kue mentu
Resep

RESEP KUE MENTU, Jajanan Pasar Legendaris Palembang

RESEP KUE MENTU JAJANAN PASAR LEGENDARIS KHAS PALEMBANG – Namanya kue mentu. Mungkin kue ini kurang populer, bahkan di kalangan masyarakat Palembang sendiri. Jajanan pasar yang mulai langka. Bahkan di Google pun tidak banyak yang membicarakannya. How sad! Mungkin Molzanialah yang pertama memasukkannya ke Google.

Meski tidak sepopuler pempek, namun bagi Molzania yang besar dan dilahirkan sebagai wong kito galo, dari kecil sudah mengenal kue ini. Bahkan sangat menyukainya. Biasanya disajikan saat acara keluarga. Kue mentu bentuknya mirip seperti kue talam. Hanya saja dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Memang sekilas bentuknya kurang menarik. Tapi rasanya juara.

RESEP KUE MENTU JAJANAN PASAR KHAS PALEMBANG

Kue Mentu khas Palembang biasanya mulai dijual saat bulan Ramadan tiba. Kita bisa membelinya di pinggir jalan atau warung yang menjual kuliner khas Palembang. Kue mentu rasanya asin. Terbuat dari tepung beras dan santan, di dalamnya berisi abon ikan gabus. Bagi sobat yang suka dengan takjil asin seperti Molzania, maka akan sangat menggemari jajanan pasar yang satu ini.

Palembang punya banyak jajanan pasar yang belum banyak dibicarakan. Padahal bagi masyarakat asli Palembang, kulinernya begiru populer, Sebut saja ketan kepit, telok ukan, dadar jiwo, kue gandus, engkak medok dan lain sebagainya. Ragam kuliner Palembang biasanya menggunakan santan, makanya rasanya lebih ke gurih dan asin, ketimbang manis. Bagi sobat yang kebetulan singgah ke kota pempek ini, tidak ada salahnya mencoba.

penampakan luar kue mentu

Mungkin sobat semua lebih familiar dengan pempek, tekwan dan sebagainya. Iya itu memang kuliner wong kito yang sudah mahsyur kemana-mana. Nah saatnya mencoba kuliner unik Palembang lainnya. Penasaran dengan cara membuat kue mentu isi ikan gabus khas Palembang? Simakin resepnya di bawah ya.. Semoga kalian menyukainya. ^^

RESEP KUE MENTU ISI IKAN GABUS KHAS PALEMBANG

Bahan-Bahan :

150 gram Tepung Beras

Baca Juga:  Pempek Kulit Isi Bayam Merah

750 ml Santan Sedang

1 sdt Sagu

1/2 sdt Garam

3 lembar Daun Salam

Bahan Isian :

100 gram Ikan Gabus Kukus

7 siung Bawang Merah

2 siung Bawang Putih

1 sdm Santan Kental

1 sdm Minyak Goreng

1 sdt Gula Pasir

1/4 sdt Jahe Bubuk

1/4 sdt Biji Pala Bubuk

1/4 sdt Jinten Bubuk

1/4 sdt Ketumbar Bubuk

1/4 sdt Kaldu Jamur

1/4 sdt Garam

Pelengkap:

Daun Pisang untuk alas dan membungkus

Tusuk Gigi secukupnya

bahan untuk membuat kue mentu palembang

Cara Membuatnya:

  1. Pertama kita akan membuat isiannya dulu. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan ikan gabus, aduk rata. Tuang santan kental dan bumbu-bumbunya (jahe bubuk, ketumbar bubuk, biji pala bubuk, jinten bubuk, garam, gula, dan kaldu jamur). Aduk hingga tercampur rata. Sisihkan.
  2. Tepung beras, daun salam, garam, sagu, kita campur dengan santan. Aduk hingga larut. Masak dengan api kecil. Biarkan mengental seperti bubur kental, sambil terus diaduk. Sisihkan. Tunggu hingga adonan agak mendingin sebelum diolah.
  3. Potong daun pisang menjadi dua bagian; satu untuk bungkusan yang lebar, satu lagi potong kecil untuk alasnya. Tumpuk keduanya menjadi satu bagian.
  4. Taruh adonan kue mentu di tengah-tengah alas daun pisang. Tuangkan isiannya, Lalu tumpuk lagi dengan adonan kue mentu. Lipat daun pisang, sisihkan. Lakukan terus hingga adonannya habis. Tusuk dengan tusuk gigi di tengahnya. Lakukan terus hingga habis.
  5. Kukus kue mentu selama lima belas menit.
  6. Sajikan hangat.

Nah sekian resep kue mentu khas Palembang. Jajanan yang enak dan juga praktis. Selamat mencoba ya semuanya. Jangan lupa bagikan ke sosial media, jika sobat menyukainya. ^^

 

452 Views

Tinggalkan Balasan