Rekomendasi 8 Film dan Drama Korea Bertema Disabilitas

Film Drakor Disabilitas

REKOMENDASI 8 FILM DAN DRAMA KOREA TENTANG DISABILITAS – Korea Selatan terkenal dengan drama dan filmnya yang mengusung banyak genre. Tak ketinggalan dengan genre-genre inkliusif yang mengusung tema disabilitas.

Film dan drama Korea yang mengupas tentang tokoh disabilitas seringkali mengandung kisah inspiratif. Mampu memberikan makna dan motivasi bagi penontonnya. Apalagi beberapa film bertema disabilitas di bawah ini tak hanya mengandung bawang, tetapi juga mampu menyegarkan pikiran karena ada unsur komedinya.

 Rekomendasi 8 Film dan Drama Korea Bertema Disabilitas

Sebagai orang disabilitas, menonton kisah-kisah perjuangan orang dengan disabilitas lainnya seringkali memberikan refleksi tersendiri. Bahwa ternyata kita tidak sendirian di dunia ini. Banyak orang dengan disabilitas lainnya yang juga sedang berjuang dalam hidupnya. Untuk sobat yang senasib dan seperjuangan, Molzania merekomendasikan film korea untuk ditonton.

REKOMENDASI FILM DAN DRAMA KOREA BERTEMA DISABILITAS

Penasaran dengan rekomendasi film dan drama korea tentang disabilitas? Mudah-mudahan daftar film di bawah ini mampu menghibur dan memberikan pengalaman yang berbeda untuk kalian. Berikut ini daftar selengkapnya:

Kim Ji Yeong Born 1982 (2016)

Film ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama. Berkisah tentang Kim Ji Yeong, seorang ibu rumah tangga yang mengalami depresi. Kisah kehidupan Ji Yeong dalam film ini relate dengan realitas yang dihadapi oleh perempuan. Menghadapi berbagai tekanan masa lalu dan dari mertuanya, untungnya Kim Ji Yeong memiliki suami yang pengertian.

Baca Juga:  REVIEW Film "Shino Can't Say Her Name" (2018)

Kim ji yeong born 1982

Film Kim Ji Yeong Born 1982 dibintangi oleh Jung Yu Mi dan Gong Yoo. Sangat pas dijadikan penyemangat untuk sobat yang mungkin sedang mengalami keletihan dalam rumah tangga. Film ini meraih rating 7,3 / 10 dari imdb. Baik novel maupun adaptasi filmnya menarik untuk ditonton.

It’s Okay to Not Be Okay (2020)

Satu lagi drama Korea dimana tokoh utamanya mengalami gangguan mental. Film It’s Okay to Not Be Okay dibintangi oleh aktor Kim So Hyun dan Seo Yeji. Berkisah tentang romansa pasangan penulis buku cerita anak-anak dan pekerja di bangsal khusus orang gangguan jiwa yang sama-sama memiliki masa lalu yang kelam.

its okay to not be okay

Ko Moon Young terkenal sebagai penulis yang egois dan bertingkah seenak jidat. Sementara Moon Kang Tae yang memiliki seorang kakak yang mengidap autis justru tidak percaya akan cinta. Cerita ketiganya menarik untuk disimak, apalagi film ini juga termasuk kontroversial di Korea sendiri.

Good Doctor (2013)

Serial drama berikutnya yaitu Good Doctor merupakan drama yang dibintangi oleh Joo Won dan Moon Chae Won. Sesuai judulnya film ini berkisah tentang kehidupan para dokter. Tokoh utamanya yaitu Park Shi On mengidap autis, namun berotak jenius dan dapat lulus menjadi seorang dokter bedah.

good doctor drama korea disabilitas

Layaknya kehidupan dokter yang penuh tantangan, Si On pun harus menghadapi konflik dengan sejumlah kolega dan pasiennya di rumah sakit. Akan tetapi pertemuannya dengan Yoon Seo yang sama-sama seorang dokter, membuatnya jatuh cinta. Berhasilkah Si On dan Yoon Seo pacaran? Tonton aja kisahnya ya..

Josee (2020)

Josee adalah salah satu drama Korea yang Molzania rekomendasikan. Soalnya drama ini dibintangi oleh aktor dan aktris favorit Molzania yaitu Nam Joo Hyuk dan Han Ji Min. Untuk bisa memahami alur cerita film Josee, sebaiknya kita perlu mengubah persepsi dari perspektif seorang disabilitas daksa perempuan.

Baca Juga:  Trailer Film Hunger Games : Mockingjay Part I

josee film korea disabilitas

Film ini berkisah tentang Josee yang tidak sengaja dipertemukan dengan Yeong Seok, seorang mahasiswa canggung yang ternyata penuh perhatian. Josee yang kesepian lantas jatuh cinta sama pemuda itu. Sobat semua wajib banget baca review lengkap Josee yang ternyata penjelasan ending cerita Josee sangat tidak disangka-sangka.

My Annoying Brother (2016)

Film Korea bergenre komedi ini dibintangi oleh Jo Jung Suk, Park Shin Hye, dan D.O Exo. Berkisah tentang cerita Doo Kyung Soo yang berprofesi sebagai atlet judo. Suatu hari dia harus mengalami kenyataan pahit kehilangan penglihatan akibat cedera. Sementara itu kakaknya yang menjadi narapidana tiba-tiba mengajukan permohonan pembebasan bersyarat untuk mengurus adiknya.

my annoying brother

Bukannya mengurusi sang adik, kenyataannya kakaknya yang bernama Doo Shik justru cuek. Untungnya ada bantuan pelatih judo Soo Hyun yang cantik selalu mendukung Kyung Soo. Kisah adik kakak di film diceritakan sebagaimana adanya di kehidupan nyata. Doo Shik yang divonis kanker lalu memutuskan mendukung penuh sang adik berkompetisi menjadi juara paralimpiade.

Our Blues (2022)

Memiliki genre yang tidak biasa, drama ini memiliki sudut pandang kisah yang berbeda-beda dalam setiap episodenya. Dibintangi oleh sederet artis papan atas seperti Kim Woo Bin, Shin Min Ah, dan Han Ji Min. Film Our Blues sangat menarik untuk ditonton karena salah satu aktrisnya merupakan artis difabel down syndrome pertama di Korea bernama Jung Eun Hye.

Our Blues

Dalam salah satu episodenya, diceritakan sosok Yeong Hui tokoh difabel yang diperankan oleh Jung Eun Hye, sering mendapat perlakuan diskriminasi. Bahkan orang-orang berani terang-terangan menghina Jung Eun Hye. Ini sangat relate dengan kehidupan sehari-hari kaum disabilitas. Melalui film ini, penonton diajak mengenal dari dekat kehidupan down syndrome.

Hello Ghost (2010)

Lagi-lagi film Korea yang mengusung isu kesehatan mental. Film Hello Ghost rekomendasi film yang ditonton untuk cewek penakut. Habisnya sama sekali tidak seram, malah kita dibuat tertawa terpingkal-pingkal oleh aksi konyol para hantu. Kisahnya dikemas dengan sangat ciamik. Meskipun sebenarnya keseluruhan cerita dibilang cukup sedih.

Baca Juga:  Rekomendasi 10 Drama Korea Romantis Musim Gugur Terbaik

Hello ghost film inklusif

Film ini berkisah tentang pemuda bernama Sang Man yang ingin bunuh diri. Saat hendak melaksanakan niatnya, dia pun mulai melihat sosok-sosok hantu yang sebenarnya wujud penjelmaan anggota keluarganya yang telah tiada. Sang Man pun memutuskan untuk membantu para hantu tersebut kembali ke alamnya.

Move to Heaven (2021)

Berkisah tentang seorang remaja penderita sindrom Asperger yang kehilangan ayahnya. Sindrom tersebut membuatnya harus hidup di bawah pengasuhan pamannya yang seorang narapidana. Remaja yang bernama Han Geu Ru pun memutuskan untuk meneruskan usaha sang Ayah berupa jasa pembersihan barang dan rumah bagi orang-orang yang telah meninggal.

Move to heaven

Pamannya sebenarnya mata duitan. Hanya mau uang ayahnya Geu Ru saja. Namun hidup bersama Geu Ru membukakan matanya dan dia terinspirasi dengan sikap Geu Ru yang baik, loyal dan pekerja keras. Awalnya setengah hati, sang paman pun perlahan-lahan belajar menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Nah itulah daftar rekomendasi film dan drama korea bertema disabilitas. Semoga memberikan pencerahan dan menjadi hiburan bagi sobat pembaca semua. Selamat menonton! ^^

530 Views

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *