Sedap! 5 Makanan Korea Populer Cocok Sama Lidah Indonesia
Kuliner

Sedap! 5 Makanan Korea Populer Cocok Sama Lidah Indonesia

MAKANAN KOREA POPULER UNTUK PEMULA – Makanan dari negeri ginseng memang sedang populer di Indonesia. Jika sobat termasuk penyuka drama dan reality show Korea, maka sobat akan familiar dengan makanannya. Soalnya mereka nggak segan menampilkan aneka makanan tradisionalnya yang menggugah selera. Gak heran kalo sekarang banyak banget restoran dan kafe yang menyediakan masakan Korea populer.

Pada dasarnya, masakan Korea itu agak mirip sama masakan Indonesia. Persamaannya ada pada bumbu yang digunakan. Rata-rata masakan Korea lebih kaya rasa karena mereka menggunakan aneka rempah pada masakannya. Beda banget sama kuliner Jepang yang minim bumbu. Sehingga rasanya lebih natural. Makanya tidak mengherankan, kalau di Korea orang-orang juga mengenal kuliner dengan rasa yang pedas.

Sedap! 5 Makanan Korea Populer Cocok Sama Lidah Indonesia

Rekomendasi Makanan Korea Populer Dijamin Enak

Bagi Sobat pemula yang masih ragu nyicipin masakan tradisional Korea, di bawah ini Molzania kasih beberapa 5 rekomendasi masakan populer Korea yang cocok dengan lidah Indonesia. Berikut beberapa diantaranya:

1. Kimchi Baechu Geotjeori

Kimchi pada dasarnya ialah sayuran dan buah yang difermentasi dengan tambahan cabai aneka rempah. Umumnya proses fermentasi berlangsung selama berhari-hari. Bahkan bisa berbulan-bulan. Akibatnya kimchi terasa sangat asam, pedas dan mengandung alkohol. Bagi orang Indonesia, mungkin rasanya kurang sesuai lidah. Apalagi bagi muslim yang diharamkan untuk mengonsumsi makanan yang beralkohol.

resep kimchi halal tanpa fermentasi dapat dimakan dadakan

Untuk itu, Molzania merekomendasikan untuk makan Kimchi Baechu Geotjeori. Jadi ini kimchi sawi khas Korea yang dapat dimakan dadakan. Beneran! Kimchi Baechu Geotjeori tidak melalui proses fermentasi yang lama. Hanya memakan waktu satu hingga dua jam saja. Kimchi jenis ini rasanya pedas, tetapi tidak terlalu asam. Kalau menurut Molzania, rasanya jadi mirip makan sawi di sayur asem. Asam, pedas dan segar bercampur jadi satu. Slurrrpp..

Baca Juga:  Sepenggal Kisah Tentang Ulen-Ulen

2. Mandu

Kalau di Korea Selatan, mandu biasanya terbuat dari daging babi. Namun kita bisa mengolahnya pakai daging ayam, udang, sapi atau ikan. Mandu itu sejenis dimsum khas Korea Selatan yang dapat direbus atau digoreng. Kulit mandu terbuat dari pangsit. Di dalamnya juga ditambahkan aneka sayuran. seperti kol, kimchi, sawi, daun bawang, cacahan bawang putih, jamur, dan sebagainya.

mandu dimsum Korea

Di Indonesia, mandu mirip kayak siomay atau batagor. Sementara itu, bagi wong kito galo mandu itu bentuknya seperti pempek pistel. Di Korea, mandu dapat dimakan saat itu juga dengan saus cocolan, atau diberi kuah sup panas atau kaldu yang dingin. Molzania sendiri lebih menyukai mandu rebus berkuah. Soalnya jauh lebih sehat daripada digoreng. Sedapp..!!

3. Tteokbokki

Satu lagi makanan Korea populer yang wajib banget dicobain. Tteokbokki terbuat dari tteok alias pempek tepung beras yang disajikan dengan kuah pedas. Rasa tteoknya memang hambar karena hanya dibuat dari tepung beras dan air panas. Tapi kuah tteokbokki gurih dan pedas. Di Korea, tteokbokki dapat ditambah dengan aneka isian lainnya, sebut saja kimchi, odeng, mie, telur, dan lain-lain.

Paling populer, tteokbokki ditambah dengan isian keju Mozarella. Nikmat banget dimakan panas-panas. Lelehan kejunya menambah nikmat sajian tteokbokki. Gak heran, di Korea orang-orang menyantap tteokbokki langsung di atas wajan. Psstt.. Molzania sendiri suka banget membuat tteokbokki dengan isian pempek lenjer rebus. Rasanya fine-fine aja tuh. Gak percaya? Intip resep tteokbokki ala Palembang di sini.

4. Odeng

Bagi wong kito galo, odeng ini mirip kayak pempek. Soalnya terbuat dari ikan giling dan tepung terigu. Odeng khas Korea biasanya disajikan dengan cara direbus. Dimakannya pakai kuah ebi atau kuah tomyam. Gak salah kan kalau Molzania bilang odeng itu mirip pempek? Hehe. Makanya di atas, Molzania membuat tteokbokki yang seharusnya menggunakan odeng. Namun Molzania menggantinya dengan pempek. Rasanya fine-fine aja sih sejauh ini.

Baca Juga:  Review BTS MEAL, Sensasi Makan McDonald's Bareng BTS

odeng

Tekstur odeng empuk dan lembut saat digigit. Perbedaannya dengan pempek, mungkin terletak pada bentuknya saja. Odeng khas Korea Selatan bentuknya persegi panjang berkulit tipis. Makanan Korea populer ini ditusuk dengan tusuk sate dengan cara zigzag. Jadi seperti perpaduan sate dan pempek, ya?

5. Hottang

Di kalangan anak muda, hottang ini termasuk sajian kekinian populer. Ternyata kuliner Korea terkenal ini merupakan modifikasi dari Corndog, makanan khas negeri paman Sam. Kalau di Amerika, corndog berisi sosis berbalur tepung yang digoreng renyah. Hottang Korea kulit luarnya diberi tidak hanya tepung, tetapi juga potongan kentang. Makanya namanya jadi Hottang alias Hot Dog Kentang.

Hottang Mozarella dengan Saos Nutella

Ternyata di Korea Selatan sajian ini dinamakan Tteokebi. Isiannya tidak hanya sosis, tetapi terdapat pula keju Mozarella. Atau perpaduan keduanya. Mengonsumsi tteokkebi alias hottang sebaiknya selagi panas. Soalnya biar kita bisa merasakan sensasi tarikan keju mozarella yang tidak gampang putus di mulut. Hottang di Korea termasuk jajanan pinggir jalan yang murah meriah. Hottang kalau di Indonesia mungkin bisa mirip risol.

Di Indonesia, kesemua jajanan Korea di atas dapat diperoleh dengan harga yang murah. Tergantung lokasi restorannya juga, sih. Satu hal yang pasti rekomendasi makanan Korea populer di atas mirip sama kuliner Indonesia. Jadi bagi pemula akan lebih enjoy memakannya. Semoga bermanfaat. ^^ #WAGFLPSumselMenulis #LampauiBatasmu #MenulisUntukMencerahkan

130 Views

Tinggalkan Balasan