gambar kue pare enak
Resep

Intip Resep Kue Pare Khas Banjarmasin, Si Hijau yang Legit Mirip Sayur Pare

Kue Pepare namanya kalau disebut di Banjarmasin. Terbuat dari tepung ketan yang diisi kelapa. Kue pare, cara membuatnya mudah dan simpel. Rasanya manis dan bentuknya unik. Mirip sayur pare, tapi tidak pahit. Warnanya hijau terang, terdapat garis-garis di tengahnya. Manisnya perpaduan antara kelapa dan gula merah asli. Kue ini juga populer di Kota Palembang.

Pada dasarnya pembuatan kue pare terdiri atas dua bagian. Pertama dibuat dulu kulitnya dari tepung ketan. Kemudian diisi dengan isiannya. Terakhir kue ini baru dikukus. Karena terbuat dari tepung ketan, kulit kue pare bertekstur kenyal. Kulitnya sendiri terasa hambar. Ketika digigit, ketemu isiannya baru terasa manis. Kue ini tergolong kue tradisional alias kue basah khas Indonesia.

resep kue pare khas banjarmasin yang mudah dan enak

Khas Banjar, kue pepare biasa dimakannya menggunakan kuah atau vla santan. Tapi di Kota Palembang sendiri, wong Palembang biasa menghiasinya dengan glondo. Glondo terbuat dari santan yang dimasak hingga terpisah minyaknya.

Penasaran dengan resep kue pare yang lembut dan kenyal? Satu resep bisa menjadi 10 buah kue pare. Yuk simakin di bawah..

RESEP Kue Pare Isi Kelapa Khas Banjarmasin  

Bahan-Bahan :

200 gram Tepung Ketan

100 gram Kentang Rebus Halus

50 ml Air Daun Suji dari 15 daun suji yang diblender

Pewarna Hijau (Opsional)

1 sdt Air Kapur Sirih

Garam Secukupnya

Daun Pisang yang dipotong kecil untuk alas kue pare

Glondo untuk menghias

Isian :

50 gram Kelapa Parut

50 gram Gula Merah

Cara membuatnya :

  1. Buat isian: masak kelapa parut di atas teflon bersama gula merah. Aduk-aduk hingga tercampur rata. Sisihkan.
  2. Kue pare : panaskan santan kental bersama daun suji. Tidak usah sampai mendidih.
  3. Masukkan larutan santan tadi ke dalam tepung ketan. Tuangnya separuh dulu sambil diaduk. Tambahkan garam lalu aduk lagi. Setelah itu tuang lagi sisa santan. Aduk hingga membentuk adonan yang bisa dipulung.
  4. Berikutnya tambahkan air kapur sirih, jika airnya kurang tambahkan lagi airnya sedikit saja. Jumlahnya menyesuaikan keadaan adonan saja hingga bisa dibentuk.
  5. Masukkan kentang halus, aduk lagi hingga tercampur rata.
  6. Tambahkan pewarna hijau sedikit hingga adonan berwarna hijau terang. Aduk hingga adonannya kalis dan siap kita bentuk.
  7. Membentuk kue pare dengan cara ambil sedikit adonan lalu pipihkan. Isi dengan isiannya kemudian rapatkan. Bentuk lonjong hingga menyerupai pare.
  8. Garis-garis bagian atas kue pare dengan menggunakan garpu. Beri alas daun pisang. Sisihkan.
  9. Kukus kue pare selama kira-kira lima menit. Lalu sajikan. Hiasi dengan glondo di atasnya. Nikmati selagi hangat.
Baca Juga:  Cara Membuat Model Ikan Asli Palembang yang Praktis. Dijamin Lezat!

Nah, bagaimana nih resep kue pare di atas? Mudah-mudahan sobat semua menyukainya. Bila ada request resep lagi tentang kue-kue tradisional Indonesia, tulis di kolom komentar ya. Nanti Insya Allah akan Molzania buatkan request-an kalian. ^^

119 Views

Tinggalkan Balasan