cover olahhan ubi selo
Resep

RESEP MANAN SAHMIN, Kue Bolu Ubi Khas Palembang

RESEP MANAN SAHMIN, KUE BOLU UBI KHAS PALEMBANG – Satu lagi kuliner Palembang yang mungkin jarang terdengar. Namanya kue Manan Sahmin. Kue ini terbuat dari ubi selo alias ubi jalar dalam Bahasa Palembang. Jujur Molzania pun baru mengetahui kue ini beberapa bulan lalu. Saat sedang meresearch konten untuk Youtube, ketemulah kue ini.

Ternyata kue manan sahmin ini sudah ada sejak era kesultanan Palembang. Sebagaimana kebiasaan wong kito galo, kue-kue tradisional semacam ini biasanya mulai banyak dijajakan saat bulan puasa. Entah kenapa saat berbuka, wong kito rata-rata memilih menyantap camilan daripada makanan berat. Meski kurang populer, rasa kue manan sahmin enak. Cocok jadi teman minum teh atau kopi. Gak kalah dari kue-kue khas Palembang lainnya.

RESEP MANAN SAHMIN KHAS PALEMBANG

Pertama kali menyantap kue ini, Molzania langsung terbayang cita rasa kue bolu kojo. Teksturnya lembut dengan  rasa yang legit manis karena ada campuran susu dan ubi jalar. Sebagai milenial, Molzania termasuk suka sama kue olahan ubi jalar ini. Buat sobat yang mungkin sedang kebingungan ubi jalar mau dibuat apa? Nah resep ini bisa jadi ide kreasi camilan yang enak.

Tidak hanya kaya rasa, kue yang satu ini juga kaya aroma. Ciri khasnya terletak pada aroma daun pandan yang memikat. Soalnya ada campuran air perasan daun pandan di dalamnya. Untuk sobat yang sulit mendapatkan daun pandan, bisa diganti dengan perisa vanila seperti pada resep di bawah ini. Sebagai hiasan, di atas camilan yang merupakan kuliner asli Palembang ini diberi taburan kismis.

Ada satu cara enak menikmati kue khas wong kito, yaitu dimasukkan dalam freezer. Makannya selagi dingin, mirip kayak es krim. Molzania suka nih makan kue kojo atau kue manan sahmin dalam keadaan dingin. Rasanya lebih nikmat. Cobain aja sendiri kalau nggak percaya. He he he. Tips memilih ubi yang baik untuk resep ini ialah yang teksturnya masih kencang dan kulitnya tidak kering. 

Baca Juga:  Resep Engkak Kicut, Kuliner Jadul Khas Palembang

Untuk yang bertanya-tanya, apakah cara membuatnya terbilang sulit? Jawabannya nggak sama sekali. Cara membuat manan sahmin terbilang mudah dan praktis. Dibuat dengan cara dipanggang di atas loyang. Penasaran dengan cara membuatnya, kali ini Molzania membuat versi mininya. Yuk intip resepnya di bawah:

Resep Manan Sahmin, Olahan Ubi Jalar Khas Palembang

Bahan-Bahan :

500 gram Ubi Jalar atau ubi rambat yang telah dikukus dan dihaluskan

75 gram Gula Pasir

75 gram Margarin Cair

200 ml Air

75 gram Tepung Terigu

75 ml Santan Instan

2 sdm Susu Bubuk

2 butir Telur Ayam

1/2 sdt Garam

2 sachet Kental Manis

Vanili secukupnya

Kismis secukupnya untuk hiasan

Bahan-bahan pembuatan kue manan sahmin

Cara Membuatnya :

  1. Campurkan air dan kental manis, tambahkan susu bubuk, garam, vanili dan santan. Lalu aduk hingga tercampur merata.
  2. Kocok telur dan gula hingga larut, tuang larutan kental manis tadi ke dalamnya. Masukkan tepung terigu, aduk lagi. Tambah mentega cair, aduk hingga merata.
  3. Berikutnya masukkan ubi, aduk atau mixer hingga mendapatkan tekstur adonan yang halus (lihat video ya).
  4. Setelahnya kita panggang adonan ke dalam cetakan bulat-bulat. Olesi dulu loyangnya dengan minyak. Berikutnya tuang adonan, masak hingga setengah matang.
  5. Setelah setengah matang, taburi kismis di atasnya. Masak lagi hingga matang kira-kira 20 menit.
  6. Selesai! Keluarkan dari loyang. Kue pun siap untuk disajikan.

Nah, selesai gimana nih resep kue Manan Sahmin khas Palembang di atas? Mudah, bukan? Mudah-mudahan bermanfaat ya untuk sobat semua. Boleh banget loh jadi ide untuk jualan kue tradisional. Siapa tau jadi jalan untuk menjadi pengusaha kuliner khas wong kito. Membuatnya mudah, rasanya enak. ^_^

393 Views

13 Komentar

  • Andrie K.

    Wahhh terima kasih nih udah disuguhin bahan-bahan dan cara membuat resep sahmin ini.. Jadi penasaran banget dan pengen bikin sama ibu, otw meluncur ke yutubnya nih hhi

  • lendyagassi

    Namanya Sahmin, kue yang asik dan sedap dinikmati saat bersama keluarga.
    aku jadi rindu kesibukan Ibu kalau sedang menyiapkan cemilan sore hari. Pasti yang dibeli salah satunya kue mirip sahmin ini, kue lumpur ((kalau di Jawa))

  • Andayani Rhani

    melihat tampilan manan sahmin ini saya jadi teringat makanan kue lumpur yang sering dijual di kopsis sekolah.bahannya juga ternyata hampir mirip. terima kasih ya mba telah berbagi resepnyaa!

  • Raja Lubis

    Kayaknya memang kalau pas buka puasa, sebagian besar orang lebih senang mendahulukan camilan daripada makanan berat. Kalau wong kit punya manan sahmin, kalau di sini kebanyakan gorengan jadi sajian utama pembuka puasa.

    By the way, melihat bahan utamanya ubi jalar, serta bahan pelengkap lainnya yang mudah ditemukan, nampaknya resep manan sahmin ini bisa dicoba sendiri.

Tinggalkan Balasan