Resep

Resep Kimchi Sawi Putih Halal Tanpa Fermentasi

RESEP KIMCHI SAWI PUTIH HALAL TANPA FERMENTASI – Emang tahu bulat aja yang bisa dimakan dadakan? Ternyata kimchi juga bisa. Selama ini kan kita mengenal kimchi sebagai makanan Korea yang harus menjalani masa fermentasi. Lamanya minimal dua hari. Tapi ternyata ada loh jenis kimchi yang dapat langsung kita makan.

Sebagai muslim, kadang merasa was-was bila ingin makan makanan yang difermentasi. Soalnya makanan tersebut biasanya mengandung alkohol. Sementara alkohol dilarang untuk dikonsumsi dalam Islam. Namun disisi lain, sebagai penggemar Korea rasanya tidak afdhol kalau tidak pernah memakan kimchi. Soalnya kimchi itu bisa dibilang menu utama dan andalan bagi masyarakat negeri ginseng.

resep kimchi halal tanpa fermentasi dapat dimakan dadakan

Kimchi boleh dibilang makanan yang sehat. Bahkan pada tahun 2008, kimchi masuk ke dalam daftar lima makanan sehat oleh majalah Health di Amerika Serikat. Biasanya kimchi terbuat dari aneka macam sayur-sayuran dan buah-buahan. Korea Selatan memiliki ratusan jenis kimchi. Salah satu kimchi yang populer di negara Kpop tersebut ya kimchi yang terbuat dari sawi.

Orang Korea memakan kimchi sebagai lauk pendamping nasi yang dalam bahasa Koreanya disebut ban-chan. Rasa kimchi yang manis-manis, asam dirasa cocok untuk lauk. Atau mereka menambahkannya ke dalam masakan sebagai salah satu bahan yang wajib. Misalnya kimchi jjigae.

Manfaat kimchi sangat banyak. Diantaranya mampu melangsingkan badan. Soalnya kalori yang terdapat dalam kimchi sangat rendah. Hanya 22 kalori per 100 gram. Seratnya sendiri mencapai 1,3 gram. Lumayan tinggi untuk kategori sayur-sayuran. Kimchi juga rendah gula yaitu hanya 1,34 gram per 100 gramnya.

Molzania sendiri sering memakan kimchi saat berkunjung ke restoran Korea halal MUI. Kenapa harus Halal MUI? karena Molzania masih merasa was-was bila makan di restoran asing yang belum menyediakan sertifikasi halal. Pernah masuk ke restoran Korea yang tanpa logo halal, tapi kemudian pas pulangnya merasa bersalah. ._.

Kimchi Geotjeori : Alternatif Cara Membuat Kimchi Rumahan yang Fresh Tanpa Fermentasi

Nama lengkapnya Baechu Geotjeori Kimchi (배추겉절이 김치). Baechu (배추) artinya sawi atau kubis dalam Bahasa Korea. Sedangkan geotjeori (겉절이) berarti dibuat dadakan alias fresh. Jadi tidak salah kan kalau Molzania menyamakan kimchi geotjeori seperti tahu bulat digoreng dadakan? Hahaha.

Baca Juga:  Sepenggal Kisah Tentang Ulen-Ulen

 kimchi sawi putih halal tanpa fermentasi

Sejarah kimchi pada mulanya didasarkan pada pengalaman orang-orang Korea itu sendiri. Orang-orang Korea pada zaman dahulu sangat sulit untuk mendapat makanan bergizi. Terutama saat akan memasuki musim dingin. Mereka terbiasa menyimpan dan mengeringkan bahan makanan untuk persiapan musim dingin. Tetapi sayur dan buah-buahan tidak bisa serta merta dikeringkan dan disimpan, tanpa menghilangkan kadar nutrisinya. (sumber: encykorea).

Untuk itu, rakyat Korea lalu menemukan metode penyimpanan dengan cara difermentasi menggunakan garam dan bahan lainnya. Itulah asal mula kimchi. Kata kimchi sendiri dalam bahasa Korea berasal dari kata Ji yang berarti direndam dalam air.  Oleh karena difermentasi, biasanya mengandung alkohol. Makin lama disimpan, makin tinggi kadar alkoholnya.

Bagi sobat yang beragama muslim, ini akan menjadi polemik tersendiri saat mengonsumsinya. Tapi ternyata Korea Selatan juga memiliki cara membuat kimchi yang tidak perlu difermentasi. Ya, kimchi geotjeori ini alias fresh kimchi. Jadi Molzania sebagai muslim akan lebih merasa nyaman saat memakannya. Jadi alhamdulillah, penggemar korea kaya Molzania bisa pula menikmati sajian khas Korea yang satu ini.

Resep Kimchi Halal Tanpa Fermentasi 

Bahan – Bahan :

600 gram Sawi Putih

2 buah Wortel, iris korek api

5 siung Bawang Putih

1/4 siung Bawang Bombay

1 ruas Jahe

1 gelas Air

2 sdt Gula Pasir

1 sdm Tepung Beras

2 sdm Garam

1 batang Daun Bawang

5 sdm Soy Sauce / Kecap Ikan

6 sdm Cabai Bubuk

50 gram Cabai Merah Halus

Cara Membuatnya: 

  1. Rendam Sawi dalam air garam selama 6 jam. Cuci hingga bersih. Sisihkan.
  2. Masak air dan tepung beras hingga mengental. Pindahkan adonannya ke wadah.

  3. Campurkan wortel, aduk hingga rata.

  4. Masukkan bumbu-bumbunya; garam, gula, cabai bubuk, soy sauce, dan cabai merah halus. Aduk hingga rata.

  5. Tambahkan daun bawang, irisan jahe, bawang bombay dan bawang putih. Aduk hingga merata.

  6. Balurkan bumbu ke sawi putih hingga merata. Sesudahnya simpan di kulkas selama 4 jam.

  7. Kimchi pun siap untuk dinikmati.

Baca Juga:  RESEP KUE MENTU, Jajanan Pasar Legendaris Palembang

Nah bagaimana nih resep kimchi halal tanpa fermentasi ini. Semoga bermanfaat untuk sobat semua. Selamat mencoba dan menikmati ya. ^^

336 Views

Tinggalkan Balasan