Cek Bahaya Isi Galon Mudah Dipalsukan, Ketahui Risiko yang Terjadi pada Kita

isi galon mudah dipalsukan

Isi galon mudah dipalsukan? Beragam cara penipu melakukan aksi kejahatannya. Terbaru viral isi galon palsu (isinya lho yah bukan tutup galon palsu) di sejumlah media online.

Dikutip dari laman Tribun Banten, Polres Cilegon mengungkap kasus pengoplosan air galon isi ulang yang dilakukan oleh oknum tertentu.

Bacaan Lainnya

Modusnya dilakukan dengan cara dengan mudah membuka dan menutup tutup galon asli tanpa cacat.. Sedangkan air galonnya sendiri dipasok dari depot air minum isi ulang.

Melihat kasus isi galon mudah dipalsukan, tentunya Molzania merasa miris. Jujur, baru tahu ada kasus serupa ini. Untungnya kasus galon palsu ini viral, jadi konsumen bisa waspada.

WASPADA PEREDARAN ISI GALON MUDAH DIPALSUKAN

Sebenarnya ini kasus tutup galon asli tapi  palsu udah lama banget menjadi rahasia umum. Cuma kadang kita nggak ngeh. Atau malah menganggapnya sepele

Baru-baru ini, pentolan masterchef Indonesia Devina Hermawan bikin tweet terkait pemalsuan air galon ini.

Lewat postingannya, mbak cantik yang jago masak itu juga mencantumkan video sang pelaku yang diduga melakukan pemalsuan. Cek videonya di bawah :

Baca Juga:  Koleksi Massilca Terbaru untuk Trend Gaya Busana yang Kekinian

 

Tangan pelaku dengan cekatan melepaskan segel, membuka dan menutup kembali tutup galon asli tanpa cacat dan cela. Prosesnya nggak sampai tiga detik saja. Wah benar-benar di luar dugaan.

Ternyata isi galon mudah dipalsukan bukan lagi sekadar teori belaka. Menurut laman situs Liputan6.com, setiap tahunnya, kasus serupa terus bermunculan di berbagai kota di Indonesia.

Berulangkali Molzania pernah bertanya-tanya. Apa iya? Duh rasanya nggak mungkin deh. Eh tapi ternyata beneran ada.

Dengan adanya kasus viral di atas, tentunya membuat Molzania jadi memikirkan bahayanya galon palsu.

Padahal seharusnya kita sebagai konsumen mendapatkan air mineral yang menyegarkan. Tetapi karena ulah oknum di atas, konsumen awam jadi bisa berhadapan sama resiko kesehatan.

waspada dengan penipuan isi galon palsu

Nggak jarang pelaku juga menggunakan tutup, segel dan galon asli, tetapi isi airnya palsu. Kalau diperhatikan perbincangan di media sosial, banyak netizen yang menduga adanya alat untuk membuka dan menutup galon tanpa cacat. Berkat adanya temuan kasus di atas, distributor dan agen yang menjual air galon untuk minum pun merugi. Seperti halnya yang dikeluhkan oleh salah satu distributor air minum di Cilegon yang mengakui penjualannya menurun.

Kebayang nggak sih banyak pihak yang dirugikan. Bukan Cuma itu air yang kita minum juga jadi tidak higienis, bukan? Biasanya air mineral yang alami dari pegunungan, tetapi dikarenakan ulah oknum di atas airnya tidak diproses dengan baik.

Gak cuma diri kita yang ketiban getahnya. Kalau ini menimpa keluarga tersayang, efeknya jadi dobel-dobel.

BAHAYA ISI GALON PALSU PICU SEJUMLAH MASALAH KESEHATAN

Kalau dipikir-pikir isi galon mudah dipalsukan itu memang beneran ada. Bayangin aja nih, saat kita beli galon jarang sekali yang memperhatikan tutupnya. Selama tersegel dengan baik dan ada logonya, dianggap sudah aman.

Baca Juga:  Apa Itu Panci Presto ? Sejarah dan Tips Menggunakannya

kenali bahaya isi galon yang palsu

Kenyataannya produk yang dibeli palsu. Galonnya tidak higienis, apalagi air yang ada di dalamnya. Maka tak heran jika kita seringkali merasa air galon yang dikonsumsi berbau, terasa tidak enak, hingga berlumut!

Hiiy.. seram betul! Sejumlah masalah kesehatan mengintai kita bila tak berhati-hati dalam membeli galon kemasan, diantaranya:

1. Menyebabkan masalah pencernaan

Air yang tidak higienis mengandung mikroba yang bisa memicu munculnya masalah kesehatan terutama pada bagian pencernaan, seperti diare, muntaber, sakit perut, tifus demam, sakit kepala, muntah dan bahkan gagal ginjal.

2. Memicu penyakit kanker

Paparan bahan kimia yang berlebihan yang terkandung dalam air yang telah terkontaminasi dapat mengakibatkan penyakit kanker.

3. Mengganggu sistem imunitas

Seseorang yang mengonsumsi air yang tidak higienis dapat terjangkit virus hepatitis. Virus ini menyerang sistem imun tubuh. Lansia dan anak-anak rentan terserang penyakit hepatitis dikarenakan lemahnya sistem imun mereka.

CIRI-CIRI AIR SEHAT YANG LAYAK KONSUMSI

Manusia tidak dapat bertahan hidup kalau tidak mengonsumsi air. Bahkan sekitar 60 – 70% kandungan tubuh kita adalah air.

ciri-ciri air yang sehat dan higienis

Oleh karena itu, kita mesti tahu dulu nih gimana sih ciri-ciri air sehat yang layak konsumsi. Berikut adalah ciri-cirinya:

1. Air yang sehat akan berwarna bening

Kita wajib memeriksa air yang akan kita minum. Jika berwarna keruh atau kotor tandanya tidak layak untuk dikonsumsi.

2. Cium aromanya, air yang bersih tidak berbau

Jika sudah terkontaminasi, air biasanya akan berbau menyengat atau beraroma tidak sedap.

3. Cicipi rasanya, air mineral itu tidak ada rasa.

Bila terasa ada debu atau benda asing yang menempel di mulut, tandanya air sudah tak higienis. Air galon yang palsu biasanya terasa lebih kesat

Baca Juga:  Nama Daerah Unik Ini Ada di Kota Palembang

TELITI SEBELUM MEMBELI IS A MUST

Dengan maraknya peredaran isi galon palsu, lantas bagaimana kita sebagai konsumen menyikapinya? apalagi galon yang digunakan adalah galon merk terkenal yang sudah ada lama di Indonesia, untuk itu konsumen harus berhati-hati untuk memilih air galon.

Cara mengecek galon asli atau palsu tidak semudah yang kita bayangkan. Kenyataannya pelaku pemalsuan bahkan sampai menggunakan tutup asli.

Mereka punya alat khusus untuk membuka tutup galon tanpa membuatnya rusak. Masyarakat awam jadi susah untuk membedakannya, karena semuanya kelihatan normal.

teliti galon palsu sebelum membeli

Memang sih di berita-berita online ada himbauan untuk mencocokkan kode QRIS di galon dan di web resmi, tapi tau gak sih Sobat kode itu biasanya kecil, buram dan tak terlihat dengan jelas.

Dikarenakan pakai alat khusus tersebut, kode galon yang sama persis jadi gak menjamin isinya juga asli. Hidup udah ribet, jangan dibikin tambah ruwet. ☹

Makanya solusinya kita mesti benar-benar mengecek segel galonnya. Apakah ada yang rusak, robek atau hal lain yang bikin janggal?

Selain itu cari kemasan galon yang isinya tuh jelas terlihat. Minimal kita jadi yakin kalo galon yang kita beli asli, bukan palsu.

Terakhir, hmm… Belilah air galon di tempat yang resmi. Misalnya di minimarket atau agen resmi dan terpercaya.

Jadilah konsumen cerdas. Bila mendapati kemungkinan adanya produk yang dipalsukan, lebih baik melapor kepada layanan suara konsumen atau pihak yang berwenang.
Setuju? ^^

799 Views

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

49 Komentar

  1. Isi galon air mineral yang asli biasanya memang tak ada rasanya. Kudu pinter-pinter cek.
    Kalau mau amannya direbus dulu sebelum diminum dan beli galon air mineral di toko yang laris.