Jalan-Jalan ke Pabrik Wifi Terbesar IndiHome Indonesia

Bagi seorang disabilitas daksa melakukan perjalanan ke luar kota bukan sesuatu yang mudah.

Maka ketika Molzania diberitahu bahwa terpilih sebagai salah satu undangan VIP dari IndiHome, rasanya seneng banget.

Apalagi bila ternyata dapat berkumpul bersama teman-teman blogger seluruh Indonesia.

Alasan Mengapa Diundang IndiHome ke Jakarta

Kenapa Molzania bisa diundang oleh IndiHome? Jawabannya karena mengikuti lomba blog IndiHome. Sebuah keistimewaan bagi Molzania sendiri sebenarnya.

Ini kali kedua Molzania mendapatkan undangan karena mengikuti lomba menulis. Dulu tahun 2017, Molzania diundang Tim Komunikasi Presiden ke Kementerian Sekretariat Negara.

diundang Indihome

Tahun 2022 ini, Molzania diundang oleh IndiHome ke Jakarta. Dream comes true. Rasanya seneng banget. Meski sempat diundur acaranya, Alhamdulillah bisa berangkat ke Jakarta.

Sensasi Undangan Inagurasi Blogger IndiHome

Acaranya digelar selama sehari penuh. Pada pagi hingga siang hari kami agenda utamanya berkunjung ke pabrik wifi milik IndiHome.

blogger Indihome

Lha emang ada pabrik wifi? Ada dong! Seru banget di dalamnya. Molzania belajar banyak hal dari perusahaan wifi yang satu ini.

Kunjungan Pertama ke Gedung OPMC Telkom Indonesia

Perjalanan pertama, Molzania dan rombongan peserta inaugrasi IndiHome Blog Competition ke Gedung OPMC Telkom Indonesia. Lokasinya sendiri ada di Kota Bogor.

Jadi guys, pada dasarnya ini gedung semacam pusat layanan customer center milik Telkom Indonesia. Ada sekitar 5 lantai di sini.

Molzania sebagai pengguna IndiHome, tahu banget kalau layanan customer center mereka itu termasuk gercep. Gak heran ternyata mereka punya layanan call center sendiri yang sebesar ini.

Baca Juga:  Friskies Makanan Kucing Halal Aneka Rasa Persembahan Nestle + First Giveaway Next Week

Di sini peserta diajak berjalan-jalan ke lantai 2 dan 4. Pada lantai 2, ini pusat layanan untuk khusus untuk pelanggan baru. Saat kita ingin mendaftar sebagai pelanggan baru IndiHome, kita akan ditelepon sama mas-mas dan mbak-mbak yang ada di sini.

Menurut kak Bayu selaku supervisor, ada sekitar 721 karyawan di sini yang melayani 4 jenis pelayanan untuk pasang baru; mulai dari urusan penjualan dan penawaran produk baru, petugas verifikasi, hingga quality control. Mereka semua terbagi ke dalam 3 shift.

Berikutnya naik ke lantai 4. Di sini tempat yang paling familiar untuk kita semua. Bagi sobat yang terbiasa berinteraksi dengan sosial media IndiHome, maka sobat akan dilayani dari pusat customer service di lantai 4 dan lantai 5 di gedung ini.

Menurut kak Septian yang bertugas sebagai supervisor Sosial Media, ada sekitar 20.000 pelanggan dengan 35.000 – 50.000 interaksi pada sosial media IndiHome.

Jumlah karyawan di lantai 4 dan 5 mencapai 900 orang. Mereka terbagi dalam banyak shift. Melayani keluhan dan pertanyaan dari pelanggan via website dan sosial media.

Kang Dera manajer sosial media OPMC, ada dua divisi pelayanan di sini; divisi monitoring dan divisi sosial media center.

Divisi monitoring bertugas untuk memantau keluhan dan pertanyaan pelanggan dari sosial media. Mereka menggunakan beragam tools canggih dan modern untuk dapat mendeteksi interaksi pelanggan.

Molzania betul-betul terkesima dengan alur kinerja di pusat customer center dari Telkom Indonesia. Beruntung sekali rasanya dapat terpilih sebagai undangan VIP dari IndiHome. Berikutnya jalan-jalan ke mana lagi ya?

Fasilitas Karyawan TelkomHub Keren Banget

Beneran gede banget! Bayangin gedung pencakar langit ini memiliki 52 lantai. Udah kebayang kan setinggi apa? Molzania diajak berkeliling ke area fasilitas karyawan milik IndiHome.

Baca Juga:  Happy Birthday, Haru!

Sekilas mengingatkan Molzania sama fasilitas yang sama kayak milik Google Indonesia. Di sini juga terdapat kantin yang super gede dan tinggi.

Kantinnya satu lokasi dengan area gym. Di sekelilingnya terdapat kaca tembus pandang yang bisa melihat pemandangan dari Kota Jakarta.

Jelajah Pusat Data Penting Milik Telkom 

Jalan-jalan terakhir, nih. Kami pergi menjelajah ke Graha Merah Putih milik Telkom Indonesia.

Gedungnya juga super luas. Tidak hanya itu di sini ada lokasi rahasia yang dinamakan Telkom Integrated Operation Center.

Layaknya pusat data penting milik negara, kami tidak diperkenankan untuk banyak mengambil foto.

Gedungnya Besar, Sayangnya Tak Ada Toilet Ramah Disabilitas

Gedungnya keren banget, fasilitas disabilitas beberapa udah disediakan. Tetapi sayangnya masih gak ada toilet khusus disabilitas.

Mungkin karena karyawan disabilitas juga jumlahnya tak banyak. Mungkin nantinya bisa dipertimbangkan oleh Telkom untuk penambahan fasilitas ini.

Untuk sementara bisa ditambah fasilitas pegangan besi yang dipasang di kubikel toiletnya. Sehingga disabilitas kayak Molzania bisa berpegangan dan tak jatuh.

Seru banget! Gak nolak kalo diajak lagi. Terima kasih IndiHome.. Saranghaeyo. #IndiHomeBloggerInauguration

344 Views

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *