Belajar Bahasa Palembang dari Cinta
Info Seru

Panggilan Sayang dan Kata-Kata Romantis Bahasa Palembang

Ada-ada saja kekepoan netizen tentang wong Palembang? Sampai-sampai banyak sekali keyword yang aneh-aneh mampir ke blog Molzania.com ini.

Beberapa diantaranya bikin emosi. Tapi banyak pula yang lucu-lucu. Salah satunya ya seperti judul di atas. wkwk..

Mungkin banyak yang punya pacar atau suami orang Palembang. Jadi mereka iseng cari-cari di Google mengetik beberapa keyword tentang wong Palembang.

 jembatan ampera

Sampe-sampe ada yang komen mengira kalau Molzania ini semacam cenayang. Kebetulan yang nanya tuh cowok sih.

Ini pertanyaan yang ter-awkward yang pernah Molzania terima sepanjang karier blogger yang udah sepuluh tahun ini lebih.

Dia cerita kalau saat ini lagi naksir sama cewek Palembang. Nah si doi yang asalnya dari daerah lain lalu bertanya apakah mereka berdua akan cocok?

Saat itu Molzania langsung merasa seolah jadi cenayang alias dukun alias peramal. Ingin rasanya berteriak pada yang nanya, “Lu kate ini situs biro jodoh?”. lol. 

Beneran ada loh manusia model begini. Haha. Banyak malah. Saking cintanya pada pujaan hati yang notabene asalnya dari daerah wong kito galo. 

Tujuannya mungkin biar lebih mesra gitu ya. Ngobrol jadi lebih nyambung karena pakai bahasa dan kebiasaan daerah sang pujaan hati.

 

Panggilan Sayang dalam Bahasa Palembang

Jadi wahai netizen.. inilah cerita Molzania. Harap dengarkan baik-baik. 

Pada dasarnya wong Palembang kebanyakan udah modern sih. Ketika pacaran, jadi ya mereka beragam panggilannya kepada pasangan masing-masing.

gadis palembang

Bisa beb, sayang, dan lain sebagainya. Nggak terpaku pada satu atau dua kata khusus. 

Hmm.. tapi ada satu kata panggilan yang khas, yang kalo diucapkan dengan logat Palembang kesannya jadi lucu dan unik.

Baca Juga:  NINJA XPRESS Review, Solusi Kirim Paket Tanpa Ribet

Panggilannya itu ialah Adek dan Kakak. Cewek dipanggil adek, dan cowok dipanggil kakak. Pengucapannya sembari dimanja-manjain gitu suaranya. #Uhuyy

Selain itu, ada pula kata sapaan dalam bahasa Palembang yang ditujukan kepada yang lebih tua. Sobat pelajari ya supaya nggak salting di depan calon mertua. #eaa.. 

 

Kata Gombalan dan Rayuan Khas Palembang

Di Palembang, ada kalimat rayuan yang merujuk pada kata “kakak adek” di atas, yaitu “Adek nak kakak tulah, ” itu semacam kalimat gombalan dalam bahasa Palembang.

“Adek cinto nian samo kakak. Adek nak kakak tulah, ” artinya ialah “Adek cinta sekali sama kakak. Adek cuma mau sama kakak seorang, ” #eaa

Lah kalo cowok ke cewek gimana panggilan sayangnya? Ya, tinggal dibalik aja. Sesederhana itu kok.

kata-kata gombalan dan rayuan bahasa palembang

“Kakak nak adek tulah, kakak cinto samo adek”, kurang lebih seperti itu kalimat gombalan dari cowok ke cewek. 

Ada lagi bunyi kalimatnya kaya’ gini: “Pokoknyo dak nak yang lain, cinto bedebeg nian.” artinya ialah “Pokoknya gak mau sama yang lain, jatuh cinta sekali..” 

“Bedebeg” itu bunyi ketika benda atau orang jatuh ke bawah. Nah artinya “cinta bedebeg” kurang lebih sama dengan jatuh cinta.

Sebenarnya panggilan kakak adek sendiri biasa diucapkan oleh wong Palembang dalam bahasa sehari-hari. 

Nggak melulu merujuk ke suatu pasangan, tetapi juga bisa untuk pertemanan biasa. 

Jadi Molzania sering tuh manggil temen cowok yang lebih tua dengan sebutan “Kakak”. Sebaliknya manggil ke temen cewek yang lebih muda dengan panggilan “dek”.

Tapi ya ciri khasnya Palembang kalo pacaran biar mesra ya “kakak adek” itu. Duh keingetan mie abang adek yang terkenal pedes itu gak sih? Soalnya namanya sepintas mirip. 😛

Baca Juga:  Lebih Ringan dan Cepat dengan Mobomarket

Jadi gimana wahai netizen kalimat rayuan atau gombalan dalam bahasa Palembang versi Molzania? Coba deh ucapkan sama cowok palembang kalian hihii… dijamin bikin si doi melting.. hehe.. 

Share di bawah ya reaksinya gimana? Hehe. 

837 Views

Tinggalkan Balasan