RESEP CENDOL TEPUNG BERAS PRAKTIS, MANIS DAN SEGAR

Resep cendol dawet

RESEP CENDOL TEPUNG BERAS PRAKTIS, MANIS DAN SEGAR – Es Cendol tergolong minuman manis yang menyegarkan. Apalagi bila dimakan saat siang hari. Wah, siapapun pastilah tergoda untuk mencicipinya.

Cendol nama minuman yang berasal dari Sunda. Saat ini menjadi kuliner nusantara yang menjadi favorit semua orang. Kenikmatan cendol membuatnya masuk ke dalam daftar 50 camilan terlezat di dunia versi CNN. Konon cendol sudah terkenal di Indonesia sejak zaman dahulu terutama di wilayah pedesaan.

Menurut Fimela, kata cendol berasal dari jendolan sesuai dengan bentuk adonannya yang kecil memanjang. Terkenal di Jawa, minuman cendol memiliki variasi yang bermacam-macam. Berdasarkan Cairo Food, umumnya cendol dijadikan sebagai bagian dari upaca pernikahan suku Jawa.

Upacara midodareni dalam tradisi Jawa menggunakan istilah “jualan cendol” alias dodol dawet. Biasa dilakukan satu hari menjelang pernikahan. Dodol dawet akan disuguhkan oleh orang tua mempelai wanita akan ‘berjualan’ es cendol kepada para tamu. Diharapkan nantinya pernikahan yang akan berlangsung esok dihadiri oleh banyak tamu laksana banyaknya jeli pada es cendol.

Ada bermacam-macam es cendol di nusantara. Bahan yang digunakan juga bermacam-macam. Ada cendol yang menggunakan tepung kacang hijau. Ada pula resep es cendol tepung beras. Sebutan lain untuk cendol tepung beras yaitu es dawet.

Lezatnya Es Cendol Dawet Terkenal Se-Asia Tenggara

Ternyata kemahsyuran es cendol tidak hanya di Indonesia. Di negara tetangga, mereka juga mengenal es cendol dengan versi masing-masing. Di Malaysia, es cendol disajikan dengan kacang merah, lalu dicampur dengan santan dan gula merah.

Baca Juga:  RESEP MANAN SAHMIN, Kue Bolu Ubi Khas Palembang

Sementara itu di Singapura, cendol disajikan dengan berbagai topping buah-buahan seperti nangka, leci, durian, cincau, sagu mutiara, jagung manis, dan es krim. Adapun warna gula merah menyesuaikan dengan warna gula merah pada masing-masing tempat.

resep cendol beras anti gagal

Di Palembang, es cendol kuliner wong kito disajikan dengan santan dan gula merah cair yang kental dan berwarna coklat tua. Akan tetapi di Vietnam, gula merahnya berwarna cokelat muda. Dikarenakan kepopuleran cendol, tak heran kalau banyak yang menjadikannya bisnis kuliner yang menjanjikan.

Saat ini malah sudah banyak bisnis cendol kekinian yang menggabungkan variasi bahan modern. Molzania sendiri pernah beli es cendol rasa matcha, es cendol keju, bahkan es cendol kuah susu yang tak kalah lezat dan istimewa. Sangat menarik untuk konsumen muda terutama generasi milennials ke bawah.

Bikin Resep Cendol Tepung Beras yang Praktis, Manis dan Segar

Kunci dari pembuatan es cendol ada pada kesegaran bahan yang digunakan. Kali ini Molzania tidak menggunakan santan, tetapi krimer. Selain itu, untuk mendapatkan rasa manis yang kental kita bisa menggunakan OMELA krimer kental manis dari Frisian Flag.

Molzania coba untuk recook resep dari situs OMELA. Nah, penasaran? Please baca resep cendol tepung beras ala rumahan di bawah ini:

Bahan Saus Gula Merah:

  • 200 gram Gula Merah
  • 200 ml OMELA Krimer Kental Manis
  • 150 gram Kolang Kaling

Bahan Membuat Cendol:

  • 80 gram Tepung Tapioka
  • 70 gram Tepung Maizena
  • 1 sdm Tepung Beras
  • 1/2 sdt Garam
  • 1 sdt Agar-agar Bubuk
  • 400 ml Air Pandan
  • 300 ml Air
  • Es Batu secukupnya

Bahan Kuah Cendol :

  • 100 ml Air
  • 80 ml OMELA Krimer Kental Manis
  • 1/2 sdt Garam
  • Es Batu secukupnya
Baca Juga:  Resep Kimchi Sawi Putih Halal Tanpa Fermentasi

Alat:

  • Saringan cendol

Cara Membuat:

  1. Saus Gula Merah: Masak gula merah, krimer OMELA, dan kolang kaling hingga larut.
  2. Biarkan dingin. Saring adonan hingga tak ada yang menggumpal.
  3. Adonan cendol : Campurkan tepung tapioka, tepung maizena, tepung beras, garam, agar-agar bubuk, aduk hingga tercampur rata.
  4. Tuang air pandan dan air, aduk lagi hingga rata.
  5. Masak adonan cendol dengan api kecil. Aduk-aduk hingga adonannya mengental.
  6. Setelah mengental, saring adonan cendol ke dalam rendaman air dan es batu. Hingga membentuk cendol hijau memanjang. (lihat video)
  7. Kuah santan: Campur air dan OMELA Krimer Kental Manis. Aduk hingga rata.
  8. Tambahkan garam dan es batu secukupnya. Aduk lagi hingga rata.
  9. Sajikan cendol hijau dengan kuah. Tuang saus gula merah sesuai selera.

Tips Menyimpan Cendol agar Tahan Lama

Salah satu kekhawatiran para wanita ketika memasak yaitu urusan simpan menyimpan. Soalnya saat memasak sesuatu, porsinya selalu dilebihkan. Jarang sekali sekali memasak hanya untuk satu porsi. Apalagi jumlah anggota keluarga yang tinggal di rumah tentu lebih dari satu pada umumnya.

Untuk cendol sendiri, beberapa tips menyimpan makanan cendol biar tahan lama diantaranya:

  1. Gunakan peralatan yang bersih
    Selalu menggunakan peralatan yang dicuci bersih dengan sabun agar makanan yang kita buat terbebas dari bakteri. Jangan lupa cuci tangan dengan sabun dan air mengålir sebelum memasak.
  2. Simpan cendol dalam freezeer
    Cendol yang disimpan dalam wadah tertutup di dalam freezer dapat tahan hingga 2 hari.
  3. #GantiCaraMasakmu dengan OMELA
    Makanan yang mengandung santan suka tidak bertahan lama. Untuk itu sobat bisa menggantinya dengan OMELA krimer kental manis.

#GantiCaraMasak dengan OMELA, untuk Sajian Istimewa!

Saat membuat resep cendol tepung beras di atas, Molzania sangat terkejut. Soalnya menggunakan kental manis OMELA rasanya jadi berbeda. Buktinya rasa kuah cendolnya jadi perpaduan antara gurih dan manis. Kalau kental manis biasa, rasanya manis nyelekit. Nah menggunakan OMELA, kuahnya lebih enak karena tidak terlalu manis.

Baca Juga:  Intip Resep Kue Pare Khas Banjarmasin, Si Hijau yang Legit Mirip Sayur Pare

tips bikin cendol pakai omela

OMELA memiliki rasa gurih dan lezat, dapat digunakan untuk penambah kenikmatan berbagai minuman, penganan dan masakan. Menjadikan hasil masakan kita jadi lebih enak dan lezat. Tidak cuma buat aneka dessert, menu makanan utama pun juga bisa. Rasanya jadi luar biasa karena tekstur dan aromanya menggiurkan. Cek variasi resep nusantara menggunakan OMELA lainnya.

Tak hanya resep, di situs tersebut juga tersedia aneka tips & trik memasak yang praktis dan mudah dipraktekkan untuk pemula. Dengan Omela, masakan dan minuman jadi luar biasa, aroma menggugah selera, tekstur menggiurkan mata, dan rasa nikmat istimewa. Ayo coba Omela, dapatkan pujian berlimpah!

436 Views

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

32 Komentar

  1. wah makasih mbak resepnya, saya pernah mencoba membuat cendol sendiri, tapi gagal hihi, semoga resep dari mbak Moly gak gagal. kelihatannya sih mudah, tapi entah di eksekusinya hihihi pakai omela emang praktis ya.

  2. Aaah asyik ada resep cendol. Udah lama babget mau buat cendol sendiri cuma blm sempet2. Kalau yg skrg cendolnya berubah nama kekinian jadi boba ya, Mba 😂

  3. Cendol sama dawet itu sama gak ya..?
    Hehehe, aku jadi inget pernikahanku juga ada mainan “dodol dawet” ini. Kalau dagangannya habis tandanya anaknya sudah laku.
    hhehe..lucu banget filosofinya.

    Paling nikmat membuat minuman segar cendol dan diguyur susu Omela lalu dinikmati siang hari bersama es.