Pengalaman Terpilih Jadi Kreator Korea Asean Online Supporters (KAOS)

Korea Asean Online Supporters

PENGALAMAN TERPILIH JADI KOREA ASEAN ONLINE SUPPORTERS (KAOS) 2022 – Tahun 2022 ini membawa banyak pengalaman baru untuk Molzania. Alhamdulillah, Molzania mendapat tiga amanah sebagai konten kreator Korea, secara resmi di tiga organisasi pemerintah Korea Selatan sekaligus. Antara senang, gugup, speechless campur aduk nih perasaannya.

Tahun lalu, Molzania hanya mewakili dua organisasi, yaitu Wow Korea Supporters dari KTO dan K-Influencer dari Koreanet.  Nah di tahun 2022 ini Molzania kembali terpilih jadi Wow Korea Supporters 2022. Plus juga menjadi Sahabat Korea 2022, komunitas Korean Lovers bentukannya Kedutaan Besar Korea Selatan. Terakhir, Molzania juga go internesyenel menjadi Korea Asean Online Supporters alias KAOS 2022 dari Republic of Korea Mission to ASEAN.

Terpilih menjadi ketiganya memberikan pengalaman baru. Molzania bisa bertemu, walau secara online, teman-teman yang satu passion sebagai pencinta Korea. Bahkan KAOS 2022 skalanya bukan nasional lagi, tetapi sudah tingkat ASEAN. Jadi teman-teman Molzania berasal dari wilayah ASEAN dan Korea Selatan. Tahun ini ada sekitar 38 orang yang terpilih. Molzania mewakili Indonesia bersama 8 orang lainnya. Masha Allah!

PENGALAMAN TERPILIH JADI KOREA ASEAN ONLINE SUPPORTERS (KAOS) 2022

Sebagai pencinta hal-hal yang berbau Korea, Molzania awalnya juga nggak ngeh kalau ada banyak program-program bermanfaat seperti ini. Gara-gara teman blogger bernama mbak Ila Rizky yang mengenalkan kepada Molzania. Akhirnya malah jadi keterusan deh. By the way, makasih banyak ya mbak atas informasinya. Anyway, Molzania sendiri sudah suka sama Korea sejak SMA dulu.

Baca Juga:  Belajar DIET

Dari situ, Molzania mulai ikutan banyak acara-acara yang diadakan oleh Kedubes. Meskipun online, tapi Molzania akhirnya bergabung ke dalam wag bareng temen-temen sesama K-Lovers. Nah Molzania pun banyak dapat info tentang lowongan menjadi konten kreator Korea yang boleh dibilang resmi. Soalnya penyelenggaranya asli dari pemerintah Korea Selatan langsung.

Awal Februari lalu, Molzania dapat info mengenai lowongan menjadi Korea Asean Online Supporters 2022. Penyelenggaranya adalah The Mission of The Republic of Korea to ASEAN. Sesuai namanya jadi ini tuh organisasi pemerintah Korea untuk negara-negara ASEAN. Salah satu misinya adalah mempromosikan hubungan kekerabatan dan menjalin persahabatan antara Korea dan ASEAN.

Misi Republic of Korea to Asean

 

Program Korea Asean Online Supporters (KAOS) adalah merekrut anak-anak muda yang menyukai kebudayaan dan everything about Korea setiap tahunnya yang tinggal di lingkungan negara-negara ASEAN. Nah nanti kita yang terpilih akan memiliki kewajiban untuk membuat konten-konten tentang Korea sesuai tema yang ditentukan. Nanti setelah satu tahun akan direkap. Akan ada pemenang bulanan dan tahunan yang akan mendapatkan hadiah kejutan. (Untuk yang satu ini, Molzania kurang tahu juga hadiahnya apaan. Mudah-mudahan grand prizenya liburan ke Korea hehe).

Upacara Pembukaan Korea ASEAN Online Supporters 2022

Pertengahan April lalu, diadakan opening ceremony alias acara pembukaan Korea ASEAN Online Supporters tahun 2022 ini. Ternyata lumayan banyak loh peserta yang hadir. Tahun ini ada 9 perwakilan Indonesia, 1 perwakilan Brunei, 2 dari Kamboja, 1 dari Laos, 4 orang dari Malaysia, 3 dari Myanmar, 5 dari Filipina, 2 orang Thailand, 1 dari Singapura, dan 3 dari Vietnam. Tak ketinggalan ada 7 orang perwakilan Korae Selatan.

Opening Ceremony Korea ASEAN Online Supporters (KAOS) 2022

Lumayan banyak dan mewakili masing-masing negara ASEAN. Haha, lucu banget ya. Molzania sendiri super duper excited. Ini kali pertama bergabung ke dalam event internasional. Yah, meskipun masih online sih, hehe. Dari sini Molzania bisa bercakap-cakap dalam Bahasa Inggris. Sumpah loh, mereka cepet-cepet banget ngomong Bahasa Inggrisnya. Lancar 100% dibandingin Molzania yang masih malu-malu dan gugupan. Keder, euy.

Baca Juga:  Tepat 40 Hari Engkau Berpulang

Pengenlah ya ikutan event offlinenya yang kayak begini. Mudah-mudahan dapat kesempatan di masa depan bisa mewakili Indonesia untuk FGD Internasional. Haha, boleh dong mimpi dulu. Mumpung gratis. Ohya, acaranya sih kurang lebih cuma satu jam. Tapi isinya padat soalnya materinya disajikan Bahasa Inggris. Ternyata kemampuan listening Molzania agak berkurang. Hahaa.. banyak yang gak ngerti, euy. Nggak, denk bercanda.

Komunitas Anak Muda Kunci Penguatan Hubungan Korea-ASEAN

Pada kesempatan tersebut, hadir dua orang perwakilan dari Korea dan ASEAN. Ada mister Yonghee Kim dari Korea-Asean Centre dan miss Phattiya Tongfueng dari ASEAN Secretariat. Miss Patthiya menjelaskan misi-misi dari organisasi ASEAN yang banyak mengikutsertakan anak muda.

Misi Persahabatan ASEAN-Korean Centre

Beliau menjelaskan bahwa organisasi ASEAN punya banyak channel edukasi untuk anak muda. Mulai dari sosial media, komik online, youtube, website hingga podcast. Mereka juga membentuk banyak komunitas untuk anak muda dengan berbagai passion.

Adapun mister Yonghee Kim menjelaskan misi dan visi yang terkait dengan Korea-ASEAN Centre. Jadi pemerintah Korea Selatan berkomitmen untuk membangun dan menjalin persahabatan dengan negara-negara ASEAN. Lewat berbagai kerjasama di bidang sosial media dan komunikasi digital, kedua belah pihak dapat masing-masing mempromosikan kebudayaan dan pariwisata masing-masing negara.

Unit dan Aktivitas Korea Asean Centre

Korea Selatan lewat KAOS berupaya untuk menyebarkan pengaruh yang positif dari negaranya untuk anak muda. Utamanya di bidang pariwisata, kesenian dan sosial budaya. Perwakilan KAOS 2022 ini akan banyak menyebarkan program Korea-ASEAN ke masyarakat umum di masing-masing negara. Menurut Molzania ini tuh sebelas dua belas kayak Sahabat Korea dan Wow Korea Supporters. Tapi KAOS ini lebih internasional karena skalanya sudah ASEAN.

Oh ya, untuk koordinasi ke depannya, kita semua para KAOS 2022 terpilih lantas digabung dalam satu grup di Kakao Talk. Di sana ada mbak Adellya yang ternyata dari Indonesia sebagai koordinatornya. Asyikk, bisa nambah teman baru deh.

Kapan ya Bisa Jalan-Jalan ke Korea?

Sebagai Wow Korea Supporters, Molzania jadi banyak belajar mengenai pariwisata di Korea. Surprisingly, Molzania jadi tahu kalau di sana fasilitas umum untuk disabilitasnya sudah baik. Maksudnya hampir setiap lokasi pariwisata unggulan sudah disediakan fasilitas untuk disabilitas secara lengkap. Baik itu ramp, toilet, jalan khusus kursi roda, akses lift, hingga penyewaan alat bantu.

Baca Juga:  Best In 2013 : Pemenang Utama Cerita Dibalik Noda 2 Rinso Indonesia Part 2

Ini yang Molzania masih belum dapatkan di negeri sendiri. Hikz. Padahal jujurly, pariwisata negara kita nggak kalah indah kok dari luar negeri. Bahkan banyak yang jauh lebih bagus. Tapi karena pemerintah Korea Selatan jauh lebih perhatian terhadap kualitas pariwisata mereka, nggak heran lah mereka bisa semaju sekarang.

By the way, kapan ya bisa ke Korea beneran? Pengin banget. Mudah-mudahan sehabis haji, keinginan ini bisa terlaksana. Nabungnya udah dong, sekarang tinggal bismillah cari peluang dan mulai planning. Ditunggu ya konten-konten tentang kebudayaan dan pariwisata Korea di blog Molzania.com.

Psst, Molzania juga udah ada blog terbaru loh yang khusus tentang Korea-Koreaan. Awal April ini, baru saja dilaunching. Masih dikit sih tulisannya. Maklum authornya masih Molzania seorang diri. Molzania honestly emang punya rencana bikin blog baru, eh baru sekarang kesampaian. Haha, buat sobat yang penasaran tentang pariwisata, makanan, hiburan hingga edukasi tentang Korea Selatan, cuss bisa baca selengkapnya di WahKorea.com.

625 Views

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. seru banget eventnya mba, bisa update networking dari temen temen di ASEAN, bisa melatih kemampuan english juga,. asik banget programnya pemerintah korea