RESEP GANGAN IKAN GABUS KHAS PALEMBANG
Resep

[RESEP] Gangan Ikan Gabus Mudah dan Enak Khas Palembang

RESEP GANGAN IKAN GABUS KHAS PALEMBANG – Tahu nggak sih kalau Palembang punya kuliner legendaris yang sehat dan bergizi? Nah, Molzania mau mengenalkan kalian pada kuliner gangan ikan gabus.

Ikan gabus bahasa Palembangnya ialah iwak delek. Terkenal banget di sini soalnya suka dibuat jadi pempek. Ikan gabus kaya akan protein dan rendah lemak. Jadi sangat baik dikonsumsi sesering mungkin.

Kuliner ini mirip dengan yang ada di Bangka Belitung. Namanya juga berdekatan kan Palembang dan Bangka Belitung? Malah dulu pernah satu provinsi Sumatera Selatan. Makanya gak heran kalau kulinernya juga mirip-mirip.

SOP GANGAN IKAN GABUS KUAH KUNING

Kuliner gangan bisa menggunakan ikan apa saja. Nggak mesti ikan gabus sih. Kalian bisa ganti dengan ikan patin, ikan mujair, ikan gurame, dan lain-lain. Sama-sama enak kok.

Kuah gangan terbuat dari aneka rempah tradisional Indonesia. Warna kuningnya berasal dari kunyit. Oleh karena itu, gangan iwak delek sering disebut juga sebagai sop ikan gabus kuah kuning.

Nah, di bawah ini Molzania kasih resepnya ya. Cara membuat gangan ikan gabus khas Palembang. Dijamin nikmat, dimakan pakai nasi hangat.

Sewaktu mencobanya, Molzania berasa kenyang seharian. Habis kan tinggi banget proteinnya. ^^

 

Resep Gangan Ikan Gabus Khas Palembang

 

 

Bahan-Bahan:
1 ekor Ikan Gabus
500 ml Air
1 buah Mentimun
1 sdt Kaldu Rasa Jamur / Totole 
3 lembar Daun Salam
4 buah Cabai Rawit
1 ruas Lengkuas
Garam dan Gula secukupnya

Bumbu Halus: 
8 siung Bawang Merah
5 buah Kemiri 
1 buah Kunyit
1/2 bungkus Terasi 

Cara Membuatnya: 
1. Didihkan air.
2. Setelah mendidih, masukkan lengkuas yang sudah kita geprek.
3. Lalu, masukkan daun salam, cabai rawit, dan bumbu halusnya ke dalam rebusan. Aduk-aduk hingga rata. 
4. Setelahnya masukkan ikan gabus yang sudah kita potong jadi tiga bagian. Pada bagian tengah ikan gabus, kita potong sedikit dulu membentuk kerat. Masak sekitar dua puluh menit.
5. Setelah dua puluh menit, tambahkan kaldu jamur, gula dan garam secukupnya. Tambahkan mentimun ke dalam rebusan. Aduk-aduk sebentar hingga rata.
6. Siap disajikan.

Baca Juga:  RESEP KETAN KEPIT Kuliner Legendaris Palembang

Selamat Mencoba ^^

91 Views

2 Komentar

  • andyekopranoto

    Gangan itu makan favorit saya mbak, dan itu khas masakan Palembang, gangan ikan, brengkes ikan, empap ikan kering, itu satu tim haha.

    Sehat selalu Guru Besar mbak Molly.. ☺👍🙏

Tinggalkan Balasan