Nolu, Aplikasi Dating untuk Disabilitas

Review Aplikasi Nolu

Disabilitas mau cari jodoh, tapi susah? Kenapa tidak ikhtiar cari jodoh online saja? Apalagi sekarang udah ada platform sosial media yang berjibun. Ditambah lagi satu ini nih. Ada aplikasi smartphone bernama Nolu, aplikasi dating untuk disabilitas. Kita bisa cari kawan bahkan cari jodoh sesama disabilitas lewat aplikasi ini.

Nolu adalah aplikasi yang berasal dari Kanada dan baru saja dirilis pada 1 Juli 2021. Nolu berasal dari singkatan kata No One Left Unloved yang artinya semua orang berhak dicintai. Saat ini aplikasi kencan untuk disabilitas ini bisa kita download via iOS dan Google Play Store. Molzania sendiri menyambut baik adanya aplikasi ini dan karena kepo tertarik untuk segera mendownloadnya.

Goals atau tujuan dibuatnya aplikasi kencan disabilitas

Pertama kali tahu tentang Nolu sebenarnya dari sebuah webinar bertema perempuan yang diadakan oleh instagram Nolu Dating Indonesia. Iseng cari di Google, ternyata belum banyak yang telah mereviewnya. Maklum aplikasi ini masih baru dan pasti banyak disabilitas yang belum tahu. Jadi ya nggak ada salahnya Molzania membagikan ulasan mengenai aplikasi ini.

Review Nolu, Aplikasi Dating untuk Disabilitas

Menurut mbak Wulan Fitria yang jadi perwakilan Nolu Indonesia pada webinar tersebut, aplikasi Nolu bertujuan untuk membuat disabilitas dapat menjalin persahabatan dan pertemanan dengan sesamanya. Dengan begitu diharapkan dapat berjejaring dengan orang baru satu sama lain. Siapa tahu ye kan dari sana bisa mendapatkan jodoh dan orang yang dicintai.

Nolu, Aplikasi Dating untuk Disabilitas

Platform dating disabilitas ini bersifat inklusif, aman dan menyenangkan. Ditujukan untuk disabilitas, maka lewat aplikasi kencan ini disabilitas dengan berbagai hambatan dapat bergabung. Saat ini aplikasi ini baru bisa diakses 4 negara; Kanada, Perancis, Hungaria (negara tim pengembang aplikasi) dan Indonesia. Makanya disabilitas yang bergabung kebanyakan berasal dari negara-negara tersebut.

Baca Juga:  Perubahan Data Peserta BPJS Kini Bisa Lewat Online

Indonesia beruntung bisa menjadi bagian dari aplikasi Nolu. Lewat aplikasi ini, kita disabilitas bisa berinteraksi dan membentuk komunitas sosial yang berasal dari seluruh dunia. Namun sayangnya saat ini fitur Nolu yang bisa kita akses masih sangat terbatas. Diharapkan di masa depan, aplikasi ini bisa terus dikembangkan dan ditambah sejumlah fitur baru.

Fitur aplikasi kencan nolu

Fitur-Fitur yang Dimiliki oleh Nolu, Aplikasi Kencan Disabilitas

Dikarenakan masih dalam tahap pengembangan, aplikasi Nolu saat ini hanya memiliki beberapa fitur. Fitur utama aplikasi Nolu mirip seperti aplikasi kencan lainnya. Ada fitur dimana kita bisa memilih orang yang mau diajak berteman. Kita juga bisa melihat secara singkat profil mereka. Selain itu, kita bisa menyukai mereka atau mengirimkan pesan perkenalan kepada mereka.

fitur aplikasi nolu buat disabilitas kencan

Nolu juga memiliki fitur layaknya sosial media. Di sini kita bisa mengupload video dan foto milik pribadi. Tujuannya agar teman atau calon pacar kita bisa melihat siapa kita sebenarnya. Ohya, untuk memudahkan disabilitas netra dan disabilitas rungu, di laman profil ada pilihan membuat video profil. Jadi lewat fitur tersebut, kita bisa mengupload video perkenalan secara singkat.

Fitur video ini sangat berguna bagi disabilitas netra dan disabilitas rungu. Bagi disabilitas netra mereka bisa mendengar suara. Sementara disabilitas rungu bisa berkenalan melalui bahasa isyarat. Nantinya di masa depan, aplikasi Nolu akan dilengkapi fitur tambahan yang super kece. Tersedia bantuan matchmaker, layanan seksologi, hingga konsultasi psikologi untuk membantu masalah percintaan.

fitur message foto dan video

Satu kekurangan aplikasi ini, saat Molzania sedang memilih profil yang ingin diajak kenalan, ada saja yang memasang foto profil dengan gambar yang (maaf) mengandung muatan 17 tahun ke atas. Jadi kita kudu berhati-hati dengan profil user yang seperti ini. Namun solusinya kita juga bisa melaporkan pengguna yang jelek seperti ini kepada pihak Nolu untuk bantu ditertibkan.

Baca Juga:  Cara Mudah Mendapat Sertifikat Desain Grafis Professional

Cara Menggunakan Aplikasi Dating Disabilitas

Untuk yang belum tahu, begilah cara menggunakan aplikasi Nolu untuk mulai mencari teman kencan / jodoh / pacar :

  1. Pertama kita mesti registrasi akun terlebih dahulu. Kita bisa menghubungkan dengan Facebook atau menggunakan email untuk membuat akun.
  2. Isi identitas akun yang terdiri dari email, username dan password. Centang term’s and condition. Klik next.
    Cara daftar akun Nolu
  3. Isi profil usia, jenis kelamin, dan tujuan kita membuat akun (untuk cari teman, pacar atau keduanya).
  4. Pilih kriteria pacar / teman yang diinginkan termasuk jenis kelamin, rentang usia, dan jarak lokasinya dengan kita.
    Cara daftar akun Nolu tahap 2
  5. Berikutnya pilih jenis disabilitas yang kita alami.
  6. Terakhir terdapat pilihan apakah kita mau berteman dengan semua jenis disabilitas. Pilih ya atau tidak. Klik next.
    Cara daftar akun Nolu tahap 4
  7. Hidupkan gps untuk mencari lokasi saya pada handphone. Klik izinkan.
  8. Selesai akun kita sudah aktif. Kita diwajibkan untuk edit profile dan jawab pertanyaan mengenai diri sendiri dan pendapat kita mengenai berbagai ha; sebelum mulai melakukan pencarian.
    Cara daftar akun Nolu tahap 5

Jika ditanya apakah aplikasi Nolu bisa untuk non disabilitas? Jawabannya bisa. Jadi proses daftarnya dan cara pakainya sama aja dengan disabilitas. Tapi memang ini aplikasi dating untuk disabilitas. Jadi aplikasinya menyesuaikan dengan kebutuhan para disabilitas. Istilahnya lebih inklusif, gitu. 🙂

Kesimpulan

Mencari kenalan atau jodoh dapat melalui mana saja. Baik offline maupun online. Kalau memang sudah jodohnya, ya pasti akan dipertemukan oleh Allah swt. Aplikasi perjodohan hanya perantara saja. Namun, kita sebagai wanita juga mesti berhati-hati ketika berkenalan dengan orang yang tak dikenal. Jangan sampai kita menjadi korban penipuan atau informasi pribadi kita disalahgunakan.

Aplikasi secanggih apapun tetap butuh sikap bijak dari pemakainya. Nolu pun demikian. Happy build friendship, don’t forget being safe.. ^^

83 Views

Tinggalkan Balasan

1 Komentar