Midtrans, Payment Gateway Lokal Solusi Bisnis Profesional

Kabar gembira untuk para pelaku usaha di Indonesia. Sekarang sudah banyak financial technology alias fintech yang memudahkan untuk mengembangkan bisnis. Apalagi sekarang bisnis lewat online memang sedang trending. Pemilihan layanan yang tepat tidak hanya meningkatkan citra brand di mata konsumen, tapi juga berdampak pada peningkatan kualitas dan penjualan bisnis.  

Seperti halnya yang dilakukan oleh Avoskin, salah satu brand kecantikan di Indonesia, maraknya bisnis online membuat brand ini tak mau ketinggalan. Untuk memuaskan pelanggan, solusi yang berhasil diterapkan ialah menerapkan payment gateway. Sebuah sistem pembayaran terpadu yang mengedepankan kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi online.

Kalau sobat yang sering berbelanja online di e-commerce, pasti sudah familiar dengan payment gateway yang satu ini. Namanya Midtrans. Nah, kita yang memiliki usaha perseorangan, kecil, dan menengah juga bisa loh menggunakan layanan yang satu ini. 

Kenalan dengan Midtrans yang Bikin Transaksi Jadi Aman

Jadi, apa itu Midtrans? Untuk yang belum tahu, Midtrans adalah layanan payment gateway asli buatan lokal Indonesia. Dahulunya dikenal dengan nama VeriTrans. Sistem pembayaran online yang satu ini sudah berdiri sejak 2012. Pada tahun 2015 resmi diakuisisi oleh Gojek Group. Sebanyak lebih dari 500.000 lebih pebisnis dengan lebih dari 9 juta akun telah menjadi pelanggan setia perusahaan ini.

Baca Juga:  Temu Diskusi Geliat Pembangunan IT di Sumsel
Midtrans, Payment Gateway Lokal Solusi Bisnis Profesional
Review aplikasi Midtrans ternyata sangat bermanfaat dan menjadi solusi bagi bisnis profesional.

Sejak awal launching hingga kini, perusahaan payment gateway milik anak negeri ini terus berinovasi. Menyediakan solusi layanan pembayaran yang efisien dalam hal waktu dan biaya. Midtrans dapat membantu pelaku bisnis menerima pembayaran online seperti QRIS dan GoPay. Nah, layanannya sudah bisa diakses melalui web browser.

Kenapa Pelaku Usaha Perlu Menggunakan Layanan Ini?

Menunjang atmosfer bisnis yang profesional, ini dia di bawah ini Molzania akan menjabarkan berbagai keuntungan dan keunggulan menggunakan payment gateway lokal ini:

1. Metode Pembayaran Cashless

Sistem pembayaran otomatis yang terintegrasi dengan berbagai metode pembayaran cashless. Didukung dengan multi channel pembayaran, mulai dari bank transfer, debit dan credit card, pembayaran di merchant, e-money, dan lain sebagainya. Dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang beragam.

2. Sistem Pendeteksi Fraud

Sudah memiliki sertifikat ISO 27001 sebagai standarisasi sistem keamanan tingkat dunia. Dilengkapi dengan tambahan pendeteksi fraud yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan. Menggunakan teknologi machine learning dan formula rumit khusus untuk menganalisa data transaksi online pelanggan dan menjamin kevalidannya.

3. Customer Service 24/7

Bila sobat menemui kendala dengan produk, tersedia layanan merchant support yang dapat diakses selama 24 jam 7 hari. Sobat dapat memilih channel untuk terhubung dengan customer service. Baik itu lewat email, telepon, atau layanan live chat agent di website. Terdapat pula virtual assistant yang menyajikan berbagai informasi yang mudah diakses dan dimengerti oleh siapa pun.

4. Mudah Diintegrasikan dengan Layanan Pendukung Lain

Midtrans dapat terintegrasi dengan layanan penunjang bisnis lainnya. Misalnya, untuk pengembangan aplikasi mobile dan website untuk kebutuhan e-commerce, online payment lewat chat/messenger, dan lain-lain. Jadi, buat sobat yang memiliki online shop, sistem pembayaran online yang satu ini sudah dapat terhubung dengan berbagai platform CMS. Sebut saja WordPress, Magento, Shopify, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Jangan Tertipu dengan Email Paypal Palsu

Berbagai Fitur Unggulan yang Dimiliki

Sebagai sebuah rangkaian solusi bisnis komprehensif, Midtrans mencoba untuk menjawab berbagai tantangan dan kebutuhan bisnis di Indonesia dengan cara terus berinovasi dengan teknologi terdepan dan menghadirkan fitur-fitur terbaru yang mendorong pertumbuhan bisnis para pelaku usaha.

Saat ini telah ada tiga fitur utama yang dimiliki, antara lain:

1. Online dan In-store Payment

Dengan menggunakan Midtrans, pelanggan dapat melakukan transaksi secara online dengan berbagai metode pembayaran yang diinginkan seperti GoPay, QRIS, bank transfer, kartu debit/kredit, bahkan di minimarket. Selain menyediakan berbagai metode pembayaran, Midtrans juga bermitra dengan layanan Point of Sale (POS) milik Moka, GoBiz, dan GoBiz PLUS sehingga pelanggan offline dapat bertransaksi menggunakan aplikasi Gojek mereka.

memiliki fitur pencatatan payment yang mudah dan terintegrasi
Salah satu fitur yang dimiliki oleh Midtrans Indonesia sebagai payment gateaway ialah pencatatan payment yang mudah dan terintegrasi.

2. Fitur Payouts yang Serba Bisa

Dengan adanya fitur Payouts, mitra dapat melakukan berbagai jenis pembayaran yang menyeluruh, meliputi pengembalian dana atau refund, pembayaran ke vendor atau partner, pembayaran gaji pegawai, hingga menyalurkan dana pinjaman kepada pihak lain.

3. Fitur Terbaru Payment Link

Dengan teknologi ini, kita bisa menerima pembayaran secara online meskipun tanpa website. Nantinya kita dapat membuat link khusus yang bisa dibagikan. Baik lewat email, sms, akun sosial media, WhatsApp, messenger,dan lain-lain. Link pembayaran ini dapat diakses oleh pelanggan dan diarahkan ke halaman pembayaran Midtrans.

Payment link memudahkan customer membayar lewat link yang terhubung dengan berbagai metode pembayaran.

Pelanggan dapat memilih metode pembayaran yang diinginkan dan menyelesaikan pembayaran. Setelah transaksi berhasil, terdapat notifikasi secara real-time sehingga pelanggan tidak perlu mengecek mutasi rekening secara manual dan pembeli tidak perlu memberikan bukti pembayaran.

Cara Mudah Mendaftar Midtrans

Untuk bisa menjadi mitra/merchant, pelaku usaha bisa melakukan pendaftaran akun lewat website. Tersedia dua pilihan layanan; badan usaha dan perseorangan.

Baca Juga:  MAP TV, Sarana Komunikasi Masjid Agung Palembang

Baik para pelaku bisnis yang memiliki badan usaha maupun perseorangan, adapun persyaratan dokumen yang diperlukan antara lain:

Untuk badan usaha:

  • KTP Direktur
  • NPWP Perusahaan
  • Akta Pendirian dan Surat Keputusan Menteri Kehakiman
  • Akta Perubahan dan Surat Keputusan Menteri Kehakiman (jika ada)
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP) / Nomor Induk Berusaha (NIB)
  • Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP)
  • Informasi Mengenai Rekening yang akan didaftarkan di Midtrans (Wajib atas nama Badan Usaha)

Untuk Perorangan / Individu :

  • KTP Pemilik
  • NPWP Pemilik

Setelah registrasi, pelaku usaha diharuskan untuk mengaktivasi akunnya. Maka dari itu, diwajibkan untuk meng-upload sejumlah berkas guna verifikasi data. Lamanya kurang dari 1 hari kerja (24 jam). Proses pendaftaran dan aktivasi yang seperti ini menjamin keamanan sistem pembayaran online ini. Sesudahnya, pelaku usaha pun bisa langsung menggunakan layanannya secara penuh.

Oh ya, Midtrans sudah resmi terdaftar di Bank Indonesia sebagai salah satu perusahaan payment gateway di Indonesia. Jadi sobat tak perlu khawatir lagi mengenai legalitasnya, ya.  Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi website Midtrans, ya. Selamat mencoba!

840 Views

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *