tips mengatur keuangan bagi pekerja freelance
Ekonomi

Gabung OVO | Invest, Cara Baru Investasi Bagi Pekerja Freelance

Dunia freelance alias pekerja lepas memang tengah marak di Indonesia. Menurut Badan Pusat Statistik, seperti yang dilansir oleh TechinAsia, sebanyak 56,8 persen orang Indonesia kini bekerja di sector informal. Riset yang dirilis oleh Sribulancer sendiri menyatakan bahwa jumlah pekerja lepas di Indonesia meningkat 16 persen pada tahun 2019.

Apa sih yang membuat orang-orang masa kini lebih menyukai pekerjaan freelance? Pekerjaan freelance sesungguhnya memiliki keuntungan tersendiri. Apalagi di musim pandemi seperti sekarang. Banyak orang yang bekerja di rumah sehingga memiliki lebih banyak waktu luang. Nah di masa luang, mereka cenderung memanfaatkan waktu untuk mengerjakan pekerjaan di luar urusan kantor.

Pekerjaan freelance itu fleksibel. Kita dapat menyesuaikan waktu dan jenis pekerjaan yang dilakukan. Umumnya pekerja freelance melakukan pekerjaan mereka berangkat dari hobi dan kesukaan. Dengan memanfaatkan sejumlah platform dan situs yang menyediakan pekerjaan online, mereka bisa mendapatkan penghasilan.

Tips Mengatur Keuangan Bagi Pekerja Freelance

Berbeda dengan pekerjaan kantoran biasa, pekerjaan freelance penghasilannya tidak tetap per bulannya. Tergantung dari seberapa banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan. Untuk itu, pekerja freelance juga punya kewajiban untuk gercep mengatur keuangannya.

mengatur keuangan ala freelancers

Sebagai seseorang yang menekuni dunia freelance, Molzania banyak belajar. Berbisnis ala konten kreator tak ubahnya memiliki pekerjaan lepas. Di bawah ini Molzania akan membagikan pengalaman Molzania mengatur keuangan sebagai pekerja freelance;

  1. Catat, Catat, Catat!

Satu hal yang sering dilupakan, padahal esensial alias penting sekali. Untungnya zaman sekarang sudah banyak aplikasi smartphone yang menyediakan sarana bagi kita untuk mencatat keuangan. Maka dari itu, walaupun bekerja dari rumah, kita tetap membiasakan diri untuk mencatat semua pengeluaran dan pemasukan. Selain itu pisahkan pula catatan keuangan pribadi dan bisnis. WAJIB hukumnya!

  1. Lunasi cicilan, utang, dan kebutuhan tetap terlebih dahulu

Sebelum lanjut ke bahasan selanjutnya, sebaiknya tiap awal bulan kita selalu mengutamakan untuk membayar segala bentuk cicilan dan utang. Baru setelah itu beralih membayar biaya bulanan yang sifatnya tetap. Ini supaya kita dapat mengalokasikan dana untuk kebutuhan lainnya dengan lebih bijak.

  1. Miliki Dana Darurat

Selalu sisihkan pendapatan untuk alokasi dana darurat minimal jumlahnya sepuluh kali lipat dari biaya bulanan. Hal ini untuk menghindari risiko akan ketidakpastian penghasilan di masa depan. Apalagi bagi sobat yang hanya mengandalkan pekerjaan sebagai freelancers saja.

  1. Bijak Menggunakan Uang

Buat skala prioritas untuk setiap hal yang ingin dibelanjakan. Namanya juga wanita, hal ini termasuk sulit untuk dilakukan. Tapi setidaknya cobalah untuk konsisten. Meski sebagai manusia biasa, Molzania sering sekali kecolongan untuk belanja barang yang sebenarnya nggak perlu.

  1. Jangan Ragu untuk Menabung dan Berinvestasi

Menabung itu perlu, sisihkan setidaknya 10-15 persen dari penghasilan untuk menabung. Berikutnya sisihkan pula untuk berinvestasi. Tujuan dari investasi sendiri ialah agar memiliki pendapatan pasif. Pilih investasi yang minim risiko jika masih pemula. Untuk yang satu ini, ada banyak model investasi yang bisa dipilih. Apalagi sekarang sudah banyak investasi yang bisa dimulai dengan dana yang minim.

Baca Juga:  Penjelasan Singkat Analisis Risiko Investasi

OVO | Invest, Cara Baru Investasi Aman dan Mudah

Mungkin sebagian dari sobat ada yang kenal, bahkan sudah menggunakan OVO. Itu tuh aplikasi pembayaran virtual di smartphone. Nah baru-baru ini mereka meluncurkan fitur baru yang bernama OVO | Invest.

Gabung OVO Invest, Cara Baru Investasi Bagi Pekerja Freelance

OVO | Invest adalah fitur baru investasi reksadana pada aplikasi pembayaran OVO. Layanan ini baru diluncurkan pada tanggal 26 Januari 2021 kemaren. Sebuah terobosan terbaru untuk berinvestasi lewat integrasi e-money dan e-investment.

Proses pendaftarannya cukup mudah dan cepat. Hanya dengan modal minimal Rp. 10.000 kita sudah bisa memiliki investasi reksa dana pribadi. Syaratnya kita wajib menjadi OVO Premier dulu untuk mulai menggunakan layanan OVO | Invest. Pastikan pula aplikasi OVO-nya sudah diupdate menjadi versi terbaru.

Keuntungan Berinvestasi Lewat OVO | Invest

Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan bila berinvestasi menggunakan OVO | Invest, diantaranya sebagai berikut:

  1. Prosesnya dimulai dari pendaftaran, pembelian hingga penjualan dilakukan 100 persen secara online. Cocok banget untuk pekerja freelance atau bahkan mahasiswa yang biasanya mager ke luar rumah. Hehe.
  2. Pembelian reksa dana mulai dari Rp. 10.000. Receh banget.. Udah gitu bebas pula biaya pembelian.
  3. Pencairan dana langsung ke OVO Cash.
  4. Diberitahu potensi keuntungan dan return investasi yang kita lakukan.
  5. Dapat memantau kinerja portofolio investasi via aplikasi OVO

Cara Registrasi dan Melakukan Pembelian Reksa Dana via OVO | Invest

Caranya mudah banget sih. Kita tinggal pilih layanan OVO | Invest yang terdapat pada aplikasi OVO. Lalu ikuti tata cara pendaftarannya di bawah ini;

1. Klik Mulai Sekarang

ovo mulai investasi

2. Centang syarat dan ketentuan, lalu isi profil resiko kita sebelum melanjutkan pendaftaran.

ketahui profil resiko kita

3. Isi data diri, lalu tunggu akun kita diverifikasi. Estimasinya 1 x 24 jam. Kalau Molzania kemarin hanya beberapa jam saja. Biasanya akan tampil di jendela notifikasi pada aplikasi OVO bila registrasi berhasil dilakukan.

isi data diri

4. Klik beli, pilih perusahaan investasi, lalu masukkan nominal pembelian. Klik lanjutkan, lalu setujui.

beli reksadana

5. Setelah berhasil tunggu unit selesai diverifikasi. Proses ini biasanya berlangsung dalam 1-2 hari. SELESAI!!!

cara beli reksadana di ovo invest

Cara Jual Reksa Dana Via OVO | INVEST

Berikutnya Molzania mau ngasih tau cara pencairan reksa dana via OVO | Invest. Prosesnya mudah banget. Dana dapat dicairkan secara instan dan langsung masuk ke OVO Cash kita hari itu juga. Berikut step by stepnya:

Baca Juga:  Tips Berburu Promo Belanja Online Menjelang Lebaran

1. Masuk ke OVO | Invest. Klik beli dan pilih investasi yang mau kita jual.

cara jual reksadana ovo invest

2. Masukkan nominal yang ingin dicairkan. Klik konfirmasi lalu pilih proses pencairan.

cara mencairkan dana ovo invest

3. Masukkan security code dan voila! pencairan reksa dana langsung masuk ke rekening OVO kita.

Gimana? Mudah banget kan gabung di OVO | Invest. Yuk belajar atur keuangan dengan mulai berinvestasi lewat OVO | Invest. Buruan daftar sekarang tinggal klik di sini. #GercepBiarMantep. Semoga artikel ini bermanfaat!

251 Views

25 Komentar

  • Yuni Bint Saniro

    Yuni baru tahu kalau OVO ada fitur baru untuk investasi. Jadi lebih mudah ya sekarang mau investasi juga. Nggak ada ceritanya lagi tentang segala kerumitan investasi. Bahkan dengan OVO saja kita sudah bisa beli reksadana. Makin mantap.

  • indah nuria

    sekarang banyak ya platform pembayaran online yang juga menawarkan investasi. Memang perlu dicermati agar bisa mengerti utuh tentang semua pelayanan yang ditawarkan

  • Nurul Sufitri

    Wow, ada langkah baru dari OVO nih. KIta bisa beli reksa dana di sana dengan cara mudah ya dan nominalnya juga bisa dijangkau masyarakat. Sekarang investasi bisa dilakukan secara online, praktis pula, ga perlu effort tinggi kelelahan. Mau baca2 dulu biar paham seperti apa investasi di Ovo ini. TFS mbak 😀

  • Dedew

    Wah, OVO ekspansi ya ada fitur buat investasi juga jadi kita nggak sekadar jajan dan cari promo di OVO tapi bisa menabung untuk masa depan ya.. Ada Reksa dananya, keren..

  • Nia Nurdiansyah

    Pekerja freelance itu emang harus pinter atur keuangan yaa Mba, dan harus mulai siapkan pos khusus untuk investasi juga karena kita nggak tahu apakah pemasukan kita bakal terus bagus apa nggak

  • lendyagasshi

    Mudah dan praktis banget yaa, kak Molly.
    Aku juga pengen ikutan invest aah…soalnya sekarang happy banget ada e-wallet. Daripada uangnya kepake buat jajan terus-terusan yaa..

    • Utie adnu

      Baru Tau Aku kak Ada OVO | Invest, di aplikasi ovo ini jadi bisa nih Cari alternative Baru
      buay Investasi apalgi Aman dan Mudah praktis juga

  • nurulfatkhani

    Saya baru tau kalau di OVO kita bisa ikutan investasi di sana. Inovasi OVO selalu keren ya. Berguna sekali untuk pekerja freelancer yang ingin menjaga kesehatan keuangannya

  • niaharyanto

    Keren nih OVO. Bikin penggunanya bisa invest juga ya. Aku kayaknya kudu nih. Biar bisa invest. Sering juga soalnya nih dapet bayaran job pake OVO.

  • Utie adnu

    Baru Tau nih mba Ada OVO Invest adalah fitur investasi reksadana pada aplikasi pembayaran OVO… Jadi mudah nih klo niat investasi ya. Jadi penasaran kepingin coba

    • andyhardiyanti

      Sering pakai ovo untuk bayar-bayar. Tapi saya malah baru tahu ada yang namanya OVO Invest. Berinvestasi pun jadi lebih mudah yaa.. udah gitu,itu biaya pencairannya gratis pula

  • Aprillia Ekasari

    Wah wah asyik banget di OVO skrng pun jg bisa invest ya mbak, mayaan gampang pula keknya caranya.
    Bener jd freelancer kudu bener2 bisa atur keuangan, krn kudu mempersiapkan kemungkinan terburuk kalau2 tak ada orderan dr klien
    TFS infonya

  • Nara

    wah sekarang bisa berinvestasi juga di OVO, berarti saya mesti update aplikasi OVO di handphone nih. Udah lama aplikasinya dianggurin

  • Diah Kusumastuti

    Wah, ada lagi ini inovasi baru. Aku baru tau ada OVO Invest. Menarik, ya. Dan sepertinya memang mudah cara berinvestasi dan belajar mengatur keuangan di OVO Invest ini.
    Makasih sharingnya, Mbak 😉

  • Ade UFi

    Wah skrg ada OVO Invest ya, jadi keuangan kita tetap terjaga nih. Malah bisa berkembang. Nah, kalau mau menggandakan uang mending masuk ke aplikasi macam ovo ini, bukan ke dukun yaa

Tinggalkan Balasan