Yuk Cobain 10 Minuman Khas Palembang Nikmat Menggoda

Minuman Palembang

YUK COBAIN 12 MINUMAN KHAS PALEMBANG NIKMAT MENGGODA – Baru-baru ini Kota Palembang sedang viral. Pasalnya ada lagu ‘sikok bagi duo’ yang jadi trending di Tiktok. Kota Palembang memang dikenal sebagai penghasil pempek yang enak banget.

Selain pempek, kota yang termasuk tertua di Indonesia ini ternyata punya banyak makanan dan minuman yang melegenda. Dikarenakan Kota Palembang termasuk kota yang multikulturalisme. Maka di sini banyak sekali restoran yang menjual berbagai kuliner dari berbagai daerah.

Bacaan Lainnya

Namun ternyata Palembang pun punya makanan dan minuman tradisional Palembang yang khas. Bagi Anda yang sedang merencanakan ingin berkunjung ke Palembang. Atau justru saat ini baru saja tiba di kota Palembang. Sebaiknya Anda cicipi minuman khas Palembang ini. Ada 12 minuman khas palembang yang wajib dicoba.

Rekomendasi 10 Minuman Khas Palembang Yang Unik dan Nikmat

1 Es Kacang Merah

Minuman ini cocok banget dinikmati saat siang hari. Apalagi belakangan ini cuaca di Indonesia sedang panas dan terik. Es kacang merah ini cocok menemani saat aktivitas di siang hari.

Minuman Khas Palembang Nikmat Menggoda

Sensasi kacang merah yang lembut menjadi ciri khas dari minuman khas Palembang ini. Disajikan dengan kuah terbuat dari campuran kental manis dan es serut.

Baca Juga:  Resep Telok Ukan, Kuliner Wong Kito Sambut Kemerdekaan

Selain menyegarkan, tentunya minuman Palembang yang satu ini juga menyehatkan karena kandungan kacang merah banyak nutrisi. Serta, bisa mencegah terkena penyakit jantung dan juga mampu mengontrol gula darah. Segarnya dapat, sehatnya juga dapat.

2. Kopi Besemah

Buat penyuka kopi, harus mencicipi kopi asli dari Sumatra Selatan. Minuman tradisional Palembang ini namanya kopi besemah yang berasal dari nama suku yang tinggal di dataran tinggi Besemah Kota Pagar Alam, kabupaten Muara Enim, Kabupaten Lahat dan Empat Lawang.

kopi susu besemah khas palembang
Kopi susu besemah khas palembang terbuat dari kopi robusta asli sumatra Selatan.

Berwarna hitam pekat, kopi ini memiliki aroma khas dan rasa yang memikat. Wong kito biasa menjual kopi ini dalam bentuk bubuk minuman Palembang yang dapat dibeli di restoran dan tempat sarapan pagi khas Palembang. Kopi ini biasa disajikan dalam bentuk kopi hitam atau ditambah susu kental manis.

Kopi ini berjenis robusta yang cocok jadi hidangan saat nongkrong bersama teman. Atau bisa juga dijadikan minuman khas Palembang saat hujan. Sebab, kehangatan kopinya bisa membuat tubuh bisa terhindar dari masuk angin.

3. Es Jagung

Satu lagi minuman khas Palembang yang bisa dicicipi selama traveling di Palembang, yaitu es jagung. Es ini merupakan campuran asli dari jagung yang diblender kemudian dicampur kental manis dan es batu.

es jagung Minuman Khas Palembang

Biasanya minuman ini dijual di pinggir-pinggir jalan. Rasanya manis, punya aroma khas dan dominan rasa jagung. Di dalamnya juga kadang diberikan bulir-bulir jagung.

Tinggi akan kandungan gula, cocok untuk dinikmati saat siang hari yang terik. Atau bisa juga dikonsumsi ketika malam hari saat udara terasa gerah.

4. Pokat Kocok

Jajanan ini juga sama sehatnya seperti es jagung hingga es kacang merah. Alpukat utuh yang dikocok dan dicampur dengan kental manis coklat memang sangat nikmat disantap saat cuaca terik.

Baca Juga:  Pempek Palembang Jumbo Enak dan Murah Meriah

Pokat Kocok Khas Palembang

Es pokat kocok biasa dijual di pinggir jalan. Ciri khasnya menggunakan buah alpukat khas Lubuk Linggau. Rasanya manis dan legit. Ada sedikit sensasi pahit dari buah alpukatnya.

Meskipun terbuat dari buah, tetapi minuman khas Palembang ini tinggi gula. Namun kandungan alpukatnya bermanfaat dan tinggi serat, sehingga angka serat dalam tubuh tetap terpenuhi.

5. Sarsaparila

Minuman ini tergolong jadul sangat, rasanya manis seperti halnya sirup. Dalam Bahasa Palembang sering disebut juga dengan saparela. Sejak zaman mama Molzania muda, minuman jadul Palembang ini menjadi favorit.

Sarsaparilla palembang

Bagi yang penasaran, minuman rasa sarsaparilla ini hampir mirip dengan minuman root beer. Rasanya manis karena pada dasarnya terbuat dari adonan sirup. Tapi, tentu ada perbedaannya, apalagi jika dinikmati langsung di Palembang.

6. Teh Secang

Ini adalah teh yang terbuat dari campuran kayu secang, kayu manis, dan aneka rempah-rempah lainnya. Rasanya manis dari gula batu dan ada sensasi rasa rempah yang khas.

kopi duren

Mengeluarkan warna merah yang cukup pekat dan aroma yang menyegarkan. Teh ini cocok dinikmati selagi hangat. Menjadi pelega tenggorokan dan bisa menyegarkan tubuh yang sedang lelah.

7. Es Buah

Mungkin minuman Palembang ini mirip seperti minuman di kota-kota lainnya. Akan tetapi es buah khas Palembang memiliki ciri khas yang berbeda. Terutama dari segi pemilihan buah-buahannya.

es buah palembang

Buah-buah yang digunakan dalam membuat es buah biasanya yang umum ditemui di Palembang. Di sini umumnya es buah menggunakan campuran buah nanas yang menjadi buah-buahan khas Palembang.

Karakteristik lainnya es buah Palembang terletak pada kuahnya. Kuah es buah wong kito berwarna bening dan bertekstur kental. Terbuat dari campuran air dan gula. Sobat bisa melihat resep es buah Palembang versi Molzania.

Baca Juga:  Kulineran di Kota Angin Nganjuk, Yuk!

8. Sop Duren

Satu lagi buah-buahan khas Palembang yang cocok dijadikan minuman. Buah durian Palembang lokal memang sangat sedap. Rasanya manis dengan tekstur halus dan biji durian yang kecil. Biasa dijadikan campuran aneka makanan dan minuman khas wong kito galo.

Sop duren asli palembang

Biarpun namanya sop durian, sesungguhnya ini nama minuman. Mirip seperti sop buah yang menggunakan campuran aneka buah dan susu. Sop buah khas Palembang biasa menggunakan buah durian sebagai superheronya. Kebayang banget kan rasanya mencicipi sop duren yang nikmat?

9. Kopi Duren

Menyantap kopi dengan durian? Hmm… biarpun terbilang agak aneh, tapi kopi duren benar-benar ada di Kota Palembang. Kopi ini tidak terbuat dari buah durian, melainkan campuran kopi dengan biji atau daging durian utuh.

kopi duren

Pencinta duren wajib coba kopi dengan rasa durian ini. Wangi duren sangat pekat masuk ke hidung ketika menyantap kopi ini. Kopi duren populer terutama pada musim durian bagi masyarakat Sumatra Selatan.

10. Teh Selasih Pandan

Teh ini sama seperti teh pada umumnya. Namun saat membuatnya diseduh dengan pandan, lalu ditambah dengan biji selasih.

es teh selasih pandan

Rasa teh yang manis, terbilang unik karena ada aroma wangi daun pandan. Lidah pun bergoyang karena terdapat tekstur biji selasih saat menyantap teh ini.

333 Views

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar