croffle
Resep

RESEP CROISSANT WAFFLE PRAKTIS ALA RUMAHAN. Ide untuk Jualan!

Molzania comeback lagi dengan resep makanan hits Korea. Kali ini Molzania membuat resep Croffle alias croissant waffle ala rumahan yang praktis. Siapapun pasti bisa bikin, soalnya dibuatnya pakai bahan-bahan yang ada di rumah aja.

Croissant waffle ini menjadi populer saat ini karena booming di Tiktok. Pada dasarnya bentuk dan cara pembuatannya mirip roti. Hal yang membedakan ialah penggunaan korsvet pada adonannya. Sehingga hasil akhirnya tekstur croffle garing dan renyah. Nanti dimakannya pakai saus cocolan. Bisa selai strawberry, coklat, madu, atau anything else you want..

Resep Croissant Waffle Praktis ala Rumahan

Sebagai pecinta makanan kekinian, Molzania suka banget sama makanan ini. Biasa beli di kafe hits, harganya lumayan pricey. Namun saat kita membuatnya sendiri, ternyata budgetnya jauh lebih murah. Satu resep bisa menghasilkan 14 porsi. Puas banget makannya.

Maka dari itu, daripada disimpan sendiri Molzania mau membagikan saja resepnya. Cocok juga jadi ide jualan croffle. Soalnya selama ini, jajanan ini cuma ada di mall atau kafe. Mudah-mudahan nanti bisa ada yang jual, tapi dengan harga yang lebih terjangkau.

Croffle, Jajanan Hits Korea

Menurut Molzania, rasanya udah mirip kayak toko-toko. Hanya saja rotinya sendiri dibuat nggak manis. Alasannya sih biar bisa lebih dinikmati. Soalnya toppingnya kan udah manis. Apalagi ada tambahan gula dan madu untuk olesannya. Kalau di toko, Crofflenya sendiri kadang kemanisan pake banget. Sobat yang suka manis, bisa ditambahin saja gulanya sesuai selera.

Nama lain kudapan ini yaitu croissant geprek. Unik juga ya? Hi hi. Molzania melihat ini dari komentar-komentar netizen. Dipikir-dipikir mungkin karena dibuatnya dengan cara dijepit di loyang waffle. Daripada penasaran, mending Langsung aja yuk simakin resep Crofflenya di bawah. Mudah-mudahan bermanfaat yaa.. ^^

Baca Juga:  Resep Telok Ukan, Kuliner Wong Kito Sambut Kemerdekaan

Resep Croffle / Croissant Waffle Praktis ala Rumahan, Jajanan Hits Khas Korea

 

Bahan-bahan:

250 gram Tepung Terigu

2 sdm Minyak Goreng

75 gram Korsvet

1 sdt Ragi

1/2 sdt Garam

1 sdm Gula Pasir

50 gram Susu Bubuk

200 ml Air

Madu dan Gula Pasir untuk mengoles

Peralatan:

Teflon / loyang cetakan waffle / cetakan waffle elektrik

Bahan-Bahan untuk Membuat Waffle Geprek

Cara Membuatnya:

  1. Pertama-tama, campur terigu, gula pasir, garam, ragi, susu bubuk, aduk hingga merata. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga tercampur rata. Fermentasi adonan selama 20 menit.
  2. Setelah adonannya mengembang, kemudian kita bagi adonannya masing-masing 40 gram. Lalu, kita bulat-bulatkan adonan.
  3. Karena adonan crofflenya ada 14, maka korsvetnya kita bagi menjadi 14 potong juga. Ambil sebuah adonan croffle, lalu pipihkan. Korsvetnya kita lembutkan, lalu taruh di tengah adonan.
  4. Lipat adonan menggunakan teknik empat lipatan. Lipat adonan menjadi dua bagian, Lalu lipat lagi bagian pinggirnya dua kali ke arah tengah. Lalu lipat lagi menjadi dua bagian. Berikutnya kita fermentasi lagi selama 10 menit.
  5. Setelah fermentasi, ulangi melipat adonan menggunakan teknik empat lipatan. Berikutnya fermentasi lagi selama 10 menit.
  6. Setelah itu ulangi melipat adonan menggunakan teknik empat lipatan. Berikutnya fermentasi lagi selama 10 menit. Total fermentasi ada empat kali yaa..
  7. Setelahnya kita panggang croffle ke dalam loyang waffle. Olesi dulu loyangnya menggunakan minyak. Sebelum dipanggang, olesi dulu crofflenya menggunakan madu dan balurkan ke gula pasir. Setelah itu panggang kira-kira lima menit.
  8. Balik sisi croffle, lalu panggang lagi selama lima menit. Aku pakai cetakan waffle biasa dan dipanggang ke atas kompor. Untuk cetakan waffle elektrik, waktunya bisa menyesuaikan ya. ^^
  9. Selesai, keluarkan croffle dari loyang. Croissant waffle pun siap untuk disajikan. Untuk toppingnya, bisa disesuaikan dengan selera aja.
Baca Juga:  Resep Model Gandum Palembang Garing dengan Kuah Daging

Gimana? Mudah bukan cara membuat croissant waffle? Paling yang bikin pegel itu pas saat melipat-lipat adonan. Namun hasilnya worth it. kok. Molzania sampai ketagihan loh saking enaknya. Sobat wajib cobain sendiri biar gak penasaran. 

NB: ada sedikit kesalahan ketik di tutorial Youtube. REVISI yang benar KORSVETNYA 75 Gram dan air 150 ml yaa..  salah ketik huhuu.. 🙁

378 Views

4 Komentar

  • fanny_dcatqueen

    Tadi aku sempet bingung teknik 4 lipatan yg gimana yaaa mksudnya? Tp setelah melihat videonya jadi jelas sih :D.

    Naah bener mba mol, yg dijual di toko2, crofflenya itu muaniiiis sangaaat hahahaha. Aku sebagai pecinta gurih, jujur aja eneg kalo makan yg kelewat manis. Sesekali okelaaah, cukup 1 potong sekedar tau rasanya 😀 . Kalo bikin sendiri, akupun bakal ngurangin manisnya

  • ainun

    sebenernya kalau bikin sendiri gampang ya, asal ada kemauan dan niat itu tadi
    lagi boom juga nih di kalangan temenku mbak, aku belum pernah coba bikin sendiri nih

Tinggalkan Balasan