Resep Bolu Kojo Palembang Lembut dan Enak

RESEP BOLU KOJO DUREN KHAS PALEMBANG

RESEP BOLU KOJO PALEMBANG LEMBUT DAN ENAK – Ijo-ijo si Bolu Kojo. Satu lagi kuliner asli Palembang yang layak dicoba. Bolu kojo adalah kue tradisional Palembang yang berwarna hijau dan bertekstur lembut.

Biarpun bernama bolu, akan tetapi teksturnya sangat berbeda dengan bolu pada umumnya. Bolu kojo memiliki tekstur yang padat. Sekilas mirip kayak kue manan sahmin yang juga kue legendaris Palembang. Di daerah lain seperti Lampung dan Bangka Belitung, ternyata mereka juga mengenal bolu kojo.

Bacaan Lainnya

Mengenal Bolu Kojo, Camilan Unik Wong Kito Bikin Ketagihan

Sebutan lain bolu kojo ialah bolu kemojo. Warna hijaunya terbuat dari air daun suji dan perasan daun pandan. Biarpun beraroma pandan, orang Palembang juga suka menambahkan bolu kojo dengan durian. Jadi kita akan menemukan cita rasa yang berbeda dari manisnya bolu kojo.

Bolu Kojo Palembang Enak dan Lembut

Bolu kojo memiliki beragam bentuk. Tergantung loyang pembuatannya. Ada yang berbentuk bulat seperti halnya bolu biasa. Ada pula yang menggunakan cetakan berbentuk bunga kamboja. Oleh karena itu, bolu kojo juga disebut dengan bolu bunga kamboja. Bolu ini juga bisa dibuat versi mini seperti halnya resep yang Molzania buat di bawah.

Resep bolu kojo di bawah ini Molzania buat menggunakan durian. Resep bolu kojo mini yang dapat dicoba sendiri di rumah. Tekstur bolu kojonya lembut dan layak untuk dijual. Durian alias duren dalam Bahasa Palembang adalah sebuah pilihan. Jika tak suka, tak usah ditambahkan. Takaran gulanya pun bisa disesuaikan sendiri. Berikut resep bolu kojo Palembang yang enak dan lembut:

Baca Juga:  RESEP JONGKONG Praktis dan Lembut. Cocok untuk Jualan!

Resep Bolu Kojo Palembang Enak dan Lembut

Bahan-Bahan :

200 gram Tepung Terigu

100 gram Gula Pasir

50 gram Margarin

3 butir Telur

400 ml Air Daun Suji dari 40 lembar Daun Suji dan 2 lembar Daun Pandan

200 ml Santan Kental yang ditambah 200 ml Air

40 gram Kental Manis

200 gram Daging Durian

Garam secukupnya

Pewarna Hijau secukupnya

Bahan-Bahan Membuat Bolu Kojo Mudah

Cara Membuatnya : 

  1. Pertama-tama, campurkan santan, margarin dan garam. Aduk sebentar adonan santan. Masak hingga mendidih.
  2. Setelah mendidih, masukkan terigu. Aduk hingga tercampur rata dan jadi adonan yang kalis. Setelah kalis, matikan kompor dan pindahkan ke wadah lain. Tunggu hingga dingin.
  3. Berikutnya campurkan telur dan gula. Kocok dengan mixer hingga adonannya setengah mengembang.
  4. Masukkan adonan terigu yang sudah dingin, separuhnya dulu, sambil mixer lagi hingga tercampur rata.
  5. Tuang air daun suji sambil adonannya terus dikocok dengan mixer. Masukkan lagi adonan tepung dan kocok lagi hingga tercampur merata.
  6. Masukkan kental manis. Kocok lagi hingga tercampur merata. Tambahkan vanili, aduk sebentar menggunakan spatula / mixer.
  7. Tambahkan daging durian, aduk lagi hingga merata. Sisakan sedikit durian untuk topping di atas bolu kojo. Adonan pun siap dipanggang.
  8. ika warnanya kurang hijau, boleh tambahkan sedikit pewarna hijau. Aduk-aduk adonan hingga pewarna tercampur rata.
  9. Panaskan loyang bulat-bulat. Olesi dengan margarin. Tuang adonan ke dalam loyang. Masak hingga setengah matang. Jangan lupa loyangnya ditutup, ya.
  10. Setelah setemgah matang, taruh topping daging durian di atasnya. Masak lagi hingga matang. Estimasi waktu memanggang adonan dari mentah hingga matang Kira-kira 15-20 menit.
  11. Sesudah matang, angkat dan bolu kojo pun siap untuk disajikan.

Bagaimana? Mudah banget, kan cara membuat bolu kojo Palembang? Bolu kojo ini termasuk camilan yang Molzania rekomendasikan jika berkunjung ke kota Palembang. Jika sobat yang jauh dan tinggal di perantauan, bisa masak sendiri di rumah. Bolu hijau ini bisa jadi obat kangen dengan kampung halaman.

Baca Juga:  RESEP Kue Apem Moho Kuliner Jadul Palembang

Jika sobat mencobanya, jangan lupa tag Molzania ya di Instagram. Selamat mencoba! Sampai bertemu lagi di resep Palembang lainnya.. ^^v

760 Views

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Komentar

  1. Kayaknya sih pernha cobain pas ke Palembang trakhir, tapi ga yakin itu bolu yg sama atau ga. Kalo dari bentuk sih agak mirip mba mol. Aku coba di rumah tante di Palembang pas sedang ke sana. Kalo memang itu bolu kojo berarti aku suka. Soalnya ga terlalu manis. Pas. Aku ga doyan kalo manis2 banget