pinjol
Teknologi

Penipuan Pinjol Ilegal, Diteror Hingga Sosial Media

Hati-hati saat mendownload aplikasi pinjaman online di hpmu, salah sedikit data-data kita bisa disalahgunakan. Tidak sedikit pelaku, bahkan sampai meneror lewat telepon. Kini modus penipuan pinjol ilegal terbaru bahkan meneror hingga ke sosial media.

Pengalaman diteror oleh pinjol ilegal menimpa Molzania sendiri. Entah bagaimana, sebuah dm dari seseorang pemilik akun anonim masuk ke Instagram Molzania.

Mengatasnamakan seseorang yang tak dikenal, pelaku marah-marah lalu mengancam Molzania agar segera melunasi hutang yang bersangkutan. Pelaku mengaku orang tersebut menggunakan nama Molzania sebagai penanggungjawab hutangnya.

Penipuan Pinjol Ilegal, Diteror Hingga Sosial Media

Jujur mendapat DM berisi ancaman pinjol tersebut membuat Molzania takut. Bukan pada pelakunya, melainkan merasa khawatir dengan keselamatan akun sosial media milik Molzania. Takut nanti dihack pelaku.

Usut punya usut ternyata seseorang yang dituduh pelaku menggunakan nama Molzania tersebut, memanglah orang yang Molzania follow di sosial media. Sama-sama influencer. Duh jadi makin ngeri aja aksi nekad pinjol tersebut.

Biar nggak terlalu pusing menghadapi pelaku dan melindungi diri dari hacker, 
Molzania memutuskan untuk segera memblok Akun Instagram pelaku debt collector
pinjaman online ilegal!

Pinjol Makin Nekad : Ancaman Pemerasan Hingga Pencemaran Nama Baik

Setelah beberapa hari menenangkan diri, Molzania baru berani menghubungi orang yang diduga menggunakan nama Molzania untuk pinjol tersebut. Molzania yakin orang tersebut juga korban dari penipuan pinjol. Maksudnya biar masalahnya selesai dan tidak berlarut-larut.

Menurut pengakuannya, dia mengaku pernah tak sengaja mendownload aplikasi pinjaman online. Namun itu sudah lama sekali. Dia bahkan sudah lupa akun dan passwordnya. Meneror lewat sosial media, oknum pinjol tersebut bukan hanya meneror Molzania. Tetapi banyak juga followers dan teman-teman Instagramnya.

Baca Juga:  Aplikasi Android Pengumpul Hadiah

Molzania lantas bertanya mengenai nama aplikasinya. Ternyata mbaknya sudah lupa. Ketika bertanya pada oknum pinjol, malah tidak dijawab dan muter-muter jawabannya.

Mbaknya mengira kalau ini modus penipuan terbaru lewat sosial media berkedok pinjol. Nggak cuma korban yang kena, bahkan juga followers sosial medianya. Ini sih sudah termasuk pencemaran nama baik. Bagaimanapun, korban tidak pernah melakukan pinjaman online.

Zaman sekarang sudah agak susah menipu lewat sms atau telepon. Penipu pun mulai menyasar media sosial yang lebih ramai. Maka dari itu, harap berhati-hati terutama bagi para pemilik sosial media.

Jangan sembarangan mendownload aplikasi pinjaman online di playstore. Pastikan terlebih dahulu kredibilitasnya. Biar kita tak jadi korban berikutnya.

Kenali Ciri-Ciri Pinjol Ilegal Agar Terhindar dari Penipuan

Menurut laman Kompas, setidaknya ada beberapa ciri-ciri pinjol alias pinjaman online ilegal yang harus kita ketahui. Waspada sebelum kejadian pada diri sendiri. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Biasa menghubungi lewat sms, whatsapp dan sosial media
  2. Tidak ada ijin resmi dari OJK
  3. Cek rating dan ulasan pelanggan. Biasanya pinjol ilegal banyak terdapat keluhan.
  4. Nama dan alamat perusahaan tidak jelas dan tidak terdaftar,
  5. Tidak memiliki layanan pengaduan pelanggan
  6. Mudah dan cepat melakukan pinjaman. Syarat bunga dan denda tidak jelas.
  7. Ijin akses ke semua data yang ada di smartphone
  8. Ditagih dengan cara diteror dan diancam

Tips Menghindari Pinjaman Online Ilegal

Mengingat semakin maraknya korban penipuan pinjaman online ilegal, Molzania akan memberikan tips untuk menghindari terkena penipuan pinjaman online ilegal.

Resikonya besar sekali. Bukan hanya data-data pribadi kita yang tersebar, namun akun sosial media dan nama baik kita juga ikut kena. Untuk itu, kita perlu cek dan ricek terlebih dahulu sebelum mendownload aplikasi.

Baca Juga:  Tak Ada Ponsel Yang Lebih Baik, Yang Ada Hanyalah Ponsel Yang Tepat

Sebaiknya kita mencari tahu dengan detail perusahaan pinjaman online. Apakah perusahaannya terdaftar OJK? Bagaimana rating dan ulasan pelanggannya? Usahakan melakukannya sebelum kita mendownlod aplikasi dan mendaftar akun di sana.

tips menghindari pinjol ilegal

Hal yang terpenting, jangan asal memberikan data-data pribadi kita kepada orang lain. Apalagi jika orang tersebut tidak dikenal. Segera blok jika kita dihubungi oleh oknum pinjaman online.

Jika kejadiannya seperti Molzania di atas, jangan sungkan untuk memberitahu korban yang namanya dicatut oleh pinjol ilegal. Bila perlu, segera lapor polisi agar pelakunya segera diusut tuntas.

Nah itulah artikel penipuan pinjaman online alias pinjol ilegal. Kepada pelaku diharapkan lekas bertobat. Semoga mereka segera sadar. Aamiin yaa rabbal alamin.

259 Views

13 Komentar

  • Ludyah Annisah

    Jujur, kalau udah berurusan sama pinjol kayak gini emang ngeri-ngeri sedap ya kak. Apalagi kalau ujung-ujungnya malah nipu. Sebisa mungkin memang lebih baik menghindari pinjol sih kak, mengingat sistem regulasi masih terbilang lemah dan kebocoran data sangat berisiko. Duh, serem deh pokoknya kalau udah diteror gini

  • bunsal

    Ngeri beud ini pinjol.
    Semoga segera ada regulasi dari pemerintah, agar tidak lagi terjadi kejadian begini.
    Hubungan dengan teman jadi enak, sendirinya kita juga stress banget mesti diteror begitu.

Tinggalkan Balasan