Tips

Pertama Kali Berobat Ke Penang? Baca Dulu 3 Tips Berikut

Berobat ke luar negeri seperti ke Penang menjadi fenomena umum bagi sebagian orang Indonesia terutama orang Medan, Aceh, Jakarta, dan Surabaya. Namun tidak berarti semua sudah tau apa saja tips nya agar proses berobat ke Penang jadi lancar.


Berikut 3 tips penting yang harus Sobat ketahui sebelum pergi berobat kesana:

Cari referensi rumah sakit dan dokter


Sebelum memutuskan untuk berangkat, ada baiknya terlebih dahulu mencari referensi rumah sakit dan dokter yang dituju. Jika Sobat modal ‘nekat’, pergi saja dulu nanti baru cari dokter sampai disana, sering kali Sobat akan kecewa karena dokter yang paling kompeten untuk menangani kasus Sobat mungkin sedang cuti atau bahkan tidak bisa ditemui karena appointment nya sudah full.


Referensi bisa didapat dari berbagai sumber, bisa kerabat, teman, orang-orang yang sebelumnya punya pengalaman berobat ke luar negeri atau dari kantor perwakilan rumah sakit yang ada di Indonesia. Semakin banyak informasi yang didapat akan semakin menambah pengetahuan dan masukan mengenai pengobatan, baik itu rumah sakit, dokter spesialis, maupun jadwal keberangkatan.

Buat appointment

Well, setelah mendapat referensi rumah sakit dan dokter, sebaiknya segera buat appointment dengan dokter. Hal ini berguna untuk memastikan dokter dapat ditemui dan tidak sedang cuti. Selain itu, membuat appointment juga meminimalisir bengkaknya biaya salah satunya biaya hotel.


Saat ini, rumah sakit di Penang seperti Gleneagles Penang, Island Hospital, Loh Guan Lye, dan Mount Miriam memiliki kantor perwakilan resmi di Indonesia yaitu BerobatKePenang.com yang dapat dihubungi untuk membantu buat appointment. Layanan diberikan secara gratis.

Selain informasi jadwal dokter dan buat appointment, BerobatKePenang.com juga memberikan layanan:
1. Rekomendasi rumah sakit dan dokter sesuai keluhan pasien
2. Estimasi biaya secara lengkap mulai dari keberangkatan, akomodasi, makan, dan pengobatan
3. Fasilitas jemput bandara
4. Layanan transfer uang ke rumah sakit (jika suatu saat dibutuhkan)
5. Bantu pemesanan hotel
6. Bantu mengurus dokumen yang diperlukan, dan lain sebagainya

Siapkan dokumen penting

Mempersiapkan keberangkatan selain soal waktu yang telah disesuaikan dengan janji dokter dan biaya yang sudah diperkirakan, juga perlu memastikan kelengkapan dokumen penting lainnya. Contoh jika ingin menggunakan asuransi untuk berobat pastikan membawa form asuransi sebelum berangkat. Apabila lupa membawa form asuransi, maka Sobat harus kirimkan form nya ke rumah sakit dan minta dokternya mengisi form tersebut. Hal ini terdengar simple tapi biasanya menunggu dokter untuk meluangkan waktu mengisi form asuransi, bisa memakan waktu 1 bulan dan sebagian dokter mengenakan charge tertentu (bisa RM 50 – 150 per lembar yang diisi).


Dokumen terpenting kedua adalah paspor. Baik pasien maupun pendamping harus memiliki passport yang masih aktif. Harap cek tanggal expired paspor Sobat karena untuk berpergian keluar negeri, paspor Sobat masih berlaku minimal 6 bulan. Jika kurang dari 6 bulan, segera buat paspor baru.

Bagaimana dengan visa? Tidak perlu. Orang Indonesia sudah sejak lama bisa berkunjung ke negara-negara di Asia Tenggara termasuk Malaysia tanpa visa.

Mencari pengobatan terbaik hingga ke luar negeri dapat menjadi opsi penting, terlebih ketika pengobatan sebelumnya tidak membuahkan hasil seperti yang diharapkan. Semoga lekas mendapat kesembuhan. Terima kasih sudah berkenan membaca! ^^

2 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: