Asyik! Ini Dia 9 Toko Es Krim Gelato Halal MUI

toko es krim gelato halal mui

ASYIK! INI DIA 10 TOKO ES KRIM GELATO HALAL MUI – Sekarang lagi rame salah satu toko es krim yang ternyata belum bersertifikat halal. Namun sudah membuka cabang di mana-mana. Padahal banyak masyarakat Indonesia sudah lebih dulu membeli dan mengonsumsi es krim tersebut.

Berbicara soal es krim, camilan manis itu memang menjadi favorit semua orang. Memiliki tekstur yang lembut di mulut, es krim hadir dengan berbagai rasa yang menggugah selera. Salah satu jenis es krim favorit di sini adalah gelato. Es krim gelato merupakan es krim khas Italia. Namanya diambil dari Bahasa Italia yang artinya beku.

Bacaan Lainnya

apa itu gelato

Es Krim Gelato Halal Atau Haram ?

Jika ditanyai gelato halal atau haram ? Pada dasarnya es krim Gelato merupakan es krim yang dibekukan. Bahan-bahannya sama seperti es krim biasa yaitu susu dan krim. Tetapi pada Gelato, takaran susunya lebih banyak daripada krim. Jika es krim memiliki tambahan telur, maka Gelato dibuat tanpa menggunakan telur.

Dari segi nutrisi, kandungan lemak pada Gelato lebih sedikit daripada es krim. Es krim gelato memiliki konsistensi cairan yang yang lebih padat daripada es krim biasa. Suhu penyimpanan gelato lebih rendah daripada es krim. Makanya gelato jauh lebih lembut dan padat kalau dari segi teksturnya.

Gelato Halal atau haram

Pada dasarnya es krim gelato menggunakan bahan-bahan yang halal. Hanya saja es krim juga terdapat titik kritis pada kehalalannya. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan gelato dan es krim antara lain lemak susu, emulsifier, gelatin, perisa dan pemanis sintetik. Semua itu harus kita pastikan kehalalannya. Termasuk dari cara, alat dan proses pembuatan es krim.

Ini Dia 9 Toko Es Krim Gelato Halal MUI

Tugas kita sebagai muslim adalah memastikan apa yang masuk ke dalam tubuh sudah halal. Sayangnya di Indonesia, masih banyak toko es krim gelato yang belum halal. Untuk itu, di bawah ini Molzania sudah tuliskan daftar toko es krim gelato yang sudah bersertifikat halal MUI, diantaranya :

1. Frutta Gelato

Frutta Gelato merupakan gelato halal Bali pertama di Indonesia. Diproduksi oleh PT. Bali Internusa Gelatonesia. Gelato halal Bali ini sudah mendapatkan sertifikasi Halal MUI sejak tahun 2021. Frutta Gelato saat ini telah memiliki 6 cabang yang tersebar di Provinsi Bali.


Untuk sobat yang kebetulan sedang berlibur di pulau dewata, tak ada salahnya mampir ke kedai Frutta Gelato. Soalnya mereka memiliki varian rasa es krim gelato halal kekinian yang lumayan banyak. Icip-icip gelato halal di Bali jadi gak merasa bersalah lagi, deh.

2. Gelato Factory Bali

Gelato halal di Bali selanjutnya bernama Gelato Factory. Kedai gelato halal Bali ini tidak hanya menjual es krim gelato, tetapi juga aneka jus, smoothies, crepes, waffle, cookies, es krim sundae rasa buah dan banyak lagi. Harga es krim gelatonya bervariasi antara Rp. 27 ribu hingga Rp. 75 ribu.

Kedai es krim Gelato Factory kini sudah memiliki 4 buah cabang di Bali. Diantaranya di daerah Uluwatu, Sanur, Bingin, Oberoi dan Dhyana Pura. Asyikk! Sekarang liburan ke Bali sudah bisa menikmati es krim gelato yang halal.

3. Leoni Gelato and Stick

Namanya Leoni Gelato and Sorbetto. Berbeda dengan gelato halal di Bali sebelumnya, Leoni Gelato and Sorbetto sudah membuka cabangnya di Kota Depok. Kedai es krim gelato yang halal ini sudah berdiri di Badung sejak tahun 2014.

Didirikan oleh tiga orang teman yang berkebangsaan Italia dan Perancis. Leoni Gelato and Sorbetto tidak cuma menjual gelato aneka rasa, tetapi juga menjual es krim stik dan cups rasa buah-ouahan yang terbuat dari susu pasteurisasi segar.

4. Velluto Gelato

Velluto Gelato adalah toko es krim gelato halal Surabaya. Pendirinya adalah Yudha Bastara, seorang chef selebriti muda yang saat ini juga menjadi seorang Youtuber. Harga es krim gelatonya dijual dengan harga mulai dari Rp. 30 ribu.

Toko es krim Velluto Gelato sudah membuka 9 buah cabang di Indonesia yaitu di Denpasar, Malang, Jakarta, Surabaya, Jogja, Semarang, Kediri dan Mojokerto. Gak cuma menjual gelato, di sini juga menjual aneka kopi dan dessert sehat.

5. Il Mio Gelato

Berikutnya adalah Il Mio Gelato, toko gelato halal di Pontianak. Saat ini sudah ada 3 buah cabang di kota khatulistiwa tersebut. Gelatonya dijual mulai dari harga Rp. 18 ribu.

Il Mio Gelato menjual gelato halal MUI dengan berbagai rasa dan penyajian. Tersedia dalam bentuk cup maupun bowl. Tidak cuma Gelato, di sini kita juga bisa membeli aneka float, milkshake, hingga snacks dengan harga terjangkau.

6. Gelato Di Lenno

Toko es krim gelato yang halal MUI berikutnya adalah Gelato Di Lenno. Kedai ini didirikan karena kenangan pemiliknya saat mencicipi es krim gelato di kota Lenno, Italia. Kota tersebut terkenal akan keindahan pemandangan danau Como.

Cita rasa es krim Gelato Di Lenno terasa segar, lembut dan manisnya pas. Saat ini sudah ada 7 cabang yang tersebar di kota Surabaya, Jombang, Jakarta dan Bekasi.

7. Gelato & Icecream Chocomory

Toko es krim selanjutnya yang menjual gelato halal ialah Chocomory. Pusatnyanya ada di Jalan Raya Padjajaran, Bogor Timur. Atau kalian bisa mengunjungi restoran Chocomory Mountain View. Betewe, Molzania sudah pernah mengunjungi Chocomory Mountain View ini. Silakan dibaca artikelnya ya di sini.

Chocomory merupakan toko pusat oleh-oleh khas Bogor. Tidak cuma menjual es krim gelato, di sini kita juga bisa membeli bolu kukus, pie, coklat, dan masih banyak lagi.

8. North Pole Gelato

North Pole Gelato toko gelato halal di Tangerang, Jakarta dan Bekasi. Menjual gelato dalam kemasan jar mulai harga Rp. 69 ribu. Untuk yang berada di Jabodetabek, pasti senang sekali banyak pilihan membeli gelato yang sudah halal MUI.

Memiliki cukup banyak cabangnya di tiga kota besar di atas. Dapat diorder melalui aplikasi ojek online. Kita juga bisa memesan hampers di tokonya untuk berbagai keperluan.

9. Artisan Gelato Maktam

Maktam adalah toko minuman susu racik khas Jawa Timur. Memiliki dua cabang di kota Kediri dan Nganjuk. Toko maktam dirintis oleh pemuda bernama Ilham Fauzi sejak tahun 2013.

Sobat bisa menemukan aneka olahan susu seperti gelato, es susu dan minuman aneka rasa. Kedai ini juga menjual dimsum, mie, dan snack kekinian khas anak muda.

Sumber Referensi:

https://www.kompas{.}com/food/read/2022/02/21/110400075/3-beda-gelato-dan-es-krim-dari-bahan-sampai-kandungan-udara?page=all”>3-beda-gelato-dan-es-krim-dari-bahan-sampai-kandungan-udara

https://wr4{.}uai{.}ac{.}id/titik-kritis-kehalalan-es-krim/

Instagram: Kulinermuslim.id

183 Views

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar