cover klepon
Resep

Resep Klepon Lembut Kenyal Cocok untuk Dijual

RESEP KLEPON LEMBUT KENYAL COCOK UNTUK DIJUAL – Siapa yang tak kenal dengan klepon? Si ijo kecil-kecil ini termasuk camilan manis yang populer di Indonesia. Tak terkecuali di Kota Palembang. Kue tradisional klepon terbuat dari tepung ketan, klepon memiliki tekstur yang lembut dan kenyal.

Di Kota Palembang, dapat mudah dijumpai klepon. Pertanda kue klepon populer di sini. Cari saja warung sarapan pagi ala wong kito. Biasanya mereka menjual aneka macam kue tradisional, Atau bisa di beli di bibi kue yang suka keliling dari rumah ke rumah. Salah satunya yang dijual oleh mereka, ya biasanya klepon ini. Molzania sendiri lumayan suka sama klepon. Soalnya makanan yang lumayan ringan di mulut.

Camilan Unik yang Pecah dan Lumer di Mulut

Hal yang membuat klepon berbeda dari kue yang lain ialah biasanya berisi gula merah. Molzania merekomendasikan menikmati kue ini dalam keadaan masih hangat. Masih baru saja dibuat. Soalnya gula merahnya masih cair. Saat masuk mulut, ada sensasi meledak dan pecah saat memakannya. Nah, cara membuat klepon gula merah tentu sangatlah mudah.

Resep Klepon Lembut Kenyal Cocok untuk Dijual

Saat memakannya, camilan ini dibalur ke dalam kelapa parut. Lumayan banyak resep kue tradisional khas Indonesia yang dibalur di kelapa parut. Mungkin tujuannya biar tak lengket di tangan. Harga seporsi klepon di Kota Palembang hanya tiga ribu rupiah. Isinya ada lima butir klepon. Nantinya akan ditaruh di dalam wadah daun pisang kecil.

Di bawah ini Molzania akan share resep klepon lembut kenyal dan praktis dibuatnya. Sebuah resep klepon untuk dijual yang mungkin bisa dijadikan bisnis rumahan. Resep juga dapat ditonton di Youtube Channel Molzania. Ada pula resep-resep kue tradisional lainnya yang bisa ditemukan. Kebanyakan emang resep kue khas Palembang, sih. Tapi banyak juga yang udah populer di Indonesia. Jangan lupa like, share dan subscribe juga yaa.

Baca Juga:  Resep Telok Ukan, Kuliner Wong Kito Sambut Kemerdekaan

RESEP KLEPON LEMBUT KENYAL YANG PRAKTIS UNTUK JUALAN

Bahan-bahan:

250 gram Tepung Ketan

50 gram Tepung Beras

1 sdm Tepung Sagu

1 sdt Air Kapur Sirih

50 ml Air Daun Suji

300 ml Santan Encer Hangat

Gula Merah secukupnya

Kelapa Parut Kukus yang sudah diberi garam sedikit

Cara Membuatnya:

  1. Pertama-tama, campurkan tepung ketan, tepung beras, sagu, dan garam. Aduk-aduk hingga merata.
  2. Tuang air kapur sirih, aduk hingga merata.
  3. Tambahkan air daun suji, aduk hingga merata.
  4. Tuang santan sedikit demi sedikit, uleni adonan hingga membentuk adonan yang bisa dipulung. Kadar santannya disesuaikan dengan adonan kleponnya, ya.
  5. Jika adonan dirasa kurang hijau, bisa tambahkan sedikit pewarna hijau. Uleni lagi adonan sebentar hingga warna hijaunya merata.
  6. Didihkan air. Setelah itu, ambil secuil adonan klepon. Bentuk adonannya seperti mangkuk yang bolong di tengah, lalu isi dengan gula merah sedikit. Bulatkan adonan membentuk bulatan kecil.
  7. Rebus klepon satu persatu hingga mengapung,
  8. Setelah mengapung, tiriskan klepon. Lalu taruh saat masih panas di dalam wadah berisi kelapa parut. Aduk-aduk hingga kelapa parut menempel rata pada klepon.
  9. Klepon pun siap untuk disajikan.

Bagaimana mudah bukan cara membuat klepon gula merah? Nikmati saja dengan mencoba resep klepon lembut kenyal yang rasanya enak versi Molzania ini. Gampang banget cara bikinnya. Jangan lupa share resepnya ke sosial media, biar makin banyak yang tahu dan tertarik icip-icip. Mudah-mudahan bermanfaat untuk sobat semua.
Selamat mencoba yaa.. ^^

86 Views

7 Komentar

  • Ajeng Pujianti Lestari

    Belum pernah bikin klepon sendiri eui. So far masih lebih milih beli karena khawatir gagal, hahaha.

    Kue-kue tradisional itu tricky buatnya. Salut ih mbak bisa sukses kleponnya!

  • Hidayah Sulistyowati

    Oh ternyata ada tiga macam bahan tepung, aku cuma tepung ketan dan tepung beras. Dan nggak pakai air kapur sirih juga. PAntas sih waktu udah jadi dimakan tuh nggak bisa meletus gitu isinya. Jadi baru sekali bikin udah malas nyoba lagi. Mau deh nyontek resep mba Molly, semoga sukses bikinnya.

Tinggalkan Balasan