RESEP KERIPIK MUMBAI / UMBAI JADUL KHAS PALEMBANG

RESEP KERIPIK MUMBAI / UMBAI PALEMBANG – Palembang punya banyak kuliner jadul yang khas. Khususnya di dunia camilan. Entah kenapa, mungkin karena wong kito galo jaman dulu suka ngemil. Hi hi hi.. Mulai dari kue, gorengan, kerupuk hingga keripik. Nah keripik mumbai, keripik tradisional khas kota pempek.

Sayangnya keripik ini tidak terlalu populer di kota ini. Buktinya sudah makin jarang terlihat. Malah pas Molzania cari di Google. Keripik ini lebih terkenal di Malaysia. Sedih banget deh.  Gak percaya? Ketik aja keyword keripik mumbai Malaysia. Pada prinsipnya budaya kita memang sudah dekat. Sama-sama rumpun melayu. Makanya banyak kuliner kita yang mirip-mirip. Serupa, tapi tentu tidak sama. Masing-masing daerah punya ciri khas tersendiri.

keripik mumbai / umbai palembang
Keripik mumbai / umbai palembang yang gurih dan renyah.

Nah resep keripik mumbai yang Molzania buat ini khas Palembang. Nama lainnya ialah keripik umbai. Kata umbai sendiri artinya Molzania kurang tahu. Tapi ada kata dalam Bahasa Komering “ombai” yang artinya nenek. Mungkinkah keripik umbai ini berarti keripik nenek? Psstt.. ini cocoklogi Molzania semata, ya. Kalo emang beneran iya, nggak salah juga sih. Soalnya Molzania tahu kuliner ini memang dari resep nenek. *Molzania kebanyakan cocoklogi nih ha ha ha..

Keripik khas Palembang ini terbuat dari tepung terigu dan santan. Rasanya asin gurih. Teksturnya renyah, kriuk-kriuk nikmat. Ngemil ini cocoknya sambil nonton film. Gak berasa, tau-tau udah habis aja. Cara membuatnya ternyata mudah banget. Tapi disukai seluruh keluarga. Molzania udah buat video Youtubenya di bawah. Kalian mesti coba buat sendiri, biar beneran tau rasanya.

Dikarenakan ini resep keripik jadul. Jadi bentuknya biasa aja. Nggak dibikin yang macem-macem. Saran Molzania biar lebih cakep, bisalah ya dipakein cetakan. Terus dijual deh, biar bisa lebih kekinian. Penasaran dengan resepnya? Lihat dan simakin ya di bawah…

RESEP KERIPIK MUMBAI / UMBAI KERIPIK JADUL PALEMBANG

 

Baca Juga:  9 Daftar Restoran Halal Berlogo KMF di Korea Selatan

Bahan – Bahan :

250 gram Tepung Terigu

100 ml Santan Kental

30 gram Margarin

2 butir Kuning Telur

Garam secukupnya

Gula secukupnya

1/4 sdt Kaldu Jamur atau secukupnya

Minyak goreng untuk menggoreng secukupnya

Cara membuatnya :

  1. Campur tepung terigu dengan telur. Aduk hingga merata.
  2. Tambahkan garam, gula, dan kaldu jamur. Lalu aduk lagi.
  3. Tuang santan kental, uleni hingga tercampur. Bisa gunakan tangan, instead using spatula
  4. Masukkan mentega. Uleni adonan hingga kalis.
  5. Bagi adonan menjadi tiga. Bentuk lonjong seperti pempek lenjer.
  6. Potong-potong adonan keripik menjadi kecil-kecil. Seukuran gigitan.
  7. Panaskan minyak. Goreng keripik satu persatu hingga kuning keemasan.
  8. Setelah garing, angkat keripik lalu tiriskan. Siap untuk disajikan.

Nah itulah tadi cara membuat keripik mumbai atau keripik umbai Palembang. Semoga bermanfaat untuk sobat semua. Jangan lupa untuk like dan share postingan ini di sosial media. Biar kuliner wong kito ini bisa terus lestari.

Tulis di kolom komen jika punya pertanyaan. Mari kita senantiasa melestarikan kuliner daerah. Supaya generasi mendatang juga mengenal makanan tradisional asli Indonesia. Pstt.. mohon bantuan subscribe channel Molzania juga, ya. Sampai jumpa di resep berikutnya.

1.702 Views

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

9 Komentar

  1. wahh ternyata yang klayak gini namanya keripik umbai yaa, kalo saya nyebutnya biji-biji, hehehe

    sering buat juga di rumah soalnya suamiku suka. Ini camilan pas banget dimakan sambil nonton, gak terasa bisa habis setoples