Lomba

Mudik Lebaran di Indonesia Kini

Mudik merupakan tradisi tahunan masyarakat Indonesia. Setiap tahunnya, masyarakat perantauan yang umumnya tinggal di kota-kota besar melakukan mudik ke kampung halaman. Saat itulah angkutan transportasi baik darat, laut maupun udara sedang ramai-ramainya dipergunakan.

Antusiasme mudik terutama terjadi di kota Jakarta sebagai pusat bisnis di Indonesia. Saat lebaran jalanan terlihat lengang daripada hari biasanya. Pertokoan pun kebanyakan tutup karena karyawannya mudik. 

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengklaim bahwa arus mudik 2019 ini lancar. Titik-titik rawan kemacetan berhasil diminimalisir. Dengan demikian masyarakat dapat lebih aman dan tenang saat mudik. 

Data kemenhub mencatat bahwa, tren kecelakaan mudik terus berkurang setiap tahunnya. Media Kompas mencatat bahwa pada tahun 2019, angka keceelakaan menurun hingga 65 persen dibanding tahun lalu. Jumlahnya turun dari 1.593 kasus pada 2018 menjadi 550 pada 2019. Salah satu penyebabnya ialah banyak masyarakat yang semakin sadar akan keselamatan berkendara dan beralih menggunakan transportasi publik.

 

Infrastruktur dan Pelayanan Mudik

Ada beberapa faktor pendukung keberhasilan mudik tahun ini. Hal ini tidak terlepas dari peran serta berbagai pihak. Diantaranya penerapan jalur sistem one way untuk pemudik jalur darat. Kepolisian daerah membentuk tim khusus untuk mengurai kemacetan. 

Sementara itu, pada moda transportasi kereta api yang mengalami kenaikan sebesar 10 persen tahun ini, PT. KAI telah menyiapkan 406 perjalanan kereta. Terdiri dari 356 KA reguler dan 50 KA tambahan.

 

Reservasi Tiket Kereta Api Lewat Online

Kemudahan reservasi tiket kereta api lewat online menjadi suatu trend tersendiri di masyarakat. Kenyamanan dan keamanan pembelian tiket membuat keuntungan sendiri. Dulu kita harus mengantri sejak subuh di loket demi mendapatkan tiket. Tentu akan sangat merepotkan.

Baca Juga:  Ketika Urusan Kado Tak Serumit Sebelumnya

Pelanggan dapat membeli tiket kereta api di berbagai platform e-commerce. Nantinya tinggal membayar lewat m-banking. Begitu praktis dan hemat waktu.

 

Untuk info selanjutnya hubungi:

Website Kemenhub:
http://dephub.go.id
Sosial media kemenhub:
Twitter: https://twitter.com/kemenhub151
Facebook: https://www.facebook.com/kemenhub151
Instagram: https://instagram.com/kemenhub151

80 Views

Tinggalkan Balasan