepnya di bawah ya.. ^^

RESEP SATE IKAN KUKUS PALEMBANG ENAK DAN BERGIZI TINGGI

Bahan – Bahan:

500 gram Ikan Gabus Giling

100 gram Santan Kental

2 buah Mentimun

5 siung Bawang Merah

1 sdm Sagu

1/2 sdt Kaldu Jamur

1/2 sdt Gula Pasir

1 sdt Garam

Pelengkap :

Daun Pisang

Tusuk Gigi

Bahan-bahan untuk membuat sate ikan khas wong kito

 

Cara Membuatnya :

  1. Potong mentimun dari bagian atas. Pisahkan kulit dan bagian tengahnya yang mengandung biji. Lalu potong daging mentimunnya berbentuk lidi. Sisihkan.
  2. Berikutnya campur daging ikan giling dengan mentimun. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Tambahkan bawang merah yang sudah dipotong tipis-tipis. Aduk lagi hingga merata.
  4. Masukkan sagu, garam, kaldu jamur dan gula ke dalam adonan ikan gabus. Aduk lagi hingga tercampur rata.
  5. Tuang santan kental, lalu aduk-aduk hingga tercampur merata.
  6. Selanjutnya kita akan membungkus adonan dengan daun pisang. Tumpuk dua daun pisang; satu berukuran besar, satu berukuran kecil sebagai alas. Lalu tuang adonan sate ikan di tengahnya.
  7. Lipat daun pisang (lihat video), lalu rekatkan dengan tusuk gigi.
  8. Kukus sate ikan di dalam dandang panas selama 30 menit.
  9. Sajikan selagi hangat.

Nah, itu dia resep sate ikan kukus bungkus daun khas Palembang. Semoga bermanfaat. Oh ya, Molzania udah sering banget nulis resep kuliner Palembang. Selain sate ikan, ada lagi kue mentu jajanan gurih wong kito, yang sama-sama dibungkus daun pisang. Selamat menikmati ya, Sobat! ^^

171 Views

3 Komentar

Tinggalkan Balasan