• Review

    [REVIEW] Wardah Everyday Luminous Face Powder Shade Light Beige 01

    Kali ini Molzania mau mereview bedak kesukaan yang sering dipake, yaitu Wardah Everyday Luminous Face Powder. Jadi ini tuh salah satu produk loose powdernya Wardah yang produknya sendiri sudah terkenal halal dan bersertifikat MUI. Untuk muslim, nggak perlu lagi diragukan keamanannya. Walaupun sempet nggak cocok sama moisturizer creamnya, tapi itu nggak berlaku untuk produk makeup-nya. Molzania selama ini cocok-cocok aja dengan makeupnya. Sejauh ini lumayan sering pake juga beberapa produknya, semacam lipstick, two way cake, dan loose powdernya ini. Tips buat sobat, produk kosmetik itu emang cocok-cocokan sama kulit kita. Namun bukan berarti semua produk dari salah satu brand itu, semuanya nggak cocok. Belum tentu. Di dalam kemasannya sendiri, udah…

  • Antologi,  Tips

    Tips Mengenalkan Puasa Untuk Balita

    Puasa Ramadan ialah ibadah wajib dalam Islam yang wajib dilakukan setiap tahunnya. Makanya sejak usia dini, anak belajar mengenal puasa. Meskipun hukumnya tidak wajib, mengenal puasa bagi anak melatih mereka sejak dini, agar setelah usianya lebih besar ia sudah siap untuk berpuasa. Sebenarnya tidak ada ketentuan mengenai usia yang tepat untuk mengenalkan anak pada puasa. Namun pada fase awal pada tiga tahun pertamanya, orangtua hendaknya mengenalkan konsep berpuasa dengan contoh konkret. Sedangkan untuk anak yang berusia lebih besar, anda bisa mengajaknya ikut serta berpuasa. Beberapa cara di bawah ini dapat bunda terapkan pada balita untuk belajar berpuasa, berikut listnya: 1. Membuat Suasana Bulan Puasa yang Meriah dan Menyenangkan Dengan cara…

  • Info Seru

    Pertanyakan 3 Hal ini Sebelum Mengecat Ruangan dalam Rumah

    Tidak perlu membeli berbagai macam perintilan, mewarnai atau mengecat ruangan diketahui merupakan cara termudah dan sederhana untuk menciptakan nuansa tertentu dari hunian Sobat. Kesederhanaan ini dikarenakan Sobat hanya membutuhkan peralatan-peralatan yang sederhana dalam melakukan pewarnaan ruang. Namun, di tengah-tengah kesederhanaan yang Ada, mewarnai sebuah ruang juga dikatakan sebagai aktivitas yang rumit. Kerumitan tersebut lahir dari pemilihan warna apa yang tepat untuk menimbulkan nuansa yang positif pada hunian Sobat. Terkadang, beberapa orang percaya bahwa warna kesukaan mereka adalah warna yang terbaik, namun ada pula yang lebih memperhatikan tren warna dibanding warna kesukaannya. Beberapa anggapan ini yang membuat memilih warna cat pun perlu banyak faktor yang dipertimbangkan. Dilansir dari Apartmenttherapy, sebelum memilih…

  • Islam

    Lima Amalan Penambah Pahala di Bulan Ramadan

    Bulan puasa bulan sejuta pahala. Islam mewajibkan umatnya untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Apalagi jika kita mengerjakan kebaikan di bulan Ramadan yang hanya datang satu tahun sekali. Tidak tahu apakah dapat bertemu lagi di tahun depan. Jangan-jangan ini justru ramadan terakhir kita? Maka dari itu, Molzania di bawah ini sudah merangkum kelima amalan atau perbuatan yang bisa menambah pahala di bulan ramadan. Berikut daftarnya: 1. Menyediakan Makanan Berbuka dan Sahur Emak-emak rela bangun fajar buta demi menyediakan sahur bagi anggota keluarga. Ditambah lagi rela bersibuk ria di dapur saat sore hari untuk persiapan berbuka puasa. Tahukah bahwa amalan ini dihitung pahalanya seperti halnya pahala orang yang berpuasa? Rasulullah SAW bersabda,“Siapa memberi…

  • Diary

    Kenangan Mudik ke Jakarta Lewat Darat

    Seperti biasa, hampir setiap tahunnya Molzania mudik ke tempat nenek dari ayah ke Jakarta. Kebanyakan mudiknya pakai pesawat supaya lebih aman dan nyaman. Namun ada suatu momen kenangan dimana Molzania mudiknya pakai mobil lewat jalur darat. Sebuah pengalaman terindah yang takkan pernah dilupakan. Alasannya? Tak lain tak bukan jadi momen paling seru yang ingin sekali terulang, tapi kondisinya sudah berbeda. Cerita ini ditulis berdasarkan ingatan Molzania saja. Kejadiannya terjadi pada tahun 2003. Saat itu Molzania menginjak usia 11 tahun duduk di bangku kelas 6 SD. Adik Molzania sendiri masih berusia 3 tahun. Mama mengajak serta seorang pembantu cewek yang usianya nggak jauh beda dari Molzania. Dikarenakan usianya lebih tua, maka…

  • Diary

    Belajar Puasa + Serunya Berburu Tanda Tangan

    Molzania ingat pertama kali Molzania paham apa itu puasa, kalau nggak salah antara umur 4 – 5 tahun. Saat itu Molzania terbangun di malam hari karena suara berisik anak-anak membangunkan sahur. Kamar Molzania berada dalam keadaan gelap. Ternyata usut punya usut saat itu mama Molzania lagi sahur di luar kamar. Karena masih ngantuk, akhirnya Molzania pun tidur kembali. Sejak hari itu, Molzania sering bertanya-tanya pada mama perihal puasa. Puasa itu apa? Mengapa kita harus berpuasa? Apa kita bisa mati saat berpuasa? Mama menjawabnya dengan senang hati. Timbul keinginan untuk ikut berpuasa, tapi Molzania tidak pernah bangun saat sahur. Otomatis sahurnya pas sarapan pagi. Siang-siang malah disuruh makan. Saat kecil, Molzania…

  • Info Seru

    Tips Berdonasi Online Secara Aman dan Nyaman

    Zaman sekarang itu, Molzania dimudahkan banget dengan adanya internet. Mau apa-apa serba gampang. Tinggal buka smartphone, lalu cari websitenya. Apalagi kondisi Molzania yang disabilitas menyulitkan mobilitas Molzania untuk pergi kemana-mana. Termasuk dalam urusan berbagi dengan yang lain. Saat ini sudah banyak banget lembaga-lembaga donasi yang mau memberikan fasilitas kepada donatur via online. Diantaranya kitabisa, peduli donasi, daarut tauhid, rumah zakat, dan lain-lain. Bahkan kita bisa berdonasi sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Maksudnya kita nggak harus nominalnya sampai jutaan, sedekah puluhan ribu juga bisa. Namun ada kalanya kita merasa nggak aman, meski sudah berdonasi di tempat yang terpercaya. Contohnya nih beberapa tahun lalu pernah ada kasus dimana pengumpul donasinya ternyata…

  • Info Seru

    Begini Syarat dan Ketentuan untuk Pekerja dapat THR

    Bagi pekerja kantoran, momen menjelang libur lebaran yang ditunggu ialah pembagian THR. THR itu singkatan dari tunjangan hari raya. Jadi semacam bonus tambahan setiap tahun untuk para pekerja. Besarannya tergantung jumlah gaji yang diterima. Pemerintah mewajibkan perusahaan untuk memberikan THR bagi karyawannya. Tapi biasanya sih yang dapat itu yang udah masuk golongan pegawai tetap. Merujuk kepada Peraturan Permenaker No. 6 Tahun 2016, Ada beberapa syarat dan ketentuan untuk mendapatkan THR lebaran, beberapa di antaranya harus sudah bekerja minimal 1 bulan secara terus-menerus. Nah kalau sobat bekerjanya sudah satu bulan alias 30 hari, maka sudah bisa mendapat THR. Namun besaran THRnya tidak sebanyak orang yang sudah berkerja tahunan. Rumus hitungannya ialah…

  • Info Seru

    Inspirasi Gaya Rambut untuk Si Keriting dan Nyaris Gimbal

    Seringkali ketika Molzania pergi ke salon, Molzania merasa kebingungan. Pemilik rambut keriting nan ikal ke arah gimbal seperti Molzania sulit untuk menentukan gaya rambut. Kata orang-orang sih, pemilik rambut gimbal itu nggak bisa diapa-apain. Nggak seperti gaya rambut lurus. Akhirnya sih dipotongnya terserah kepada mbak-mbak pemotong rambutnya. Tapi lama-lama gayanya jadi itu-itu saja. Dipotong pendek banget dengan poni menyamping. Eh sebenarnya masalah nggak sih menurut kalian orang yang berhijab membicarakan soal gaya rambut? Toh sehari-hari kalau keluar rumah, kita kan berhijab. Sebenarnya kalau dipikir-pikir sih nggak masalah. Kita yang berhijab di rumah kan boleh tanpa hijab. Meski tidak untuk dipamerkan ke orang luar, ngomongin gaya rambut lebih ke arah kepuasan…

  • Info Seru

    Mengenal Tunik: Sejarah dan Model Tunik Populer

    Menurut Wikipedia, tunik pada dasarnya merupakan pakaian yang berbahan longgar yang menutupi dada, bahu dan punggung. Jenisnya bisa berlengan atau tanpa lengan. Panjang pakaian tunik mencapai pinggul atau di atas lutut.    Pakaian tunik berasal dari pakaian yang dikenakan orang-orang pada zaman Romawi Kuno. Diambil dari kata “tunica” dalam bahasa latin. Lazimnya pakaian ini dikenakan baik oleh wanita maupun pria pada zaman tersebut. Disini para tentara juga menggunakan tunik yang terbuat dari kain wol. Pakaian yang dikenakan para tentara Romawi menjadi cikal bakal pembuatan baju tunik model sleeves. Tidak hanya itu, tunik juga dikenakan oleh orang-orang pada zaman Yunani kuno. Disana mereka membuat tunik yang diberi motif di bagian tengah…