Antologi

Pempek Gandum, Kuliner Jadul nan Unik Khas Palembang

Satu lagi kuliner unik asal kota Palembang. Namanya pempek gandum. Penamaan gandum sendiri berasal dari bahasa Palembang yang artinya tepung terigu. Jadi kuliner ini terbuat dari tepung terigu.
Kalau selama ini kita mengenal pempek yang terbuat dari ikan yang rasanya gurih, sekarang Molzania mau mengenalkan pempek yang makannya pake gula. Iya, gula pasir! Rasanya gurih-gurih manis, tapi pempeknya tetaplah lembut. Biarpun toppingnya nggak kekinian, tapi tetap enak untuk dimakan.

Seperti halnya sushi, pempek juga memiliki banyak varian dan rasa. Salah satunya ya pempek gandum ini. Namun sayangnya pempek gandum ini sudah jarang banget ditemukan. Sepertinya mulai banyak dilupakan orang. Kuliner jadul yang langka. Dibandingkan pempek dan kuliner gurih lainnya, pempek gandum ini kurang favorit. Padahal ini bisa jadi alternatif cemilan ringan untuk segala usia loh. Bahkan dulu sewaktu Molzania masih balita, mama suka memasak penganan ini.

Sekilas, pempek gandum mirip adonan martabak. Bahan-bahannya pun relatif mudah ditemukan. Jadi yakin deh yang pemula masak bisa membuatnya. Hanya terdiri dari 4 bahan saja, kita sudah bisa membuatnya. Toppingnya bisa diganti madu jika suka. Jadi mirip kaya pancakes ya…

Soal rasa, semua tergantung selera. Untuk kalian yang demen makanan yang nggak macem-macem, boleh jadi kalian bakal suka. Kuliner ini tergolong mengenyangkan karena ada kandungan tepung terigu. Nah, penasaran dengan cara membuatnya. Yuk simak videonya di bawah:

10 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: